Mata Lelah Akibat Gadget? Jangan Khawatir Lakukan Cara Ini!
Lifestyle

Mata Lelah Akibat Gadget? Jangan Khawatir Lakukan Cara Ini!

Mata lelah akibat gadget jika dibiarkan akan mengakibatkan dampak dan risiko yang bisa mengganggu kesehatan indera penglihatan ini. Seharian berada di depan layar HP atau laptop sudah menjadi kebiasaan orang zaman sekarang. Apalagi jika pekerjaan setiap harinya berinteraksi langsung dengan teknologi.

Padahal, jika dibiarkan secara terus-menerus tanpa istirahat mata akan lelah sebab terlalu seringnya melihat layar atau terkena sinar blue light dari HP. Nah, untuk menyeimbangkan kebiasaan di depan layar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mencegah mata lelah akibat sinar blue light dari layar HP.

Mata Lelah Akibat Gadget Ini Cara Mengatasinya!

Mata lelah akibat gadget sudah tentu dirasakan oleh semua orang khususnya bagi orang yang berinteraksi setiap hari dengan teknologi. Menurut American Academy of Ophthalmology dari Amerika Serikat menyatakan bahwa melihat perangkat digital sebenarnya tidak merusak indera penglihat.

Namun, lama-lama hal ini dapat menimbulkan ketegangan dan gejala yang mengganggu penglihatan. Pada umumnya dan biasanya manusia akan berkedip selama 15 kali setiap menitnya. Akan tetapi, ketika menatap layar gadget, termasuk HP atau laptop, jumlah kedipan mata akan turun. Jadi dengan seperti itu, kedipan mata akan berkurang hingga setengah atau tiga kali lipatnya.

Kondisi seperti inilah yang memicu mata cepat lelah sebab dipaksa bekerja fokus menatap layar tanpa harus sering berkedip. Ketegangan mata disebabkan oleh menatap layar gadget lebih lama disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS). Langsung saja berikut ini cara mengatasinya.

Jaga Jarak Pandang Mata ke Layar Gadget

Banyak orang mengalami mata lelah sebab jarak terlalu dekat ketika menggunakan gadget serta posisi layar salah. Maka dari itu, sebaiknya jagalah jarak pandang mata dari layar gadget. Salah satunya yakni menjaga jarak pandang mata dengan memposisikan gadget cukup jauh serta tidak terlalu dekat. Jarak yang disarankan, yakni 60 cm atau setara panjang lengkung dengan posisi layar sedikit di bawah pandangan mata.

Baca juga:Makanan Yang Bisa Menambah Berat Badan Ini Daftarnya

Sesuaikan Settings pada Layar

Ciri mata lelah karena HP yakni mata akan terlihat memerah dan tegang atau pegal-pegal. Nah, agar hal itu tidak terjadi bisa mencegahnya dengan menyesuaikan pengaturan pada layar gadget. Pengaturan pada layar bisa disesuaikan guna membantu mata lebih nyaman ketika mentopanya.

Layar terlalu terang bisa membuat mata lebih mudah lelah. Bisa juga menggunakan pelindung layar bisa meredupkan pantulan cahaya pada layar. Selain itu, juga bisa meredupkan cahaya layar jika lebih terang dari cahaya di sekitarnya. Hal ini agar mata terlindungi dari sinar terlalu menyilaukan ketika sedang menggunakan gadget.

Menggunakan Kacamata

Selain cara sebelumnya, ada cara lain yakni menggunakan kacamata khusus yang mempunyai fitur anti radiasi. Menggunakan kacamata juga bisa membantu kamu meminimalisir ketegangan yang terjadi di mata. Sebab terlalu lelah bekerja di layar gadget.

Terlebih jika kamu mempunyai riwayat masalah kesehatan mata rabun jauh atau dekat, tentu saja memakai kacamata ini sangatlah membantu. Jika menggunakan lensa kontak, sangat disarankan sesekali diganti dengan memakai kacamata. Sebab lensa kontak nyatanya juga bisa menimbulkan risiko mata kering menjadi semakin bertambah. Terlebih lagi jika harus menatap layar gadget selama beberapa jam lamanya.

Baca juga:Alasan Kenapa Tidak Boleh Memakai Handuk Orang Lain Ini Bahayanya

Mengistirahatkan Mata Secara Berkala

Mengatasi mata kelelahan lantaran sering di depan gadget, maka perlu sekali untuk mengistirahatkan indera penglihat ini secara berkala. Nah, untuk mencegahnya ada baiknya jika mencoba metode 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit sekali lihatlah objek sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter selama 20 detik. Atau, bisa juga menggunakan metode 2-15 di mana jika sudah menatap layar selama 2 jam, berhentilah dan beristirahat selama 15 menit.

Marshalova di rumah juga harus menerapkan cara guna cegah mata lelah akibat gadget di atas ya, agar mata tidak rusak.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.