Memotong Kuku Saat Puasa Tidak Membatalkan Justru Menjadi Sunnah
Nails

Memotong Kuku Saat Puasa Tidak Membatalkan Justru Menjadi Sunnah

Memotong kuku saat puasa? Bagaimana hukumnya? Apakah hal tersebut haram?. Atau malah halal? Apakah Marshalova juga merupakan salah satu dari deretan orang yang menanyakan akan hal ini? Pada kenyataannya pertanyaan mengenai apakah boleh memotong kuku saat kita sedang berpuasa, menjadi bahan pembicaraan bagi kaum muslimin.

Tetapi jika kita logika, antara puasa dengan memotong kuku seolah tidak mempunyai hubungan apapun. Dalam agama Islam diajarkan, bahwa kepercayaan merupakan separuh dari keimanan kita. Seperti halnya hadits riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, sungguh Allah itu suci dan menyukai

Hal-hal yang suci, Dialah Yang Maha bersih dan menyukai kebersihan, Maha Mulia yang menyukai Kemuliaan, Maha Indah dan mencintai keindahan, Oleh sebab itu bersihkanlah tempat tempatmu.

Memotong Kuku Saat Puasa, Bagaimana Hukumnya?

Memotong Kuku Saat Puasa

Salah satu bentuk atau perwujudan umat muslim menjalankan perintah kebersihan sebagian dari iman tersebut. Bisa kita lihat dari mereka yang selalu menjaga tubuhnya dan memotong kuku tangan juga kakinya. Akan tetapi perlu Marshalova tahu, kegiatan ini justru sering dipertanyakan umat Muslim.

Terlebih ketika Bulan Ramadhan. Banyak orang yang menganggap bahwa memotong kuku akan membatalkan puasa. Tapi bagaimana sebenarnya hukum mengenai hal tersebut? Girls, sudah tahu jawaban mengenai hukum tersebut?

Sebenarnya tidak ada hadits shahih yang menjelaskan bahwa memotong kuku ketika Ramadhan, atau puasa itu merupakan sesuatu hal yang terlarang. Menggunting kuku sendiri merupakan salah satu sunnah yang Rasulullah anjurkan. Hal ini juga terpaku pada Hadits Riwayat Bukhari Muslim yang artinya adalah, 5 hal yang merupakan sunnah fitrah, yakni mencukur rambut kemaluan, khitan, mencukur kumis, mencabut bulu ketiak, serta memotong kuku.

Dengan mengacu pada hadits tersebut, berarti menggunting kuku adalah kebiasaan yang Rasulullah lakukan. Sebab hal tersebut juga upaya untuk menjaga kebersihan diri. Biasanya, sunnah memotong kuku itu dimulai dari kedua tangan kemudian baru kedua kaki.

Baca Juga: Ini Dia Tips Cara Memotong Kuku yang Benar Agar Tidak Berakibat Fatal

Letaknya Diluar Tubuh

Dengan begitu, berarti hukum memotong kuku saat puasa tidaklah membatalkan. Marshalova pasti juga menyadari akan hal tersebut, walaupun banyak pertanyaan dari kaum Muslim juga menghantui pikiran kita. Pada kenyataannya, letak kuku kita itu berada di luar tubuh. Sehingga saat kita mengguntingnya pun, tidak akan membahayakan rongga mulut ataupun hal lain yang berada diluar tubuh.

Jadi, menggunting kuku saat Bulan Ramadhan itu boleh-boleh saja. Tidak ada kaitanya dengan puasa, atau menghapus pahala puasa satu hari tersebut. Karena menggunting kuku merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Uswatun Hasanah kita.

Mengenai hal ini, bisa dikatakan sebagai sesuatu yang sepele. Tapi terkadang, kaum wanita juga menghias kuku untuk mendapatkan tampilan yang cantik. Saat ini, kita akan lebih mudah menemukan wanita yang menggunakan henna pada kukunya. Beberapa juga ada yang memanjangkan kukunya.

Baca Juga: Cari Tahu Tips dan Hari yang Baik untuk Memotong Kuku, Paling Dianjurkan Hari Jumat!

Aturan

Karena merupakan sunnah yang diajarkan Rasulullah, kamu pasti juga tahu bahwa dalam menggunting kuku itu terdapat sunnah atau aturannya. Salah satunya adalah mulai memotong dengan kuku tangan kanan terlebih dahulu dimulai dari tangan kanan, dari tengah, jari manis, dan ibu jari. Setelah selesai, Marshalova bisa pindah ke tangan kiri.

Untuk tangan kiri mulai dari kelingking, manis dan seterusnya. Jika memotong kuku saat puasa, tidak membatalkan puasa. Maka amalkan sunnah ataupun aturan ketika menggunting kuku tersebut. Karena merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, atas izin Allah ketika kita melakukan hal tersebut kita akan mendapatkan pahala.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.