Ketiak Berbintil Seperti Kulit Ayam? Ini Dia Penyebab dan Cara Menghilangkan Chicken Skin
Body

Ketiak Berbintil Seperti Kulit Ayam? Ini Dia Penyebab dan Cara Menghilangkan Chicken Skin

Ketiakmu terlihat banyak bintil-bintil dan kasar? Kondisi tersebut merupakan penyakit kulit yang dinamakan dengan keratosis pilaris atau biasa dikenal dengan chicken skin karena tampilannya terlihat seperti kulit ayam. Bukan kulit ayam crispy ya, Girls, tapi kulit ayam yang belum matang. Sebenarnya, apa sih penyebab chicken skin yang banyak terjadi di kulit ketiak? Berikut ini Marsha ulas penyebab dan cara menghilangkan chicken skin pada ketiak yang perlu kamu tahu. Keep scrolling!

Apa Itu Chicken Skin?

Chicken skin dalam istilah medis disebut keratosis pilaris. Penyakit kulit ini ditandakan dengan adanya bintil-bintil kecil dalam jumlah banyak dan keras serta kasar pada permukaan kulit. Penyakit ini merupakan penyakit genetik yang diturunkan tapi tidak menularkan. Chicken skin sangat umum ditemukan pada usia remaja dan dewasa. Terkadang chicken skin ini menyebabkan kemerahan dan gatal. Chicken skin bisa mengurangi penampilan kulit dan membuat tidak percaya diri pengidapnya. 

Lalu apa penyebab chicken skin sekalian karena faktor genetik?

Penyebab Chicken Skin

Keratosis pilaris atau chicken skin disebabkan karena penumpukan keratin atau protein pada satu area di kulit yang menumpuk pada pori-pori. Penumpukan keratin akan menyumbat dan menghalangi folikel rambut yang menyebabkan timbulnya bintik-bintik yang keras dan kasar. Chicken skin bisa lebih parah saat kondisi kulit kering seperti pada musim kemarau atau musim dingin. Memakai pakaian yang terlalu ketat juga bisa memperburuk kondisi chicken skin tersebut. Chicken skin pada setiap orang berbeda-beda dari segi warnanya, ada yang seperti warna kulit, putih, kemerahan atau gelap. Warna yang kemerahan disebabkan karena kulit sensitif, iritasi, dan meradang.

Biasanya, mencabut atau mencukur bulu ketiak yang tidak benar juga bisa menimbulkan chicken skin. Mencukur atau mencabut bulu ketiak tidak sampai akarnya akan menyebabkan ingrown hair atau rambut tumbuh ke dalam, sehingga akan muncul benjolan-benjolan kecil di area ketiak seperti chicken skin. 

Cara Menghilangkan Chicken Skin

Keratosis pilaris atau chicken skin ini bukanlah penyakit berbahaya, sehingga tidak ada penangan khusus. Namun, chicken skin bisa rawat supaya tidak menimbulkan kemerahan, gatas, dan iritasi yang lebih parah dan bertujuan untuk melunakkan keratin yang menumpuk para pori-pori. Berikut cara untuk merawat chicken skin yang bisa kamu lakukan di rumah.

  1. Eksfoliasi

Untuk meredakan chicken skin, kamu bisa lakukan eksfoliasi kulit secara rutin supaya chicken skin tersebut berkurang. Kamu bisa gunakan chemical exfoliator dengan kandungan Glycolic Acid dan Lactic Acid. Selain itu, kamu bisa gunakan produk perawatan yang mengandung retinol atau Vitamin A karena kandungan tersebut ampuh untuk meregenerasi sel kulit dan mencegah penyumbatan pori-pori atau folikel rambut. 

Jika chicken skin-mu sedang kemerahan atau meradang, kamu perlu hati-hati dan hindari melakukan eksfoliasi. Kamu harus menenangkan kemerahan dan peradangan tersebut dengan pelembap terlebih dahulu. Setelah kemerahan sudah reda, baru kamu bisa melakukan eksfoliasi.

  1. Menggunakan Pelembap

Salah satu fakotr yang menyebabkan bahkan bisa memperparah chicken skin adalah kondisi kulit yang kering. Oleh karena itu, kamu wajib menggunakan pelembap atau body lotion secara rutin setelah mandi dan sebelum tidur supaya hasilnya maksimal. Pilih produk pelembap yang oil-based, contohnya yang memiliki kandungan Almond Oil, Jojoba Oil, dan jenis oil lainnya. 

Pelembap yang oil-based cenderung memiliki tekstur yang lebih thick dan sangat melembapkan, maka dari itu sangat cocok untuk kulit yang super kering.

  1. Menggunakan Pakai yang Lebih Longgar

Memakai pakaian yang terlalu ketat membuat kulit sulit bernapas dan sirkulasi udara terhambat. Kondisi ini bisa membuat keadaan chicken skin semakin buruk. Gunakan pakaian yang lebih longgar supaya sirkulasi udara lancar dan mengurangi gesekan antara kulit dan pakaian. 

Selain itu, kalau kamu terbiasa berdiam diri di ruangan ber-AC, usahakan suhu AC tersebut tidak terlalu dingin supaya kulit tidak semakin kering. Kamu bisa gunakan humidifier atau pelembap udara untuk mencegah kulit kering. 

  1. Mandi dengan Air Dingin

Cara mandi sehari-hari juga mempengaruhi kondisi kulit, lho. Biasakan mandi dengan air dingin atau air suhu normal karena dapat membantu membersihkan mengecilkan pori-pori. Hindari juga mandi terlalu lama karena bisa mengurangi minyak alami kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering.

  1. Treatment di Klinik

Kalau kamu merasa chicken skin-mu tak kunjung membaik, kamu bisa coba melakukan treatment berupa laser hair removal. Tentunya treatment ini tidak bisa kamu lakukan di rumah, melainkan harus di klinik kecantikan dengan tenaga profesional. Treatment ini berfungsi untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan yang menyebabkan chicken skin, salah satunya seperti ingrown hair. 

Laser hair removal ini bekerja dengan menghancurkan folikel rambut sehingga mencegah tumbuhnya rambut di masa mendatang. Treatment ini bisa menghilangkan rambut atau bulu di ketiak secara permanen, lho! Karena tidak ada lagi rambut-rambut yang tumbuh, maka bintil-bintil chicken skin juga bisa mereda.

Selain treatment dengan laser hair removal, kamu juga bisa lakukan IPL atau Intensed Pulsed Light jika kamu memiliki chicken skin yang kemerahan. Treatment ini bisa membantu memulihkan kemerahan dan tekstur kulit yang kasar. IPL juga bisa menghilangkan kehitaman di wajah, seperti bekas jerawat, hiperpigmentasi, bekas luka, dan lain-lain. Sinar IPL langsung masuk ke lapisan dermis tanpa membahayakan lapisan epidermis, sehingga aman untuk dijalani.

Treatment-treatment tersebut harus dilakukan secara rutin supaya chicken skin benar-benar hilang dan tekstur kulit semakin halus. Tentunya kamu butuh biaya ekstra untuk melakukan treatment ini. 

Nah, itu dia penyebab dan cara menghilangkan chicken skin yang biasanya banyak muncul di ketiak. Kamu bisa merawatnya di rumah atau melakukan treatment klinik kecantikan. Kuncinya adalah rutin dan konsisten dalam merawatnya sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.