Manfaat Kopi untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan, Jadi Rahasia Diet Idol Korea!
Lifestyle

Manfaat Kopi untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan, Jadi Rahasia Diet Idol Korea!

Hi, Girs! Kamu ada yang hobi nonton drama Korea atau suka grup KPop nggak? Kalau kamu menggeluti dunia per-KPop-an, pasti kamu sering lihat artis-artis Korea suka mengonsumsi kopi khususnya Americano. Ternyata, Americano merupakan jenis kopi untuk diet, lho. Bahkan minum kopi Americano menjadi salah satu menu diet artis Korea. Nah, berikut ini Marsha Beauty ulas manfaat kopi untuk diet yang jadi rahasia diet idol KPop. Keep Scrolling!

Manfaat Kopi untuk Diet

manfaat kopi untuk diet

Buat kamu yang suka kopi, artikel ini bisa jadi kabar baik. Meskipun seringkali dianggap kurang bagus untuk tubuh jika terlalu sering minum kopi, ternyata kopi memiliki manfaat yang bisa membantu menurunkan berat badan, lho!

Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak

Kopi mengandung senyawa kafein yang berfungsi untuk meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Senyawa kafein bisa membantu memindahkan lemak dari jaringan tubuh supaya lemak bisa digunakan oleh darah sebagai asam lemak. Dengan begitu, lemak tidak menumpuk dan tidak membuat tubuhmu semakin gemuk. Selain itu, kafein juga dapat merangsang proses termogenesis dimana tubuh menghasilkan panas dan energi dari mencerna makanan. 

Baca Juga: Selain Menjadi Teman Bersantai, Ini Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Menekan Nafsu Makan

Kopi mengandung zat aktif yang berperan sebagai antiobesitas yang terdiri dari asam klorogenik, trigonelin, dan magnesium. Zat-zat tersebut dapat membantu menekan nafsu makan. Makanya, dengan minum kopi kamu tidak mudah merasa lapar.

Menurunkan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Banyak idol Kpop dan artis Korea yang minum kopi Americano setelah mereka melakukan olahraga atau workout. Memangnya boleh, ya? Bukannya kafein berbahaya untuk jantung?

Tenang dulu, Girls! Kandungan kafein dalam kopi masih aman untuk diminum setelah berolahraga. Penelitian ilmiah menyatakan bahwa kandungan kafein dalam kopi bisa meredakan nyeri otot setelah berolahraga karena kafein menghambat reseptor adenosin yang berperan dalam respon inflamasi yang bisa menimbulkan rasa nyeri. Minum kopi setelah berolahraga juga bisa mempercepat pemulihan otot jika dibarengi dengan konsumsi karbohidrat kompleks seperti pisang.  

Pengganti Minuman Berkalori

Alasan mengapa artis Korea suka mengonsumi kopi Americano adalah karena minuman tersebut tidak mengandung kalori. Kopi Americano merupakan kopi yang dibuat dengan mencampurkan satu sloki espresso dengan air hangat atau air dingin. Kopi ini baik untuk diet karena tidak ada tambahan pemanis buatan seperti gula atau creamer yang bisa membuat penurunan berat badan sulit dilakukan karena menambah jumlah kalori ke dalam minuman.

Baca Juga: Minum Kopi bisa Menjaga Kesehatan Mental? Cek Faktanya di Sini

Efek Diet Kopi

manfaat kopi untuk diet

Dibalik manfaat kopi untuk menurunkan berat badan, kopi juga memiliki efek samping yang perlu kamu waspadai. Konsumsi kafein yang dianjurkan adalah 400 mg per hari, atau setara dengan 3-4 cangkir kopi. Kelebihan kafein bisa menyebabkan gangguan pencernaan, insomnia, hingga gangguan kecemasan. Gangguan tersebut tentu saja berpengaruh terhadap proses penurunan berat badan. Pencernaan yang tidak lancar menandakan metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik. Selain itu, kurang tidur bisa meningkatkan produksi hormon insulin dan gula darah yang menyebabkan kamu akan mudah lapar di malam hari. Pikiran yang tidak tenang juga berdampak kepada kenaikan berat badan karena kamu akan cenderung makan secara emosional saat pikiran sedang terganggu. 

Oleh karena itu, kamu perlu membatasi konsumsi kopi per harinya dan minum di waktu yang tepat. Kamu bisa buat jadwal minum kopi seperti 1 gelas di pagi hari, 1 gelas di siang hari, dan 1 gelas di sore hari. Hindari minum kopi di malam hari karena akan mengganggu jam tidurmu. Selain itu, hindari menambahkan pemanis buatan ke dalam minumanmu. Ganti dengan pemanis alami seperti stevia atau susu dibandingkan gula pasir atau creamer. 

Nah, itu dia manfaat kopi untuk menurunkan berat badan sebagai rahasia diet ala artis Korea yang bisa kamu coba di rumah. Selalu ingat untuk menerapkan diet sehat supaya tidak hanya mendapatkan manfaatnya, tapi juga merasakan kelezatan kopi yang nikmat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.