Menghilangkan Sunburn di Wajah Mudah Sekali, Ini Dia Cara Ampuhnya!
Lifestyle

Menghilangkan Sunburn di Wajah Mudah Sekali, Ini Dia Cara Ampuhnya!

Menghilangkan sunburn di wajah mudah sekali dan terdapat banyak cara yang bisa dicoba dan lakukan. Sunburn atau sering disebut dengan kulit wajah terbakar sinar matahari ini tentu akan menimbulkan efek iritasi dan flek hitam. Hal ini akan membuat penampilan tidak percaya diri dan cantik.

Sunburn biasanya disebabkan terlalu lama berada di bawah terik sinar matahari atau terkena pancaran dari sinar artifisial ultraviolet. Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkannya, Marshalova harus mengenal tanda-tanda jika kulit terlalu lama terpapar sinar matahari.

Tanda-tanda sunburn dan cara mengatasi wajah merah terkena sinar matahari pada setiap orang berbeda-beda tergantung dari prototype kulit serta lama paparan sinar UV pada kulit. Prototype sendiri merupakan respons dari kulit terhadap sinar matahari.

Bagi orang berkulit putih pucat, dalam waktu 15 menit terkenal sinar matahari bisa menyebabkan kulit terbakar. Sedangkan untuk berkulit coklat bisa mentoleransi cahaya selama berjam-jam.

Beberapa Cara Menghilangkan Sunburn di Wajah Efektif dan Mudah!

Beraktivitas di bawah sinar matahari bisa mengakibatkan kulit terbakar. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang mencari cara dan metode dalam menghilangkan sunburn. Ya, sunburn ini bukan hanya mengganggu penampilan, melainkan akan menyebabkan rasa perih tidak nyaman di kulit.

Kondisi terjadi sebab paparan sinar matahari mengandung ultraviolet. Jika dibiarkan begitu saja, bukan tidak jika kulit akan mengalami iritasi akibat masalah satu ini. Nah, berikut beberapa cara mengatasinya.

Kompres dengan Air Dingin

Kulit terbakar matahari bagaimana cara memulihkannya? Mudah sekali kamu bisa mengompresnya dengan air dingin. kompres air dingin menjadi upaya pertolongan pertama bagi seseorang yang terkena sunburn.

Langkah pertama, basahi handuk bersih dengan air yang dingin, setelah itu tempelkan pada kulit kamu yang terdampak selama beberapa menit. Bila menggunakan es batu, jangan langsung tempelkan es pada kulit wajah. Tapi dilapisi dengan kain agar tidak terjadi iritasi pada kulit wajah.

Mandi

Cara kedua yaitu dengan metode menandai ketika kulit terkena sunburn. Begitu sampai di rumah, segeralah mandi dengan air dingin. Gunakan sabun berbahan lembut bagi pemilik kulit sensitif.

Selain itu, bisa juga dengan cara menambahkan soda kue ke air untuk mandi. Sesudah itu, keringkan tubuh dengan cara menepuk lembut hingga benar-benar kering. Akan tetapi masih menyisakan sedikit air di kulit.

Baca juga:kenali jenis jerawat yang boleh dipencet dan cara aman memencetnya

Menggunakan Pelembab Wajah

Menghilangkan sunburn di wajah selanjutnya yakni menggunakan pelembab. Pakai menggunakan lotion pelembab berbahan lembut dan bukan yang terbuat dari minyak atau petroleum. Karena hal ini akan membuat parah sunburn.

Jadi lebih baik pilih dan gunakan pelembab yang mengandung lidah buaya. Apabila ada beberapa daerah terasa perih, bisa membeli krim hidrokortison tanpa resep dokter. Hindari juga produk pelembab dengan kandungan benzocaine. Sebab kandungan ini akan menyebabkan reaksi alergi dan iritasi kulit, sehingga sebaiknya menggunakan skincare untuk kulit sunburn yang sesuai jenis kulit.

Baca juga: Menghilangkan Bau Ketiak Dengan Minyak Kayu Putih, Ini Cara Mudah Serta Manfaatnya! 

Perbanyak Minum Air

Luka bakar akan menarik cairan ke permukaan kulit. Sehingga tubuh akan kekurangan cairan. Air putih ini bisa mengisi cairan yang dibutuhkan oleh kulit. Sehingga tidak mengalami dehidrasi. Maka dari itu, rutinlah minum air putih untuk mengatasi risiko sunburn ya.

Konsultasi dengan Dokter

Apabila cara untuk menghilangkan sunburn ini dirasa tersebut tidak ampuh. Maka salah satu caranya yaitu pergi ke dokter kecantikan untuk berkonsultasi mengenai masalah sunburn di wajah. Jadi dengan begitu akan tahu benar dan tepat untuk mengatasinya.

Sekarang Marshalova sudah tahu bukan bagaimana cara menghilangkan sunburn di wajah? Jadi selanjutnya giliran memilih dan ingin mencoba cara yang mana.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.