Manfaat dan Dampak Bahaya Mandi Air Hangat untuk Kesehatan! Hati-hati, Guys!
Lifestyle

Manfaat dan Dampak Bahaya Mandi Air Hangat untuk Kesehatan! Hati-hati, Guys!

Seperti dua sisi mata uang, mandi air hangat punya manfaat dan dampak buruknya. Manfaat mandi air hangat mungkin bisa kamu rasakan langsung, tapi jika mandi air hangat dilakukan setiap hari terus menerus maka dampaknya bisa berbahaya. Kira-kira apa saja ya? Marsha Beauty akan mengulasnya untuk kamu. Baca sampai habis, ya!

Ini Manfaat dan Bahaya Mandi Air Hangat untuk Kesehatan

Mandi adalah salah satu kegiatan yang sudah pasti kamu lakukan setiap hari. Selain bisa membersihkan dan membuat badan lebih segar, mandi juga bisa bikin badan rileks, apalagi jika mandinya pakai air hangat. Bayangkan saja Girls, ketika baru pulang kerja, capek seharian bekerja, lama di jalan, begitu sampai rumah langsung mandi air hangat. Beuh! Berasa rileks banget kan?

Seperti yang dituliskan di atas, mandi air hangat tidak hanya bermanfaat, tapi bisa juga punya efek alias dampak buruk. Apalagi jika kamu melakukannya setiap hari. Kita bahas satu-persatu, ya!

Manfaat Mandi Air Hangat

Berikut ini adalah beberapa manfaat mandi menggunakan air hangat:

Meredakan stress

Mandi air hangat dapat membantu meredakan stress karena dapat membantu melepas ketegangan otot dan meningkatkan produksi hormon endorfin dalam tubuh. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat tubuh merasa lebih rileks.

Membantu menjaga kesehatan kulit

Mandi air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit, sehingga memungkinkan tubuh untuk mengeluarkan racun dan kotoran yang menumpuk di dalamnya. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu nutrisi kulit dan menjaga kelembaban dan kelembutan kulit.

Mengurangi sakit otot

Mandi air hangat dapat membantu meredakan rasa sakit pada otot yang terkencang atau lelah. Air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan melepas ketegangan otot, sehingga membuat tubuh merasa lebih nyaman.

Meningkatkan imunitas tubuh

Mandi air hangat juga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Air hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh, sehingga dapat membantu melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Dampak Mandi Air Hangat

Setelah membaca manfaat dari mandi air hangat di atas, kamu wajib tau apa dampak buruk mandi air hangat untuk kesehatan. Simak di bawah ini:

Menyebabkan kulit kering

Mandi air hangat dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mengalami iritasi. Hal ini terjadi karena air hangat dapat menghilangkan lapisan minyak alami di kulit yang berfungsi menjaga kelembapan kulit.

Menyebabkan dehidrasi

Mandi air hangat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Air hangat dapat membuat tubuh kehilangan air dengan lebih cepat, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.

Membuat tekanan darah naik

Mandi air hangat dapat membuat tekanan darah menjadi naik. Hal ini terjadi karena air hangat dapat memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi naik.

Menyebabkan sakit kepala

Mandi air hangat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan sakit kepala atau pusing. Hal ini terjadi karena suhu tubuh menjadi terlalu tinggi dan dapat menyebabkan iritasi pada otak.

Nah, sudah tau kan apa saja manfaat dan dampak buruk mandi air hangat? Marshalova, kamu boleh-boleh saja ya mandi air hangat, asal tau batasnya dan tidak melakukannya terus menerus. Salah satunya adalah dengan mandi hanya dalam waktu singkat saja, sekitar 5 - 10 menit. Waktu tersebut sudah ideal bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.