Micellar Water VS Toner, Kenali Perbedaan dan Kegunaannya di Sini!
Skincare

Micellar Water VS Toner, Kenali Perbedaan dan Kegunaannya di Sini!

Dalam rangkaian skincare routine, terdapat pemakaian toner dan micellar water. Karakteristik keduanya terlihat identik, berupa cairan seperti air bening. Untuk pemula, mungkin kerap bingung apa perbedaannya dan mana yang harus dipakai lebih dulu. Yuk, kenali apa saja perbedaan, karakteristik dan manfaat micellar water vs toner di artikel ini.

Baik Toner ataupun Micellar Water, memiliki kesamaan fungsi dalam hal membersihkan wajah yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan kapas, tisu atau pembersih lainnya. Jadi keefektifan dalam membersihkan wajah ini sangat mendalam, Girls! Untuk lebih detailnya bisa simak berikut ini.

Apa itu Micellar Water dan Toner?

Micellar water merupakan air pembersih dengan molekul air yang sangat kecil, yang sering disebut micelles. Biasanya micellar water juga dikombinasikan dengan minyak, yang difungsikan untuk membersihkan makeup pada wajah.

Kandungan dalam minyak kecil (misel) disuspensikan ke dalam air juga bermanfaat untuk mengangkat debu, minyak dan kotoran dari wajah. Sehingga wajah pun terlihat bersih dan lebih terhidrasi

Toner berbahan dasar air yang dicampur dengan bahan baik lainnya yang bermanfaat bagi kulit, seperti antioksidan, asam dan gliserin. Tak hanya untuk menghidrasi kulit, bahan baik tersebut juga berfungsi bermanfaat dalam menjaga pH kulit, mengangkat sel kulit mati, serta mengecilkan pori-pori pada wajah.   

Perbedaan Micellar Water dan Toner

Keduanya punya karakteristik yang nyaris sama. Wajar saja, jika sampai sekarang pun masih ada orang yang susah membedakannya. Padahal keduanya ini jika dilihat lebih mendalam lagi, memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda.

Micellar Water diformulasikan secara khusus untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran. Tidak ada bahan khusus yang terkandung di dalamnya untuk menutrisi kulit, hanya terkandung bahan untuk membersihkan wajah kamu. Sehingga banyak yang menjadikan micellar water sebagai pembersih makeup andalan.

Sedangkan toner digunakan untuk merawat kulit dan ragam fungsi lainnya sesuai dengan rancangannya, seperti melembabkan kulit, mengatasi permasalahan jerawat, hingga mencegah kuit dari tanda-tanda penuaan dini.

Toner sendiri sebenarnya juga bisa difungsikan untuk membersihkan wajah dari makeup, debu dan kotoran, tetapi untuk kemampuannya yang satu ini tidak akan sehebat micellar water.

Toner dirancang untuk membersihkan kulit setelah mencuci wajah, sehingga toner ini seolah memastikan bahwa kulit wajah kamu benar-benar bersih.

Micellar Water or Toner First?

Jika sudah mengetahui perbedaan fungsinya lebih detail, menurutmu manakah yang digunakan lebih dulu? Toner atau Micellar Water? 

Jawabannya adalah micellar water. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, micellar water berfungsi membersihkan makeup dan kotoran pada wajah. Sehingga sebelum melakukan rangkaian skincare routine, sebaiknya kamu menggunakan micellar water.

Setelah menggunakan micellar water, tidak boleh langsung menggunakan toner dulu ya Girls. Kamu harus membersihkan diri (wajah) terlebih dahulu dengan menggunakan cleanser atau facial wash. Setelah itu, barulah kamu bisa menggunakan toner. 

Jadi dengan kata lain, urutan pertama dalam skincare routine adalah membersihkan makeup dengan micellar water, kedua membersihkan wajah dengan facial wash atau cleanser, dan yang ketiga adalah membersihkan wajah dengan toner.

Sudah tau kan perbedaan micellar water vs toner? Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuanmu dalam dunia per-skincare-an.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.