Kunci Sukses Menghilangkan Jerawat yang Wajib Kamu Tahu!
Skincare

Kunci Sukses Menghilangkan Jerawat yang Wajib Kamu Tahu!

Bagi pejuang jerawat pasti sudah capek tanya sana-sini “apa sih obat jerawat yang paling ampuh?” atau “apa sih skincare yang bisa menghilangkan jerawat?”. Pertanyaan-pertanyaan ini bikin si pejuang jerawat hanya fokus ke obat atau skincare-nya saja. Padahal, sebenarnya ada banyak faktor penyebab jerawat tersebut dan faktor yang harus diperhatikan untuk mengatasinya. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat memang bisa dibantu dengan skincare atau treatment yang tepat. Namun, kamu harus tahu beberapa tips menghilangkan jerawat yang bukan dari skincare aja. Check this out!

Ikhlas

Cara menghilangkan jerawat

Kunci yang pertama dalam upaya menghilangkan jerawat yang harus kamu tanamkan adalah untuk ikhlas menerima kondisi kulit wajah yang berjerawat. Cintai diri sendiri dan berdamai dengan diri sendiri bahwa memang tipe kulitmu adalah acne prone skin. Kalau kamu tidak bisa menerimanya, maka kamu bisa stres, marah ke diri sendiri, dan susah bersyukur. Psikologis yang terganggu bisa memperburuk kondisi kulit. Stres akan memicu peningkatan hormon kortisol dan androgen yang bisa meningkatkan produksi sebum, lalu menyumbat pori-pori, akhirnya menimbulkan komedo, bruntus, hingga jerawat. Kalau kamu berusaha ikhlas dan menerima kondisi kulitmu, maka akan tercipta pikiran positif yang bisa membantu meredakan jerawatmu.

Kenali kulit

Cara menghilangkan jerawat

Kunci sukses yang kedua adalah mengenali kulit sendiri. Setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda-berbeda, jadi hanya kamu yang tahu keadaan kulit kamu yang sesungguhnya seperti apa. Kenali jenis kulitmu, apakah berminyak, normal, atau sensitif. Kenali pula penyebab timbulnya jerawat di wajahmu, apakah karena tidak cocok dengan suatu kandungan skincare, obat-obatan atau makanan yang kamu konsumsi, hingga faktor psikologis dan genetik. Penyebab jerawat ada banyak sekali, jadi kamu harus kenali penyebab utama wajahmu berjerawat.  

Selain itu, kenali pula kandungan skincare atau bahan-bahan kimia dalam skincare. Kandungan skincare ada banyak, sehingga butuh waktu untuk mempelajarinya lebih dalam. Kamu harus cari tahu kandungan skincare apa yang cocok dengan masalah kulit yang kamu hadapi saat ini. Kebanyakan orang hanya fokus untuk mencari produk apa, bukan kandungan apa yang bisa mengatasinya. Maka dari itu, saat kamu mencari suatu skincare, baca label komposisi dan pelajari apakah kandungan tersebut memang cocok untuk kulitmu.

Memperhatikan Konsumsi Makanan

Cara menghilangkan jerawat

Penyebab jerawat juga bisa berasal dari dalam tubuh, seperti terganggunya saluran pencernaan, alergi, atau perubahan hormon. Penyebab jerawat yang sering dialami kebanyakan orang adalah karena tidak cocok dengan produk olahan susu, seperti susu sapi, keju, yogurt, dan olahan lainnya. Selain itu, terlalu banyak konsumsi makanan manis juga menjadi faktor utama penyebab jerawat. Makanan tinggi gula akan merangsang peningkatan hormon insulin, dimana untuk menurunkan peningkatan hormon insulin itu dibutuhkan kerja hormon androgen yang justru akan menimbulkan jerawat.

Untuk mengatasinya, kurangi makan makanan yang tinggi lemak dan gula serta perbanyak makan makanan sehat yang kaya akan antioksidan. Perbanyak juga minum air putih untuk membantu menghidrasi kulit supaya kulit tetap sehat dan lembap.

Menjaga Kebersihan

Cara menghilangkan jerawat

Kunci untuk mendapatkan wajah yang bebas jerawat adalah dengan menjaga kebersihan. Mulai dari kebersihan kulit itu sendiri hingga kebersihan alat-alat yang diaplikasikan ke kulit seperti alat makeup. Selain alat makeup, ada sarung bantal, sprei, hingga pakaian yang kamu kenakan yang menempel langsung ke kulit. Bersihkan semua benda-benda yang terkena kulitmu supaya bakteri yang menempel tidak menginfeksi kulit yang dapat menimbulkan jerawat. 

Komitmen

Cara menghilangkan jerawat

Kunci sukses menghilangkan jerawat yang kelima adalah berkomitmen untuk merawat wajah. Memang, menjalani komitmen itu susah, apalagi proses untuk menjalaninya panjang. Supaya kamu bisa berkomitmen, kamu harus atur tujuanmu, yaitu untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bebas jerawat. Dengan berkomitmen, kamu akan disiplin dalam merawat kulit, rutin menggunakan skincare, disiplin menjaga pola makan, dan kamu tidak akan merasa terpaksa.

Kesabaran

Cara menghilangkan jerawat

Masalah jerawat tidak bisa hilang dalam sekali hentikan jari saja. Butuh waktu hingga berbulan bahkan tahunan untuk benar-benar bersih dari jerawat. Kulit yang sudah rusak akan lama sembuhnya. Semuanya butuh proses serta butuh trial and error dalam penggunaan suatu produk skincare atau treatment wajah. Oleh karena itu, kamu harus sabar dalam menjalani proses penyembuhan jerawat tersebut. Nikmati prosesnya, nikmati perubahan-perubahan kecil yang terjadi, hingga jerawatmu benar-benar sembuh dan wajahmu lebih mulus.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.