Memakai Face Oil Dulu atau Serum? Yuk Ketahui Dulu Perbedaan Keduanya
Skincare

Memakai Face Oil Dulu atau Serum? Yuk Ketahui Dulu Perbedaan Keduanya

Produk skincare dari waktu ke waktu semakin bermacam. Beberapa didapati dengan fungsi nyaris sama meski mungkin memiliki cara kerja berbeda. Beberapa produk perawatan kulit yang sering membuat kebingungan terutama dalam urutan pengaplikasian adalah face oil dan serum. Kira-kira menurutmu yang benar memakai face oil dulu atau serum ya?

Face oil dan serum sebenarnya dua produk perawatan kulit yang berbeda. Bagi Marshalova yang masih belajar tentang cara perawatan kulit yang benar tidak perlu merasa minder. Marsha Beauty kali ini sudah menghimpun informasi tentang keduanya untuk membantu kamu membedakannya secara nyata. Jadi biar lebih kenal dan tidak bingung lagi dengan waktu tepat penggunaannya. Simak lebih lanjut yuk!

Mengaplikasikan Face Oil Dulu atau Serum? Jangan Buru-Buru Yuk Kenalan Dulu

face oil dulu atau serum

Banyaknya macam produk skincare di pasaran sebenarnya memberi banyak pilihan yang bisa disesuaikan kebutuhan. Dalam penggunaannya dibutuhkan kejelian kamu memilih produk yang benar-benar kamu perlukan sesuai kondisi kulit. Sebagaimana halnya dengan penggunaan face oil dan serum, jangan buru-buru pakai ketahui dulu perbedaan keduanya berikut ini.

Perbedaan Kandungan Bahan

Sebelum menjawab masalah serum atau face oil dulu ada baiknya kamu mengetahui perbedaan bahan kedua produk skincare ini lebih dulu. Mulai dari serum, produk perawatan yang biasanya dikemas dalam botol kecil dengan pipet ini memiliki kandungan bahan utama bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Sebagai contoh serum untuk mencerahkan kulit wajah, anti aging, menghidrasi kulit, memperbaiki tekstur kulit, atau lainnya.

Berbeda dengan face oil, dari segi kandungan biasanya mengandung minyak esensial atau ekstrak tumbuhan yang menjadi sumber lain lemak untuk kulit. Lemak dari tumbuhan seperti argan, jojoba, rosehip, atau seabuckthorn diklaim mampu menjadi benteng pengunci kelembaban kulit. Lemak alami dari tumbuhan tersebut juga berperan melindungi kulit dari masalah seperti jerawat, penuaan dini, atau lainnya.

Tekstur Face Oil dan Serum

Beralih ke tekstur. Face oil seperti namanya memiliki tekstur layaknya minyak kebanyakan. Yakni cair dan begitu pekat. Ada kesan oily saat disentuh menggunakan tangan ataupun diaplikasikan pada kulit.

Sementara, serum memiliki tekstur yang beragam. Di pasaran kamu bisa menjumpai serum mulai dari yang bertekstur ringan atau encer mirip air hingga serum yang kental menyerupai lendir. Perbedaan tekstur ini biasanya bergantung dari masalah kulit yang dialami ataupun tipe jenis kulit. Karenanya penting mengenali jenis kulitmu dan masalah kulit apa yang ingin diatasi secara tuntas.

Fungsi Face Oil dan Serum

Face oil bekerja menargetkan masalah kulit khusus. Hanya saja fungsinya terasa lebih ganda dengan adanya peran sebagai penghalang alami kulit yang akan melindungi kulit, menyembuhkan masalah, melembabkan, hingga menutrisi kulit. Singkatnya face oil berperan penting sebagai perlindungan terakhir yang juga menghidrasi, melembabkan, dan mengatasi masalah kulit.

Bagaimana dengan serum? Serum berfungsi lebih signifikan, yakni ditujukan untuk perawatan mengatasi satu saja masalah kulit tertentu. Karenanya pemilihan produk serum meski jeli sesuai dengan masalah kulit yang kamu alami.

Jadi Pakai Face Oil atau Serum Dulu?

Untuk mendapatkan hasil perawatan optimal, aplikasikan produk bertekstur ringan lebih dulu. Jadi jika kamu ingin menggunakan face oil dan serum gunakan serum lebih dulu yang teksturnya ringan larut dalam air. Gunakan serum sesaat setelah membersihkan wajah dan mengaplikasikan toner. 

Bila kamu memakai essence, awali dengan essence dulu lanjutkan dengan serum dan terakhir produk yang lebih pekat seperti face oil. 

Sudah cukup jelas harus memakai face oil atau serum dulu bukan? Gunakan sesuai urutan yang tepat agar semua produk skincare yang kamu gunakan bisa terserap ke dalam kulit dan bekerja efektif.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.