Mengapa Harus Reapply Sunscreen? Begini Cara Pakai Sunscreen yang Tepat!
Skincare

Mengapa Harus Reapply Sunscreen? Begini Cara Pakai Sunscreen yang Tepat!

Kalau di dunia ini cuma ada satu produk skincare, produk apa yang akan kamu pilih, Girls? Kalau Marsha sih akan pilih sunscreen. Soalnya, sunscreen sangat penting untuk digunakan karena bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa merusak kulit. Jangan dianggap sepele, Girls. Paparan sinar UV bisa menembus ke dalam lapisan kulit dan membuat kulit menggelap, terbakar, iritasi, lebih cepat mengalami penuaan. Bahkan lebih parahnya lagi, sinar UV bisa menyebabkan kanker kulit. Sunscreen wajib banget dipakai sebelum beraktivitas di luar ruangan. Namun, memakai sunscreen nggak cukup sekali, lho. Cara pakai sunscreen yang benar perlu di-reapply supaya perlindungannya tetap terjaga. Kamu juga harus perhatikan cara pakai sunscreen agar tidak kusam. Nah, kalau kamu masih bertanya-tanya, “pemakaian sunscreen berapa kali sehari sih?” Yuk, langsung saja simak cara pakai sunscreen wajah yang benar yang sudah Marsha Beauty ulas berikut ini!

Pentingnya Menggunakan Sunscreen

Bagi orang Indonesia yang hidup di lingkungan beriklim tropis, sangat penting untuk memakai sunscreen setiap hari karena musim panas terjadi sepanjang tahun. Jadi, sunscreen bisa melindungi kulitmu dari sengatan sinar matahari dan bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Sunscreen sebaiknya digunakan sedini mungkin, bahkan dari usia anak-anak. Sudah banyak brand kosmetik yang menyediakan sunscreen khusus anak-anak. Cara memilih sunscreen pun sebenarnya sama dengan cara memilih produk skincare yang lainnya. Kamu harus memperhatikan tekstur dan kandungan yang cocok untuk tipe kulitmu.

Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Mungkin kamu sudah rutin menggunakan skincare, termasuk memakai sunscreen sebelum beraktivitas ke luar ruangan. Namun, bagaimana jika kamu tidak pergi keluar rumah? Apakah tetap harus memakai sunscreen meskipun hanya berdiam di ruangan tertutup? Dan perlukah untuk reapply sunscreen? Yuk, Marsha kupas satu per satu!

Pahami Sifat Sunscreen

Hal yang pertama harus kamu ketahui saat menggunakan sunscreen adalah sifat dari produk sunscreen. Sunscreen yang umum ditemukan di pasaran saat ini biasanya memiliki perlindungan terhadap UVA (Ultra Violet Aging) dan UVB (Ultra Violet Burning). Kemampuan perlindungan ini disebabkan karena sunscreen memiliki sifat photostability, yaitu sifat bahan aktif dalam perlindungan sinar UV yang tidak mudah terurai sehingga bisa memberikan perlindungan yang lebih lama.

Durasi perlindungan sunscreen berbeda-beda tergantung SPF-nya. Semakin tinggi SPF yang terdapat dalam produk sunscreen, maka akan semakin lama durasi perlindungan yang diberikan. Normalnya, kulit manusia akan bertahan 10 menit di bawah paparan sinar matahari. Nah, jumlah SPF dalam sunscreen dapat menahan paparan sinar matahari 10 kali lipat dari kemampuan kulit. Sebagai contoh, sunscreen dengan SPF 15 bisa menahan paparan sinar matahari selama 150 menit, sunscreen dengan SPF 30 bisa menahan paparan sinar matahari selama 300 menit, dan seterusnya.

Jadi, kamu harus tahu sifat sunscreen tersebut supaya bisa memilih produk yang tepat.

Baca Juga: Kenapa sih Wajib Pakai Sunscreen Ini Dia Manfaat Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Cara Memilihnya

Wajib Reapply Sunscreen

Karena sunscreen hanya memberikan perlindungan dalam durasi yang singkat tergantung SPF-nya, maka kamu harus reapply sunscreen secara berkala. Bayangkan saja jika kamu hanya menggunakan sunscreen dengan SPF 30 yang dapat memberikan perlindungan dari paparan sinar UV selama 300 menit, tapi kamu harus berada di luar ruangan dan panas-panas selama lebih dari 5 jam, maka kulitmu tetap akan terbakar dan semakin lama akan semakin rusak. 

Belum lagi kalau kamu sudah berkeringat, berwudhu, dan banyak melakukan aktivitas sehingga wajahmu berminyak, maka sunscreen juga akan luntur sehingga tidak mampu lagi memberikan perlindungan ke wajah. Oleh sebab itu, reapply sunscreen hukumnya wajib untuk mengembalikan proteksi kulit dari paparan sinar UV.

Selain itu, para dermatologis juga menyarankan untuk reapply sunscreen karena mungkin jumlah sunscreen yang kamu aplikasikan ke wajah masih kurang. Jumlah sunscreen yang dianjurkan untuk digunakan adalah 2 mg/cm², atau setara dengan panjang dua ruas jari. Makanya, untuk mencukupi jumlah penggunaan sunscreen yang sesuai anjuran, kamu harus reapply sunscreen agar mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Tetap Gunakan Sunscreen Saat di Dalam Ruangan

Meskipun kamu hanya berada di dalam rumah seharian, kamu wajib memakai sunscreen. Tanpa kamu sadari, sinar matahari tetap bisa menembus ke dalam rumah melalui jendela atau ventilasi. Apalagi jika rumahmu memiliki banyak jendela, pintu kaca, atau atap kaca, maka cahaya akan sangat mudah masuk ke dalam rumah. Makanya, kamu tetap harus melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen. Nggak ada ruginya untuk tetap memakai sunscreen meskipun nggak kemana-mana. 

Kecuali, jika kamu tinggal di area basement yang sangat tertutup, gelap, dan tidak ada cahaya langsung yang masuk. Kamu boleh tidak menggunakan sunscreen. Namun, kamu tetap harus hati-hati dengan cahaya yang dipancarkan lampu  atau layar gadget karena cahaya tersebut merupakan blue-light yang tetap bisa menembus ke dalam kulit dan lama kelamaan akan merusak kulit.

Baca Juga: Sudah Tahu Cara Pakai Sunscreen? Enggak Cuma Oles Saja Loh! Sini Dibisikin Cara yang Benar!

Gunakan Physical Sunscreen

Kalau kamu merasa setelah menggunakan sunscreen malah membuat kulit jadi kusam, mungkin jenis sunscreen yang kamu gunakan adalah chemical sunscreen. Chemical sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UVB terlebih dahulu sebelum dipantulkan kembali untuk mengubahnya menjadi energi termal atau panas. Seperti yang kamu tahu, bahwa UVB menyebabkan burning atau menyebabkan kulit menjadi kusam, makanya jika kamu pakai chemical sunscreen kulitmu akan terlihat lebih gelap. Biasanya chemical sunscreen memiliki tekstur yang lebih ringan dan tidak menghasilkan whitecast karena tidak benar-benar mem-block sinar UV untuk masuk ke dalam kulit.

Cara pakai sunscreen agar tidak kusam adalah dengan menggunakan physical sunscreen. Sunscreen jenis ini bekerja dengan mem-block sinar UV dan langsung memantulkannya kembali, sehingga kulit tidak akan terlihat lebih kusam dan gelap. Physical sunscreen juga biasanya memiliki tekstur yang lebih thick dan menghasilkan whitecast. Dengan adanya efek whitecast ini kulitmu tidak akan terlihat kusam.

Nah, itu dia beberapa cara menggunakan sunscreen yang benar. Jadi, kamu harus selalu mengaplikasikan kembali sunscreen minimal 2-3 jam sekali dan tetap menggunakan sunscreen meskipun berada di dalam ruangan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.