Makanan Penyebab Jerawat yang Wajib Dihindari
Lifestyle

Makanan Penyebab Jerawat yang Wajib Dihindari

Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang umum dan dapat dialami oleh siapa saja dan biasanya muncul di area wajah. Masalah jerawat ini memang sangat menganggu dan membuat kepercayaan diri menurun. Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai hal salah satunya oleh makanan. Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab jerawat yang wajib kamu hindari. Yuk, simak ulasan Marsha Beauty berikut ini:

Mengapa Jerawat Muncul di Wajah? 

Sebelum membahas makanan-makanan yang harus kamu hindari karena rentan menyebabkan jerawat, baiknya kamu harus tau kenapa jerawat bisa muncul. 

Jerawat merupakan masalah kulit yang disebabkan produksi minyak berlebih sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat. Jerawat biasanya memang muncul di area wajah, tapi jerawat juga dapat muncul di area bagian atas dada, leher, dan punggung.

Penyebab munculnya jerawat ialah produksi minyak berlebih,bakteri, hingga penumpukan sel kulit mati. Penyebab lainnya seperti stres, perubahan hormon, dan pola makanan yang tidak sehat. 

Baca juga : Timbul Jerawat Di Wajah Karena Pakai Masker? Ini Solusinya

Jenis Makanan Penyebab Jerawat

Di bawah ini adalah berbagai jenis makanan yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Tentunya untuk menjaga kulit agar terhindar dari jerawat, kamu wajib untuk menghindari jenis makanan ini, berikut ini adalah daftarnya:

Karbohidrat Olahan

Jenis makanan penyebab jerawat

Jenis makanan penyebab jerawat yang pertama adalah karbohidrat olahan, seperti nasi putih, roti, pasta dan mie dari tepung terigu, dan biskuit. Makanan jenis ini apabila dimakan secara berlebihan dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena dapat menyebabkan kadar gula darah dan insulin

Kadar gula darah dan insulin yang tinggi ini menyebabkan produksi hormon yang berperan dalam munculnya jerawat meningkat, kemudian produksi sebum juga ikut meningkat yang menyebabkan timbul jerawat.

Makanan dan Minuman Manis

Jenis makanan penyebab jerawat

Makanan dan minuman manis termasuk dalam makanan penyebab jerawat di wajah, hal tersebut dikarenakan makanan dan minuman manis yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya indeks glikemik. Menurut penelitian, indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin, sehingga dapat meningkatkan produksi hormon yang menyebabkan munculnya jerawat. 

Produk Olahan Susu

Jenis makanan penyebab jerawat

Makanan penyebab jerawat ini yaitu berupa es krim, yogurt, dan susu rendah lemak. Ketiga jenis makanan tersebut  biasanya mengandung banyak gula yang dapat menimbulkan timbulnya jerawat. Selain itu, kadar asam amino pada produk olahan susu juga dapat menjadi penyebab muncul jerawat dikarenakan kandungan tersebut dapat menyebabkan kelenjar minyak semakin aktif memproduksi minyak yang menjadi salah satu penyebab muncul jerawat.

Meskipun demikian, perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang keterkaitan antara timbulnya jerawat dengan produk olahan susu sebagai makanan penyebab jerawat di wajah. Namun, agar lebih aman dan terhindar dari jerawat baiknya mengonsumsi susu yang berbahan dasar dari tumbuhan seperti susu almond atau susu kedelai.

Baca juga : 4 Jenis Makanan yang Ampuh untuk Menghilangkan Jerawat, Pejuang Jerawat Wajib Konsumsi!

Makanan Cepat Saji

Jenis makanan penyebab jerawat

Jenis makanan penyebab jerawat ini umumnya mengandung kadar garam, gula, dan olahan susu yang cukup tinggi sehingga meningkatkan risiko jerawat pada wajah. Makanan cepat saji juga biasanya memiliki kadar lemak yang cukup tinggi yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Cokelat

Jenis makanan penyebab jerawat

Cokelat menjadi makanan penyebab jerawat di wajah berikutnya, hal tersebut karena cokelat mengandung banyak gula yang dapat meningkatkan produksi gula darah dan insulin. Apabila kamu ingin menikmati cokelat, kamu dapat mencoba cokelat hitam yang rendah gula.

Makanan Tinggi Kadar Asam Lemak Omega-6

Jenis makanan penyebab jerawat

Makanan jenis ini dituding juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat, karena makanan tinggi kadar asam lemak omega-6 dapat menyebabkan peradangan yang memperburuk kondisi kulit terutama pada wajah. Untuk mengatasinya kamu dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 untuk mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan jerawat.

Itulah beberapa makanan penyebab jerawat yang wajib kamu hindari. Menjaga kulit agar terhindar dari jerawat sangat dianjurkan untuk menjaga pola hidup sehat seperti rajin berolahraga dan menjaga pola makan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.