Pembalut, Tampon, dan Menstrual Cup, Mana yang Terbaik untuk Sanitasi Saat Menstruasi?
Lifestyle

Pembalut, Tampon, dan Menstrual Cup, Mana yang Terbaik untuk Sanitasi Saat Menstruasi?

Menstruasi akan terjadi jika dinding menyeluruh karena tidak dibuahi. Periodenya biasanya 4-7 hari, tapi ada kalanya juga menstruasi berlangsung lebih dari satu minggu. Itu merupakan hal yang wajar kok. Dalam satu hari normalnya darah menstruasi yang keluar sekitar 60 sampai 80 cc sehari, atau sekitar tiga sendok makan. Jika darah sudah keluar, kamu harus melakukan sanitasi agar tetap bersih dan sehat.

Saat ini, ada beberapa alat sanitasi wanita saat mensturasi, seperti pembalut, tampon, dan menstrual cup. Dari ketiga alat ini, manakah yang terbaik? Marsha Beauty akan membahasnya satu per satu di artikel berikut ini:

Pembalut

Kalau pembalut tentunya merupakan bahan sanitasi yang sudah lumrah kita gunakan. Selain yang paling affordable, pembalut sendiri yang paling mudah kita temukan. Sayangnya, penggunaan pembalut sering kali membuat iritasi bagian tertentu dan membuat enggak nyaman dan bebas saat beraktivitas. 

Meskipun begitu, ada banyak jenis dan ukuran yang juga bisa disesuaikan dengan pilihanmu. Ada yang organik, wings, hingga pembalut celana. Ukurannya pun dari yang panty liner hingga 40cm untuk menemani tidur malammu. 

Untuk remaja sendiri, mereka kebanyakan sudah nyaman dan biasa menggunakan ini. Karena ajaran orang tua, atau mudahnya penggunaan karena bisa langsung dibuang tanpa dicuci, asalkan dirapikan terlebih dahulu. Kira-kira dalam satu kali siklus menstruasi sendiri, membutuhkan pengeluaran Rp56.000.

Sayangnya, pembalut ini biasanya berbahan dari kapas, yang hanya satu kali pakai. Bisa dibayangkan ya Girls sudah berapa banyak pembalut sekali pakai yang kita gunakan selama ini. Cukup enggak ramah lingkungan, ya?.

Tampon

Bagi sebagian orang, tampon mungkin masih asing. Padahal kalau di barat sih mereka justru sudah biasa menggunakan tampon. Caranya, dimasukan ke dalam miss V dengan menggunakan jari. Tampon sendiri bahannya sama dengan pembalut. Namun, bentuknya kecil dan karena dimasukan ke dalam miss v maka akan lebih bebas bergerak dan enggak takut adanya kebocoran.

Harganya sendiri sekitar Rp5.000 sampai Rp8.000 saja per satuannya. Jadi mungkin dalam satu kali siklus menstruasi akan membutuhkan biaya Rp140.000.

Menstrual Cup 

Menstrual cup memiliki bahan dari silikon, dan sangat elastis sehingga nyaman jika dimasukan ke dalam miss v. Dengan bentuk seperti itu, jadi alat ini bukan menyerap darah tapi menampung darah dari miss v. Dalam penggunaannya, kamu enggak boleh lalai juga dalam membersihkannya. Menstrual cup enggak boleh lebih dari 8 jam dimasukan ke dalam sana. 

Pilihan daya tampung menstrual cup ada yang 10cc, 20cc, 30cc hingga 60 cc. Bentuknya sendiri cukup variatif. Ada yang kecil meruncing, ada yang melebar, hingga membentuk tabung. Untuk harga menstrual cup sendiri sekitar Rp250.000 dan bisa digunakan selama kurun waktu tiga tahun. 

Cara pemasangan menstrual cup sendiri, pertama cuci tanganmu dulu agar bersih dari kuman dan bakteri. Kemudian pipihkan ujungnya, dan bentuk menjadi huruf U, kemudian masukan perlahan ke dalam miss v, setelah itu buka bentuk U tadi, dan biarkan seperti itu. Menstrual cup enggak akan bergerak karena akan terjepit di dalam. Untuk mengeluarkannya, cukup tarik bagian yang berbentuk seperti tali dan akan terlepas dengan sendirinya.

Manakah Produk Sanitasi Terbaik?

Menurut dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, Dr. Kencana Shinta, produk sanitasi yang baik adalah yang sesuai kebutuhan dan kondisi wanita. Misalnya, jika ingin berenang kamu bisa menggunakan menstrual cup. Atau jika kamu masih remaja dan belum aktif secara seksual, kamu bisa gunakan pembalut biasa terlebih dulu kok. 

Jangan lupa juga menjaga kebersihan sanitasi. Kamu harus rajin menggantinya, dan mencuci miss v dengan air atau cairan khusus dari depan ke belakang. Jangan lupa juga untuk membersihkan tangan sehabis dan setelah kegiatan sanitasi agar enggak mentransfer bakteri.

Jadi, bagaimana nih Girls, mana yang sesuai denganmu? Pembalut yang lebih mudah dicari dan affordable, tampon agar mudah beraktivitas, atau menstrual cup untuk lebih eco friendly?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.