Ketiak Bau? Coba Tips Ini Sebagai Cara Menghilangkan Bau Badan, Ampuh!
Body

Ketiak Bau? Coba Tips Ini Sebagai Cara Menghilangkan Bau Badan, Ampuh!

Bau badan menjadi salah satu masalah yang banyak dihadapi semua orang. Masalah bau badan bukan mengenai pendapat orang lain tentang diri kita, melainkan bagaimana bau badan mempengaruhi diri sendiri, seperti kebersihan, kenyamanan, dan kepercayaan diri. Bau badan akan membuat kita lebih sungkan untuk bertemu orang lain dan mempengaruhi produktivitas kerja juga. Kalau kamu merasa butuh cara untuk menghilangkan bau badan, berikut ini beberapa tips dan solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi bau badan.

Penyebab Bau Badan

Bau badan terjadi karena keringat yang diproduksi tubuh terutama di area ketiak, bercampur dengan bakteri di kulit yang kemudian dimetabolisme dan menghasilkan zat yang berbau. Ada faktor utama penyebab bau badan, yaitu keringat dan bakteri. Untuk menghilangkan bau badan dan bau ketiak, harus mengurangi salah satu dari dua faktor utama tersebut. Kalau nggak ada bakteri, maka keringat yang keluar hanya sebatas keringat saja tanpa menimbulkan bau. Sebaliknya, kalau nggak ada keringat, maka bakteri di kulit nggak akan menghasilkan zat-zat yang berbau.

Tips Menghilangkan Bau Badan

Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah kunci untuk untuk mengatasi masalah bau badan. Rutin mandi dan ganti baju setelah berkeringat atau lap area ketiak supaya bakteri yang ada dikulit nggak berakumulasi dengan keringat dan menghasilkan zat-zat bebau. 

Perhatikan Makanan yang Dimakan

Istilahnya adalah you are what you eat. Apa yang kamu makan, akan tercermin dari kesehatan kulit juga. Zat sisa dari makanan yang kita makan akan muncul ke permukaan kulit untuk dibuang, salah satunya melalui keringat. Kurangi makan makanan yang berbau menyengat, seperti bawang-bawangan. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan karena dapat membantu mengurangi bau keringat

Manajemen Stres

Kelenjar keringat sensitif terhadap hormon adrenalin. Oleh karena itu, saat merasa cemas, stres, panik, maka akan menyebabkan keringat berlebih dan lebih bau. Kamu harus bisa mengatasi stres dengan lebih baik. 

Jeli Dalam Membeli Produk Deodoran

Dalam membeli produk anti bau badan seperti deodoran, kamu harus perhatikan kandungan dan deodorant tersebut. Apakah produk yang biasa kamu beli hanya deodoran biasa atau anti perspirant deodoran, karena dua jenis itu berbeda kandungan dan manfaatnya. Deodoran biasa bekerja dengan membunuh bakteri yang ada di kulit penyebab bau ketiak, sedangkan anti perspirant deodoran bekerja dengan menghambat produksi keringat. Menggunakan deodoran biasa memang nggak menimbulkan bau, tapi keringat akan tetap keluar sehingga sering kali terdapat bekas keringat pada baju. 

Anti perspirant deodoran berbeda dengan deodoran biasa karena nggak perlu dipakai berulang-ulang, melainkan sekali saat malam hari sebelum tidur. Namun penggunaan anti perspirant ini bisa menyebabkan gatal pada kulit kalau terlalu banyak pengaplikasiannya. Alasan penggunaan anti perspirant di malam hari adalah karena kelenjar keringat cenderung pasif pada malam hari. Anti perspirant akan bekerja dengan masuk ke dalam pori-pori ketiak dan menyumbat kelenjar keringat, sehingga keringat nggak akan keluar ke permukaan kulit dan nggak akan menyebabkan bau.

Mulai sekarang, jaga kebersihan badan, makan makanan yang sehat dan bergizi, tenangkan pikiran, dan gunakan produk perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah bau badan. Bau badan hilang, hati pun senang.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.