Mudah Dilakukan di Rumah, Begini Cara Memanjangkan Kuku yang Aman!
Nails

Mudah Dilakukan di Rumah, Begini Cara Memanjangkan Kuku yang Aman!

Tahukah kamu kalau kuku jari orang dewasa yang sehat dapat tumbuh sekitar 3,5 milimeter tiap bulannya? Hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology ini tentunya harus kamu barengi dengan kebiasaan-kebiasaan baik. Bagaimanapun, kuku adalah salah satu bagian tubuh yang kondisinya dipengaruhi gaya hidup dan pola makanmu.

Untuk itu, kamu tak boleh sembarangan mencari cara memajangkan kuku. Ada langkah-langkah mudah dan efektif yang bakal membuat kuku jarimu tumbuh cantik dan sehat, seperti yang dapat kamu simak ulasan Marsha Beauty di bawah ini, Marshalova!

Baca Juga: Cara Merawat Kuku dengan Mudah, Langsung dari Rumah Saja Tanpa Harus ke Salon

Berbagai cara aman buat memanjangkan kuku yang aman

Disitat dari Healthline, kuku jari yang sehat akan menunjukkan ciri-ciri seperti permukaan yang licin atau tak kasar, bebas lekukan, kasar, dan warnanya tak berubah-ubah. Sayangnya, beragam masalah kesehatan dapat menghalangi pertumbuhan kuku. Misalnya faktor keturunan, lingkungan kering, usia, hingga penyakit kronis.

Kalau kamu tak mau pertumbuhan kuku terganggu, berikut cara memanjangkan kuku secara alami yang bisa diterapkan:

Jaga kelembapan kuku dan kulit

cara memanjangkan kuku

Kelembapan kulit ternyata ikut mempengaruhi kesehatan kuku, termasuk dalam pertumbuhannya. Kulit kering cenderung mengeringkan kuku juga. Akibatnya, kukumu bakal gampang pecah-pecah bahkan sampai berdarah yang memudahkan jamur masuk buat menyebabkan infeksi.

Kuku yang rusak bukan cuma menghambat pertumbuhan, tetapi juga membuatnya tak sehat. Sebelum terlambat, kamu perlu gunakan pelembap yang sesuai agar kulit dan kuku terhidrasi.

Segera keringkan kuku setelah cuci tangan

cara memanjangkan kuku

Kebiasaan mengeringkan kuku setelah mencuci tangan ternyata berdampak pada cara cepat memanjangkan kuku, lho! Mengapa? Air pada permukaan kuku, terutama yang sudah tercampur sabun dan kotoran, bakal melemahkan kuku dan membuatnya rentan mengalami kerusakan. Akibatnya, kukumu susah buat tumbuh.

Tak ada salahnya melakukan pencegahan dengan memakai sarung tangan atau menyediakan lap kering supaya kamu tak membiarkan kuku lama-lama basah.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Kuku Agar Mengkilap Secara Alami Tanpa Perlu ke Salon, Bahannya Ada Di Dapur

Hindari memotong kutikula dan cairan penghapus kuteks

cara memanjangkan kuku

Kutikula (lapisan kulit di pangkal tempat tumbuhnya kuku) berfungsi sebagai penghalang alami dari serangan bakteri dan jamur. Jadi kamu bisa bayangkan sefatal apa bahayanya kalau bagian tersebut dipotong. Oleh karena itu, saat memotong kuku, pastikan kutikulanya tak ikut terpotong kalau kamu mau kuku tumbuh cepat.

Kemudian, buat kamu yang suka pakai kuteks, hindari pemakaian aseton (cairan penghapus). Kandungan di dalamnya dapat menyebabkan kuku kuning hingga mengikis lapisan kuku.

Perbanyak konsumsi sumber biotin

cara memanjangkan kuku

Cara memanjangkan kuku secara cepat dan sehat yang terakhir adalah mengonsumsi sumber biotin (vitamin B7 yang berfungsi mengubah makanan jadi energi). Sejumlah studi yang dimuat dalam National Library of Medicine mengungkapkan bahwa konsumsi suplemen biotin 2,5 miligram secara rutin akan meningkatkan kekuatan dan mempercepat pertumbuhan kuku.

Kamu tak perlu repot memakai suplemen biotin, sebab ada sumber biotin alami seperti telur, kacang-kacangan, kedelai, pisang, dan jamur yang bisa diandalkan.

Perawatan kuku lain yang harus diperhatikan

cara memanjangkan kuku

Ada beberapa perawatan sehari-hari yang bakal mengoptimalkan cara memanjangkan kuku. Saat menggunting kuku, misalnya, gunakan kikir buat menghaluskan ujung kuku. Kemudian, oleskan juga pelembap pada kutikula supaya tak cepat kering. Kamu yang punya kebiasaan buruk seperti menggigiti kuku pun harus segera mengonsultasikannya dengan ahli buat mendapatkan penanganan yang sesuai.

Bagaimana, Marshalova, sudah siap memberikan perawatan terbaik pada kuku supaya cepat panjang? Mudah-mudahan informasi ini dapat membantumu buat mendapatkan kuku yang ideal!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.