Kulit Perut Tetap Cantik Setelah Melahirkan! Inilah Cara Efektif Yang Bisa Dilakukan
Body

Kulit Perut Tetap Cantik Setelah Melahirkan! Inilah Cara Efektif Yang Bisa Dilakukan

Marshalova, mungkin ada beberapa di antara kamu yang mengalami keadaan kulit perut yang berubah warna menjadi hitam setelah melahirkan, hal itu disebabkan oleh sebuah kondisi di mana otot perut mengalami perenggangan di saat hamil karena digunakan untuk pertumbuhan janin. Jika hal ini terjadi pada kamu, perawatan kulit menghitam setelah melahirkan penting untuk dilakukan. 

Sebenarnya keadaan perut yang menghitam ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan dan ini memang normal terjadi. Namun tidak ada salahnya jika kamu melakukan cara tersendiri untuk mengatasinya. 

Penyebab Kulit Menghitam di Bagian Perut Ibu Hamil

Kulit menghitam bagian perut ini biasanya disebut dengan linea nigra, berupa garis vertikal yang terdapat pada bagian perut yang akan terlihat ketika masa kehamilan sudah memasuki usia 23 minggu. Kondisi tersebut akan membuat bagian otot yang ada di perut mengalami peregangan, dan terpecah agar dapat memberikan ruang pada janin. 

Linea nigra disebabkan oleh terjadinya  pigmentasi  yang disebabkan oleh perubahan hormon pada saat masa kehamilan tersebut. Hal itu diakibatkan keadaan hormon estrogen mengalami peningkatan, sehingga tubuh akan produksi melanin jauh lebih banyak. Zat warna yang ada dalam tubuh manusia ini akan membentuk garis yang memiliki warna gelap pada perut bagian bawah terlihat lebih jelas. 

Cara Memutihkan Kulit Perut Setelah Melahirkan

Keadaan kulit menghitam saat hamil pastinya akan masih ada hingga melahirkan. Sebenarnya keadaan tersebut dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Hal ini tentunya tidak memerlukan perawatan kulit menghitam setelah melahirkan secara khusus. 

Tetapi jika hal tersebut dianggap mengganggu penampilan dan membuat kamu merasa tidak percaya diri, perawatan seperti di bawah ini bisa kamu terapkan:

1. Menggunakan baby oil

perawatan kulit menghitam setelah melahirkan

Perawatan kulit menghitam setelah melahirkan yang pertama dan bisa dilakukan oleh Ibu adalah mengusapkan pada area perut menggunakan baby oil. Caranya adalah kamu bisa mengaplikasikan baby oil tersebut menggunakan kapas dan di usapkan ke perut agar kulit mati terangkat. 

2. Melakukan pemijatan

perawatan kulit menghitam setelah melahirkan

Pada saat mandi Ibu juga bisa sambil memijat bagian perut secara halus agar bisa membantu dalam pengelupasan di kulit. Proses meminati ini juga bisa merangsang lancarnya aliran darah sehingga kulit akan mudah berganti dengan sel yang baru. 

Lakukan pijatan dengan menggunakan bantuan krim juga bisa di lakukan. Pakai krim yang mengandung vitamin E, K, dan A. Pelembab yang ada kandungan glicolic acid yang dapat membantu perbaiki pada sel kulit. 

3. Banyak minum air putih

perawatan kulit menghitam setelah melahirkan

Air ini akan berperan penting dalam mengembalikan bentuk kulit perut setelah melahirkan. Banyak minum air yang cukup supaya kulit menjadi lebih lembab dan terlihat elastisitas. Air ini juga memiliki fungsi sebagai pembakar kalori. 

4. Banyak makan protein

perawatan kulit menghitam setelah melahirkan

Makanan ini juga menjadi salah satu perawatan kulit menghitam setelah melahirkan. Protein merupakan zat penting yang akan membantu melakukan produksi kolagen. Telur dan kedelai bisa kamu jadikan pilihan untuk bisa mengembalikan otot di bagian perut. 

5. Olahraga

perawatan kulit menghitam setelah melahirkan

Marshalova olahraga juga dapat kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit perut menghitam ini, selain itu cara ini merupakan sebuah cara yang lain untuk kembalikan bentuk perut sehingga warna kulit dapat kembali. 

Namun, lebih baik sebelum kamu melakukan olahraga konsultasikan lebih dahulu ke dokter. Pertama kamu bisa melakukan olahraga yang ringan dan secara konsisten. Bermain dengan anak juga merupakan olahraga sederhana untuk pembakaran kalori dan mengatasi perut hitam setelah proses melahirkan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.