Mau Kuku Selalu Sehat Kuat? Ini Cara Merawat Kuku Agar Tidak Mudah Patah
Nails

Mau Kuku Selalu Sehat Kuat? Ini Cara Merawat Kuku Agar Tidak Mudah Patah

Kuku menjadi salah satu bagan tubuh yang akan menggambarkan karakter diri kamu. Bila kukumu sehat berkilau dan memiliki bentuk terawat hal tersebut bisa menandakan kamu termasuk wanita yang mampu merawat diri. Sayangnya, beberapa wanita mempunyai kuku rapuh yang mudah patah. Tidak perlu khawatir karena ada cara merawat kuku agar tidak mudah patah yang bisa kamu coba.

Kuku yang sehat dan cantik memang tidak didapat begitu saja. Ada kebiasaan baik yang harus dibiasakan, termasuk melakukan perawatan. Marsha Beauty sudah merangkum sejumlah cara merawat kuku agar terus sehat tak mudah patah.

Ini Treatment atau Cara Merawat Kuku Agar Tidak Mudah Patah 

Kuku memiliki peran crucial menopang ujung jari agar jari dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Bagi wanita kesehatan dan kecantikan kuku juga menunjang penampilan yang chic. Namun, beberapa wanita didapati harus bermasalah dengan kuku rapuh dan mudah patah. Berikut beberapa treatment atau cara yang bisa dilakukan agar kuku tidak mudah patah.

Menggunakan Pelembab Kuku

cara merawat kuku agar tidak mudah patah

Cara mengatasi kuku patah yang patut dicoba pertama kali yaitu menggunakan pelembab kuku. Kuku patah sering kali disebabkan karena kondisi kuku yang terlalu kering. Karenanya kamu perlu menjaga kelembaban kuku dengan rutin mengaplikasikan pelembab khusus.

Baca Juga: Mengatasi Kuku Menghitam Secara Tepat Sesuai Faktor Penyebabnya

Mengaplikasikan Growth Serum

cara merawat kuku agar tidak mudah patah

Selain pelembab kuku, cobalah rutin mengaplikasikan growth serum. Mirip seperti pelembab kuku, tapi growth serum memiliki tugas lebih kompleks salah satunya merangsang proses pertumbuhan kuku. Kuku kamu yang semula rapuh mudah patah akan tampil lebih kuat dan cepat tumbuh panjang.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengaplikasikan growth serum pada permukaan kuku khususnya bagian kutikula. Aplikasikan secara rutin setiap pagi agar cepat memperbaiki kondisi kuku yang rapuh dan menstimulasi proses pertumbuhan kuku.

Memijat Kuku dengan Minyak Zaitun

cara merawat kuku agar tidak mudah patah

Cara mengatasi kuku patah setengah berikutnya dengan memijat kuku menggunakan minyak zaitun. Minyak alami ini memiliki kandungan yang mampu melembutkan kutikula dan menguatkan kuku sekaligus. 

Sebelum perawatan bersihkan kukumu terlebih dulu lalu keringkan. Aplikasikan minyak zaitun pada permukaan kuku dan sekitarnya. Pijat-pijat perlahan seperlu melancarkan aliran darah di jari-jari kamu. Pijatan lembut ini juga membantu nutrisi dalam minyak zaitun lebih mudah masuk terserap dan bekerja optimal.

Baca Juga: 3 Manfaat Minyak Zaitun Lulur Untuk Kesehatan Kulit Tubuh

Menjaga Kuku Tetap Pendek

cara merawat kuku agar tidak mudah patah

Memotong kuku secara teratur membuat kuku tetap sehat dan menekan risiko kuku mudah patah. Alih-alih menggunakan bagian pemotong kuku, lebih dianjurkan kamu mengikir kuku secara perlahan. Hal ini sekaligus membuat permukaan kuku kamu lebih rapi.

Hindari Mewarnai Kuku Terlalu Sering

cara merawat kuku agar tidak mudah patah

Agar sejumlah cara yang diupaya berhasil, hindari penggunaan kutek sementara waktu. Mewarnai kuku terlalu sering nyatanya menjadi salah satu penyebab kuku mudah patah selain kebiasaan keliru atau adanya gangguan kesehatan. Kutek atau cat kuku memiliki kandungan kimia yang keras dan dapat merusak kuku.

Tak hanya menghindari penggunaan kutek, kamu juga dianjurkan untuk tidak menggunakan aseton ataupun cairan penghapus kutek. Cairan ini bersifat menguningkan permukaan kuku yang membuat kuku kamu terlihat kusam. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan sari cuka apel atau air lemon untuk membersihkan sisa kutek.

Itulah lima cara merawat kuku agar tidak mudah patah yang bisa kamu coba lakukan sendiri di rumah. Adapun kuku yang mudah patah bisa juga disebabkan karena adanya gangguan kesehatan tertentu. Jika memang penyakit menjadi sebabnya, pastikan kamu mendapatkan pengobatan tepat terlebih dulu agar perawatan yang dilakukan juga berbuah manis.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.