Macam-macam Kandungan Skincare dan Fungsinya, Cek Dulu Sebelum Beli
Skincare

Macam-macam Kandungan Skincare dan Fungsinya, Cek Dulu Sebelum Beli

Macam-macam kandungan skincare dan fungsinya penting kamu ketahui, karena satu kunci keberhasilan perawatan kulit adalah memahami jenis-jenis kandungan skincare yang digunakan dalam produk perawatan kulit dan fungsinya itu sendiri.

Kamu mungkin tidak asing lagi dengan kata niacinamide, ceramide, AHA/BHA dan lainnya, cuma belum paham benar apa fungsinya. Marsha Beauty akan memberi ulasan singkat mengenai active ingredients skincare apa saja sekaligus fungsinya.

Macam-macam Kandungan Skincare dan Fungsinya

Berikut adalah jenis-jenis bahan aktif skincare yang sering digunakan dalam produk skincare atau perawatan kulit lainnya:

1. AHA dan BHA

AHA (Alpha Hydroxy Acids) dan BHA (Beta Hydroxy Acids) adalah kandungan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Keduanya berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati, menyamarkan noda bekas jerawat, dan merangsang produksi kolagen. AHA cocok untuk kulit normal hingga kering, sedangkan BHA cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

2. Niacinamide

Niacinamide adalah kandungan yang memiliki banyak manfaat untuk kulit dan termasuk sering digunakan di dalam skincare. Salah satu manfaatnya adalah bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit karena sinar UV. Niacinamide juga bisa menyamarkan noda bekas jerawat, serta meratakan warna kulit. Kandungan ini cocok untuk semua jenis kulit.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah kandungan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena memiliki banyak manfaat, seperti mencerahkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan melindungi kulit dari sinar UV. Kandungan ini cocok untuk semua jenis kulit.

4. Retinol

Retinol adalah kandungan yang berasal dari vitamin A dan digunakan untuk membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan. Kandungan ini cocok untuk kulit normal hingga kering.

 

5. Hyaluronic Acid / Asam Hialuronat

Hyaluronic acid adalah kandungan yang berfungsi untuk menambah kelembapan kulit. Kandungan ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama yang kering. Asam hialuronat adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam produk skincare untuk melembapkan kulit. Asam hialuronat dapat menarik dan menahan air, sehingga kulit terhidrasi dengan baik. Selain itu, asam hialuronat juga membantu menyamarkan garis halus dan kerutan pada kulit.

6. Peptide

Peptide adalah kandungan yang digunakan untuk membantu merangsang produksi kolagen dan elastin, sehingga kulit terlihat lebih kencang dan halus. Kandungan ini cocok untuk kulit normal hingga kering.

7. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah kandungan yang sering digunakan untuk membantu mengurangi peradangan dan jerawat pada kulit. Kandungan ini cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

8. Ekstrak Teh Hijau

Ekstrak teh hijau adalah antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Selain itu, ekstrak teh hijau juga membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meredakan kemerahan.

9. Asam Salisilat

Asam salisilat merupakan bahan yang digunakan dalam produk skincare yang bermanfaat untuk kulit berminyak dan mengatasi jerawat. Asam salisilat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak pada kulit.

10. Alpha Arbutin

Alpha arbutin merupakan bahan aktif pencerah kulit yang bekerja untuk mengurangi pigmentasi dan noda pada kulit. Alpha arbutin bekerja dengan menghambat produksi melanin di kulit, yang membuat kulit menjadi lebih cerah dan merata. Namun, alpha arbutin mungkin lebih berisiko bagi orang dengan kulit sensitif atau iritasi kulit.

11. Ceramide

Ceramide merupakan kandungan skincare yang membantu memperkuat dan memperbaiki lapisan pelindung kulit. Ceramide, di sisi lain, membantu meningkatkan kelembapan dan kekuatan kulit dengan mengisi celah antar sel-sel kulit. ceramide biasanya lebih cocok untuk semua jenis kulit.

Ketika memilih produk perawatan kulit, penting untuk memperhatikan jenis-jenis kandungan skincare yang digunakan agar dapat memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah kulit yang ingin diatasi. Selalu lakukan patch test sebelum menggunakan produk baru dan konsultasikan dengan dokter kulit jika memiliki masalah kulit yang serius.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.