Kuku Jempol Kaki Sakit Saat Ditekan, Marshalova Perlu Ketahui Penyebabnya
Nails

Kuku Jempol Kaki Sakit Saat Ditekan, Marshalova Perlu Ketahui Penyebabnya

Pernahkah Marshalova mengalami kuku jempol kaki sakit saat ditekan? Jika berdenyut maka hal itu akan terasa sangat mengganggu aktivitas kamu. Maka dari itu perlu kenali beberapa faktor yang menyebabkan kuku jempol sakit. Tetapi sebelum itu kamu juga perlu ketahui ciri-ciri penyebabnya dan apakah hal itu berbahaya atau tidak. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kuku Jempol Kaki Sakit Saat Ditekan, Apa Penyebabnya?

Kuku kaki yang tumbuh di dalam merupakan sebuah kondisi yang umum dimana sisi maupun sudut kuku kaki tumbuh jadi daging lunak. Kondisi seperti ini akan menyebabkan rasa rasa sakit, bengkak, serta kulit yang meradang. 

Kuku kaki yang tumbuh di dalam kerap kali mempengaruhi jempol kaki. Seringkali kamu dapat merawat kaki cantengan sendiri. Tetapi jika rasa sakitnya terlalu parah serta sudah menyebar  maka bisa konsultasikan ke dokter supaya bisa mengambil langkah yang tepat untuk meredakan rasa sakitnya serta membantu kamu menghindari kondisi kuku kaki yang tumbuh ke dalam.

Baca Juga :Perawatan Setelah Cabut Kuku Agar Tidak Terjadi Infeksi Lebih Parah  

Lalu Apa Saja yang Menyebabkan Jempol Kuku Kaki Sakit? 

Jempol kuku yang sakit tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari kamu, terutama ketika berjalan maupun mengangkat barang. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa jadi penyebab nya antara lain.

Chilblains

Kuku Jempol Kaki Sakit Saat Ditekan

Chilblains terjadi sebab adanya peradangan di pembuluh darah kecil yang ada di sekitar area kuku jempol kaki. Ketika terjadi chilblain ini maka kamu akan mengalami pembengkakan, bercak merah di kaki maupun tangan. Selain itu juga kuku jempol kaki akan terasa sakit ketika ditekan. Biasanya chilblains ini dapat hilang dalam kurun waktu satu hingga tiga minggu.

Penyakit Raynaud

Kuku Jempol Kaki Sakit Saat Ditekan

Penyakit ini bisa berdampak pada jari tangan maupun kaki yang diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah di jempol kaki yang akan membuat kaki jadi dingin dan terasa sakit. Raynaud ini dapat diobati dengan cara menghindari udara yang dingin.

Cedera

Kuku Jempol Kaki Sakit Saat Ditekan

Keseleo maupun patah tulang adalah faktor dari cedera pada jempol kaki atau bisa juga di bagian kuku jempolnya. Hal itu tentu akan terasa sakit bila kamu tekan. Selain itu juga Marshalova bisa mengalami pembengkakan, nyeri pada area jempol terasa lunak, serta memar. Cobalah melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui apakah kuku jempol kaki tersebut mengalami cedera atau tidak.

Baca Juga :Manfaat Daun Inai untuk Kuku Terlihat Lebih Cantik, Begini Alasannya!   

Kuku Cantengan

Kuku Jempol Kaki Sakit Saat Ditekan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kuku cantengan adalah kuku yang tumbuh masuk ke dalam kulit maupun jaringan sehingga dapat mengakibatkan pembengkakan di area kuku jempol kaki. 

Nah, untuk pencegahannya maka pastikan saat kamu memotong kuku jangan terlalu pendek serta menggunakan sepatu yang nyaman dan pas.  Selain itu juga selalu menjaga kebersihan kaki dan jangan lupa bersihkan kotoran di bawah kuku. 

Sementara itu untuk mengurangi rasa sakit akibat kuku cantengan tersebut maka bisa mencoba merendam kaki di air hangat beberapa hari sekali saja. Gunakan juga kapas yang ditetesi minyak zaitun untuk mendorong kuku supaya keluar dari kulit. 

Faktor risiko dari cantengan ini adakah kecenderungan genetik, kurangnya menjaga kebersihan kaki terutama kuku jempol kaki, serta aktif berolahraga contohnya seperti kickboxing, sepak bola, futsal, maupun tari balet.

Gejala Cantengan

Gejala kuku cantengan biasa lumayan menyakitkan serta bisa memburuk secara bertahap. Gejala tahap awalnya seperti.

  • Kulit sebelah kuku jadi bengkak, keras, dan lunak

  • Sakit jika ditekan pada bagian kuku jempol kakinya

  • Keluar cairan menumpuk di sekitar jari kaki

  • Jari kaki terinfeksi maka gejalanya seperti nyeri, keluar nanah, merah, bahkan membengkak.

Kuku jempol kaki sakit saat ditekan bisa Marshalova ketahui beberapa penyebabnya di atas. Kebanyakan yang orang alami yakni kuku cantengan sebab kuku tumbuh ke dalam. Hal  ini tidak bisa dianggap sepele. Sebaiknya lakukan langkah yang tepat supaya rasa sakitnya dapat segera terobati.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.