Manicure Sendiri di Rumah, Kenapa Enggak? Yuk, Lakukan Cara Ini!
Nails

Manicure Sendiri di Rumah, Kenapa Enggak? Yuk, Lakukan Cara Ini!

Saat ini hampir seluruh kegiatan dilakukan di rumah, walaupun kondisi semakin membaik dan PPKM semakin dilonggarkan. Namun masih banyak orang yang waspada, jadi enggak jarang, trend treatment di rumah juga masih tetap jadi pilihan utama. Maskeran, mewarnai rambut, facial, hingga manicure! Selain mengisi hari yang kelabu karena di rumah melulu, trend treatment sendiri ini membuat kita juga lebih berhemat lho, Girls! Yuk, Marsha Beauty kasih tau nih step by step cara manicure sendiri di rumah pada artikel di bawah ini:

Cara Manicure Sendiri di Rumah

Tanpa perlu berlama-lama, nih Marsha Beauty spill bagaimana teknik, tips dan cara manicure sendiri di rumah, dijamin mudah banget, nih!

Bersihkan Kukumu dari Kotoran dan Sisa Kutek Sebelumnya 

Sebelum melakukan treatment apapun, pastikan dulu kuku bebas dari kotoran yang sering menyumbat kuku di bagian ujung hingga kutek yang terkadang masih stay di permukaan kuku. Kamu bisa rendam kukumu sebentar di dalam air hangat, kemudian bersihkan kotoran di ujung kuku dengan gunting kuku biasa. Setelahnya, coba gunakan remover kutek atau aseton untuk membersihkannya. 

Kalau enggak ada, kamu juga bisa dengan mengikir perlahan bagian kuku yang masih terdapat kutek di sana. Jika sudah selesai, keringkan kuku dengan handuk biasa. Setelah itu, cuci tangan untuk memastikan tanganmuu bersih kembali.

Rapikan Kuku Sesuai Model Keinginanmu

Selanjutnya, penting untukmu memilih jenis bentuk kuku yang diinginkan. Ujungnya persegi, ulat, atau melancip? Kemudian bentuk kukumu dengan mengikisnya menggunakan nail buffer seperti gambar di atas. Setelah itu, kikir lagi bagian permukaan kuku agar membuat efek glowing dan sehat. 

Memangkas Kutikula

Kutikula merupakan lapisan kulit mati berwarna putih yang mengelilingi sisi-sisi kuku. Kamu bisa memangkasnya sedikit saja dengan menggunakan alat khusus yang ada pada set manicure, yang berbentuk seperti tang mungil, bernama manicure stick. 

Hati-hati dalam merapikannya, seringkali kulit yang sehat ikut tercabut dan membuat luka di area tersebut. Kamu bisa melakukan dengan perlahan, atau enggak mengapa kok kalau skip tahap ini. Kamu juga jangan berlebihan dalam memangkasnya karena kutikula juga berfungsi melindungi kuku dari bakteri. 

Eksfoliasi Mendalam Jari dan Telapak Tanganmu

Jangan lupa juga untuk membersihkan secara mendalam tanganmu sendiri. Jangan sampai kuku cantik, tapi jari dan telapak tangan lupa kita treatment, ya! Kamu bisa gunakan scrub mandi favoritmu kemudian usapkan perlahan dari tangan, pergelangan tangan, hingga ujung kuku. Setelah itu bilas dan keringkan deh.

Melembabkan Tangan dan Kutikula

Setelah mencuci tangan, pasti kulit kita sedikit jadi kering ya. Segera lembabkan tanganmu dengan lotion yang ringan serta oil khusus kutikula agar melembabkan seluruh bagian tanganmu. Pijat perlahan kuku agar lebih terasa menangkan dan oilnya masuk sempurna ke dalam kuku. 

Gunakan Base Coat

Sesudah menggunakan minyak kutikula, aplikasikan juga base coat untuk perlindungan awal sebelum kutek dioleskan ke permukaan kuku. Base coat ini yang biasanya berwarna bening seperti kutek itu, lho! Tunggu setidaknya dua menit sebelum memulaskan lapisan berikutnya.  

Aplikasikan Kutek Warna Favoritmu

Selamat berkreasi! Padu padankan warna kesukaanmu di jari jemarimu yang sudah terlihat cantik dan sehat. Pastikan sudut-sudut kuku teraplikasikan dengan merata ya. Kamu bisa mulai mengaplikasikannya dari tengah ke bawah, kemudian kedua samping kuku. 

Lindungi Kutek dengan Top Coat

Selain basecoat, kamu juga memerlukan top coat untuk melindungi kuku dan kutekmu, serta membuatnya lebih bersinar. Jadi, aplikasikan top coat untuk pulasan akhir kukumu ya.  

Rapikan Sisa Coat dan Kutek yang Meluber

Setelah melakukan segala step treatment ini, pasti ada saja ya kesalahan pengaplikasian yang sedikit keluar dari kuku, alias nggak rapi. Don’t worry, kamu hanya perlu membersihkannya dengan stick manicure yang dibungkus kapas bulat yang sudah dicelupkan ke dalam nail polish remover. Aplikasikan pada sisa kutek atau coat yang meluber keluar dari kuku. 

Voila, selamat dengan kuku barumu! Cukup mudah dan menyenangkan, kan? Namun kamu memang harus menyiapkan waktu dan alatnya terlebih dulu ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.