Mencabut Uban Malah Makin Banyak, Ini Dia Penjelasannya
Hair

Mencabut Uban Malah Makin Banyak, Ini Dia Penjelasannya

Tak sengaja saat mengaca, melihat uban pada bagian kepala kamu. Mungkin kamu ingin langsung mencari pinset dan menarik uban tersebut. Namun kemudian merasa khawatir, karena pernah mendengar jika mencabut uban malah makin banyak alias beranak. Sebenarnya pernyataan tersebut belum sepenuhnya benar.

Seiring dengan bertambahnya usia, rambut memang mengalami perubahan warna, namun ini termasuk normal. Tubuh kamu memiliki folikel rambut dengan kantong kecil yang melapisi sel-sel kulit. Folikel rambut memiliki sel pigmen yang dikenal dengan melanin. Melanin tersebut yang memberi warna pada rambut kamu. Semakin tua, maka folikel rambut akan kehilangan pigmen dan membuat rambut berubah jadi putih.

Benarkah Jika Mencabut Uban Malah Makin Banyak  

    

Rambut adalah mahkota alami bagi setiap orang. Saat rambut terlihat kusam, mudah patah atau bahkan beruban, seringkali membuat orang panik. Rambut yang beruban bisa membuat seseorang khawatir. Hal ini karena menilai dirinya sudah tak muda lagi. Jika sudah begini, banyak orang yang melakukan berbagai perawatan hingga memastikan uban telah hilang. Salah satu bentuk perawatan yakni dengan mencabut rambut beruban tersebut.

Memang ada salah satu mitos tentang uban yang beredar, jika mencabut uban malah membuatnya tambah banyak. Hal ini sepenuhnya tidak benar karena pertumbuhan rambut uban akan tetap sama saja. Apalagi satu folikel hanya menghasilkan satu rambut. Saat uban semakin banyak, ini bukan akibat pernah mencabut uban sebelumnya. Namun masalah ini akibat berkurangnya melanin pada tubuh.

Baca Juga:Shampo untuk Rambut Tipis yang Bisa Membuatnya Menjadi Tebal

Bahkan banyak yang menyarankan untuk tidak mencabut uban. Alih-alih mencegah tumbuhnya uban, justru mencabut rambut bisa mengakibatkan trauma folikel rambut. Trauma tersebut yang berulang pada setiap folikel bisa memicu infeksi, pembentukan bekas luka, hingga terjadinya kebotakan.

Jika merasa ingin melenyapkan uban pada rambut, kamu bisa mencoba untuk memotong rambut dengan hati-hati. Selain itu, bisa mewarnai rambut dengan produk yang cocok dengan jenis rambutmu. Tentu tidak bisa menghilangkan sepenuhnya. Namun cara ini paling tidak dapat menyamarkan warna uban dengan rambut lainnya. Meski hanya berlaku untuk sementara waktu saja.

Efek Cabut Uban

Tentunya bukan tanpa sebab kamu tidak disarankan mencabut rambut yang beruban. Hal ini bisa mengakibatkan masalah kulit dan efek negatif lainnya pada rambut. Berikut ini adalah beberapa efek yang mungkin terjadi pada rambutmu.

Menyebabkan Rambut Tumbuh ke Dalam

Rambut tumbuh ke dalam atau ingrown hair termasuk kondisi rambut yang tumbuhnya mengarah ke dalam kulit. Padahal seharusnya rambut bisa tumbuh ke luar kulit. Ingrown hair umumnya akibat kesalahan saat mencukur atau mencabut rambut dengan sangat kencang. Bahkan termasuk jika kamu mencabut rambut yang beruban.

Baca Juga:Cara Membuat Rambut Tebal Paling Mudah. Yuk, Simak Langkahnya!

Gangguan Pertumbuhan Rambut

Perlu kamu tahu ketahui, mencabut uban berkali-kali bisa mengganggu folikel rambut. Kerusakan terus-menerus tersebut bisa mengganggu pertumbuhan rambut. Hal ini karena folikel menjadi tempat tumbuhnya rambut. Tak hanya terjadi saat kamu mencabut uban, namun juga saat terlalu sering mencabut rambut normal.

Kebotakan

Efek mencabut uban yang mungkin terjadi yakni kebotakan. Folikel rambut yang rusak bisa mengganggu pertumbuhan rambut, bahkan menyebabkan kerontokan rambut. Tak hanya itu, saat memasuki usia lanjut folikel rambut akan rusak sehingga mungkin tidak bisa lagi menumbuhkan rambut. Kondisi inilah yang akan membuat rambut terlihat tipis. Pada akhirnya mengalami kebotakan pada area kepala tempat mencabut uban.

Mencabut uban malah makin banyak ternyata hanyalah sebuah mitos. Memang menyarankan untuk tidak mencabut rambut dengan berbagai efek yang bisa terjadi.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.