Menyisir Rambut Saat Basah atau Kering Kenali Teknik dan Waktu Tepat Melakukannya
Hair

Menyisir Rambut Saat Basah atau Kering Kenali Teknik dan Waktu Tepat Melakukannya

Menurut Girl, sebaiknya menyisir rambut saat basah atau kering? Pilihan ini membuat para wanita mengalami dilema mendalam. Ada sumber yang menyatakan jika menyisir rambut setelah keramas sangat tidak disarankan. Ini dapat memicu kerusakan permanen pada rambut.

Akan tetapi, pada pemilik rambut keriting atau bertekstur, justru menyisir dalam kondisi basah sangat dianjurkan. Hal ini dapat meminimalisir kerusakan pada folikel rambut. Selain itu, pola keritingnya tetap terjaga sempurna.

Baca juga: Lebih Bagus Hair Tonic Makarizo atau Natur? Mana Pilihanmu?

Teknik dan Waktu Menyisir Rambut Saat Basah atau Kering yang Tepat

Perawatan rambut terbilang cukup gampang. Salah satu cara yang sangat mudah yaitu dengan rutin menyisirnya. Meskipun begitu, ada saja yang masih mengabaikan hal tersebut. 

Padahal, efek jarang menyisir rambut adalah menjadi penyebab terjadinya pengendapan minyak rambut di bagian akar sehingga memicu timbulnya ketombe. Lantas, kapan dan teknik apa yang tepat saat menyisir rambut?

Gunakan Jenis Sisir yang Tepat

menyisir rambut saat basah atau kering

Sisir yang digunakan untuk merapikan rambut saat kondisinya kering tidak sama saat kondisinya basah. Saat rambut basah disarankan menggunakan sisir bergigi jarang. Setelah kering barulah menggunakan sisir bergigi rapat.

Menyisir Rambut dengan Paksa

menyisir rambut saat basah atau kering

Memaksa menyisir rambut yang kusut juga sering dilakukan sebagian wanita setelah mencucinya. Apakah kamu salah satunya? Bukan hanya menyebabkan sakit, kondisi ini justru menjadi pemicu rambut rontok berlebihan. 

Sisir dari Arah Bawah

menyisir rambut saat basah atau kering

Teknik menyisir juga harus diperhatikan. Terlebih jika kamu memiliki rambut panjang. Sebaiknya sisirlah rambut dari arah bawah. Hal ini untuk menghindari akar rambut tertarik keluar dari folikel. Ambilah rambut sepanjang beberapa inci terlebih dahulu untuk menghilangkan bagian terkusutnya. Setelah terurai rapi barulah dilanjutkan menyisir dari atas bagian akar hingga ujung rambut.

Hindari Sisir Berbahan 100% Plastik

menyisir rambut saat basah atau kering

Sisir berbahan 100 % plastik memang murah dan tidak sukar ditemukan. Namun, tahukah kamu jika bahan plastik menghasilkan listrik statis yang akan membuat rambut kurang halus bahkan berpotensi melukai batang rambut. 

Hindari Menggunakan Alat Styling untuk Mengeringkan Rambut

menyisir rambut saat basah atau kering

Biarkan rambut kering dengan sendirinya. Penggunaan alat styling hanya disarankan sesekali saja. Itupun dalam keadaan mendesak saja. 

Kamu juga bisa membalut rambut kepala dengan handuk lembut untuk mengeringkannya atau dengan cara diangin-anginkan saja. 

Sesuaikan dengan Tekstur Rambut

menyisir rambut saat basah atau kering

Secara umum menyisir rambut sebaiknya saat kondisinya benar-benar kering saja. Namun, hal ini justru tidak berlaku bagi pemilik rambut keriting atau bertekstur. Pola keriting dan folikel rambut justru akan terjaga sempurna.

Baca juga: Warna Rambut yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Cobalah!

Tidak Baik Sering Menyisir

menyisir rambut saat basah atau kering

Menyisir rambut memang membuat tampilannya rapi. Namun, penting untuk diketahui jika terlalu sering menyisir justru akan membuat rambut menjadi semakin rapuh dan mudah bercabang.

Jika Girl mendambakan memiliki rambut yang senantiasa sehat, mulailah untuk mengurangi kebiasaan menyisirnya. Cobalah mulai mengatur frekuensi normal untuk menyisir dan merawatnya. Hindari membawa tidur saat rambut dalam keadaan basah. Ini bisa membawa kerusakan pada rambut. 

Oleskan Serum Setelah Selesai Keramas

menyisir rambut saat basah atau kering

Serum yang bagus bisa kamu gunakan untuk mengurai bagian rambut yang kusut setelah keramas. Teknik tepat mengoleskannya adalah dari tengah menuju ujung rambut. Uraikan rambut menggunakan jari-jari tangan saja.

Namun, kamu harus memastikan tangan dalam kondisi bersih sehingga bebas dari kuman, bakteri, dan kotoran yang bisa menjadi penyebab timbulnya permasalahan rambut yang baru.

Terapkan cara menyisir rambut saat basah atau kering tersebut dengan tepat. Gunakan produk hair care yang sesuai kebutuhan rambut kamu.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.