Minum Kopi bisa Bermanfaat untuk Kesehatan Mental? Cek Faktanya di Sini
Lifestyle

Minum Kopi bisa Bermanfaat untuk Kesehatan Mental? Cek Faktanya di Sini

Minuman di pagi hari selalu identik dengan kopi. Selama ini, kopi selalu identik dengan kandungan kafeinnya yang dapat menahan kantuk. Manfaat kopi di pagi hari memang untuk memompa jantung dengan lebih cepat. Padahal, nggak hanya itu, manfaat kopi juga dapat bekerja untuk menjaga kesehatan mental kita.

Nah berikut ini, Marsha sudah mengumpulkan fakta dan fungsi dari kebiasaan ngopi mu di sini. 

Menekan Gejala Ringan pada Depresi

 

Salah satu manfaat mengkonsumsi kopi adalah dapat membantu menurunkan gejala ringan pada depresi. Kopi memiliki zat anti depresan alami yaitu antioksidan dalam kafein, yang akan membantu merangsang sistem saraf pusat dengan lebih baik. Selain itu, aroma khas dari kopi terbukti memberikan ketenangan dan dapat meningkatkan mood sepanjang hari. 

Hasil riset dari Harvard School of Public Health, mereka yang mengkonsumsi kopi di pagi hari dapat menurunkan resiko depresi hingga 20 persen daripada mereka yang jarang atau tidak pernah meminum kopi di pagi hari. 

Merangsang Hormon Kebahagiaan 

Hormon serotonin dan dopamin merupakan hormon yang akan bekerja merangsang kebahagiaan dan kepercayaan diri dalam tubuh kita. Itulah mengapa faktanya, dengan mengkonsumsi kopi dipagi hari akan meningkatkan produksi kedua hormon ini dan menghasilkan neurotransmitter di dalam tubuh. 

Neurotransmitter atau zat kimia pembawa pesan ini akan meminta otak untuk mengeluarkan adrenalin agar kita dapat berpikir dengan lebih cepat, dopamin untuk merangkai berbagai motivasi, dan endorfin untuk meningkatkan rasa semangat dalam diri kita. 

Meningkatkan Fokus

Kandungan dari kafein yang nggak kalah penting dari yang lainnya, adalah GABA (Gamma Aminobutyric Acid) yang memiliki tugas menenangkan alam bawah sadar dan otak kita. Dengan ketenangan tadi, maka fokus pun akan terbangun. Distraksi sekitar kita juga bisa kita hiraukan, dan pekerjaan pun dapat dengan mudah diselesaikan. 

Itulah kenapa jika kita mengantuk maka disarankan untuk mengkonsumsi kopi. Selain agar rasa kantuk hilang, fokus pun dapat terbangun lagi dengan baik. 

Jangan Lupakan Efek Samping dari Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein sendiri dapat menghasilkan beberapa efek samping seperti insomnia, sakit kepala, jantung berdetak dengan berlebihan, dehidrasi, hingga osteoporosis.

Mengkonsumsi kafein juga harus dengan takaran yang pas dan nggak berlebihan ya, Girls. Kamu bisa meminumnya sebanyak 200–400 mg per hari. Kira-kira sekitar sekitar 2–4 cangkir. Selain itu, perhatikan juga beberapa efek samping lainnya jika kamu memiliki maag atau gerd pada lambung. 

Efek samping kopi pada setiap orang berbeda-beda

Ketahui lebih dulu, berapa banyak kopi yang akan memberikan efek samping dalam kegiatan sehari-harimu. Ada mereka yang meminum kopi sedikit saja, sudah nggak bisa tidur seharian. Ada pula yang sudah meminum kopi lebih dari satu cangkir, tapi tetap mudah mengantuk. Ada yang memesan satu shot sudah berkeringat dingin, dan ada pula yang sudah memesan double shot justru belum memiliki fokus yang baik.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.