Pengharum Baju Setrika Penghilang Bau Apek? Begini Tips Memakainya
Fragrance

Pengharum Baju Setrika Penghilang Bau Apek? Begini Tips Memakainya

Pengharum baju setrika yang kamu pakai terkadang tidak bisa menyimpan wangi tahan lama. Padahal sudah pakai pewangi merk terkenal dan mahal. Nah, kira-kira karena apa coba?

Marshalova pasti bisa kok memiliki baju yang awet wanginya tanpa harus susah-susah ke laundry. Kamu hanya butuh beberapa tips sederhana untuk memperoleh baju yang rapi dan wangi.

Tips Memakai Pengharum Baju Setrika agar Tak Kalah Wangi seperti Laundry

Pengharum baju setrika

Menyetrika merupakan kegiatan wajib untuk menghilangkan kusut pada baju. Hanya saja tidak semua orang bisa menghasilkan baju yang halus dan wangi tahan lama. Nah, kamu bisa mencoba tips-tips berikut ini agar hasilnya sama seperti menggunakan jasa laundry.

Hindari Setrika Baju Terlalu Lama

Menyetrika baju terlalu lama hanya akan merusak serat kain. Terkadang lama waktu menyetrika juga akan meninggalkan bau yang khas ke baju, sehingga saat menyemprotkan parfum hanya akan sia-sia.

Memakai gantungan baju saat menjemur adalah solusi terbaik untuk mengurangi kusut pada baju. Jadi kamu tidak butuh waktu lama untuk menyetrikanya.

Hindari Menyemprotkan Pewangi saat Disetrika

Kebanyakan, kamu menyemprotkan pewangi bersamaan dengan menyetrika. Bila pewangi setrika yang kamu gunakan berbahan dasar alkohol, penyemprotan bersamaan kegiatan menyetrika hanya akan sia-sia saja. Kenapa? Karena alkohol mudah menguap jika terpapar panas.

Baca juga:6 Cara agar Wangi Parfum Awet Seharian, Ternyata Segampang Ini!

Tunggu Hingga Benar-benar Dingin

Waktu yang tepat untuk menyemprotkan parfum adalah tunggu hingga uap panas setrika benar-benar hilang. Setelah itu kamu bisa mulai menyemprotnya mulai dari lipatan terdalam. Hati-hati jangan sampai merusak lipatan baju.

Cara Membuat Pengharum Baju Setrika dengan Kondisioner

Beragam produk pewangi pakaian pabrikan yang digunakan pada bilasan terakhir proses mencuci memang untuk mengusir bau yang tidak sedap. Namun, kamu juga harus tahu dampak penggunaannya dalam jangka panjang. Selain berpotensi menyebabkan alergi, pewangi pabrikan bisa menjadi penyebab ketidakseimbangan hormon dalam jangka panjang.

Eiits, bukan berarti kamu harus menyerah begitu saja membiarkan baju-baju kesayangan berbau tak sedap dan apek. Marshalova bisa kok mempelajari cara membuat pengharum baju setrika berikut ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat.

Misalnya menggunakan kondisioner rambut. Selain harum, kondisioner rambut juga akan melembutkan baju-baju kesayangan kamu. Caranya juga simpel kok.

Siapkan 2 gelas kondisioner (wangi sesuai selera saja), 3 gelas cuka putih, 6 gelas air hangat, dan minyak atsiri. Campurkan kondisioner, cuka putih, dan air hangat tersebut dalam satu wadah kemudian aduk rata. Setelah teksturnya berubah menjadi halus, teteskan minyak atsiri agar aroma wangi yang dihasilkan semakin kuat. Tuang dalam wadah khusus, dan kamu sudah bisa menggunakannya.

Baca juga:7 Macam-macam Aroma Parfum Dasar yang Sering Dipakai, Mana Favoritmu?

Memanfaatkan Soda Kue

Cara membuat pewangi pakaian sendiri berikutnya adalah dengan memanfaatkan soda kue. Langkah-langkahnya adalah siapkan 100 gr soda kue, 800 ml cuka apel, minyak atsiri  aroma sesuai selera, dan 150 ml air panas. Campurkan air panas, cuka sari apel, dan soda kue ke dalam wadah.

Tunggulah buih-buih kecil yang tumbuh di permukaan larutan mereda baru kemudian tuangkan ke dalam botol. Masukkan beberapa tetes minyak atsiri ke dalam botol dan tutup rapat-rapat. Saat hendak dipakai, kocoklah terlebih dahulu agar tercampur sempurna.

Pakai Garam Inggris

Nah, kalau pewangi pakaian alami yang satu ini berasal dari bumbu dapur, Girls. Kamu bisa menggunakan garam Inggris yang dipadukan dengan minyak atsiri.

Tekstur garam Inggris yang halus serta mengandung magnesium dan sulfat mampu melembutkan pakaian. Campur rata kedua bahan tersebut dalam toples kemudian tutup rapat. Tuangkan 1-2 sendok campuran tadi dengan deterjen dari awal proses mencuci.

Pada dasarnya pengharum baju setrika akan berfungsi optimal jika kamu mencuci baju dengan cara yang benar. Nah, Girl sudah benarkah cara kamu mencuci baju selama ini?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.