Penyebab Bagian Bawah Mata Hitam, Membuat Percaya  Diri Berkurang
Skincare

Penyebab Bagian Bawah Mata Hitam, Membuat Percaya Diri Berkurang

Penyebab bagian bawah mata hitam atau biasa disebut dengan lingkaran hitam selalu dikaitkan dengan keadaan seseorang yang kurang tidur. Akan tetapi, perlu Marshalova ketahui, bahwa kurang tidur bukanlah satu-satunya penyebab keadaan tersebut. Pasalnya apabila seseorang mengalami dehidrasi, penuaan, atau mengidap penyakit tertentu juga dapat mengalami mata panda.

Umumnya, mata panda dapat dialami oleh siapapun baik wanita maupun laki-laki. Keadaan tersebut memiliki tanda pada bagian kantung mata yang terlihat lebih gelap dibandingkan warna kulit wajah yang lain. Bahkan orang yang mempunyai mata panda akan tamak lelah serta lebih tua dari usia sebenarnya. Untuk itu berikut ini beberapa faktor yang mengakibatkan mata panda.

Faktor Penyebab Bagian Bawah Mata Hitam

Lingkaran hitam yang tepat di bawah mata seringkali dipunyai karena adanya faktor keturunan. Akan tetapi, bukan hanya itu saja, terdapat faktor lainya yang bisa mata panda terbentuk. Mak berikut ini yang bisa mengakibatkan lingkaran hitam di bawah mata muncul.

Baca juga:Sangat Populer, Apa Saja Sebenarnya Manfaat Kolagen untuk Kulit?

Tidur Kurang

penyebab bagian bawah mata hitam

Kurang jam tidur menjadi penyebab utama bawah mata menjadi hitam. Umumnya, jam tidur yang diperlukan oleh tubuh atau orang dewasa yaitu 7-9 jam per harinya.

Bukan hanya itu saja, kurangnya posisi tidur yang baik bisa mencegah kantung mata terbentuk. Maka kamu bisa menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala supaya posisi kepala sedikit lebih terangkat. Hal tersebut bisa mencegah penumpukan cairan yang ada di sekitaran mata ketika tidur.

Faktor Usia

penyebab bagian bawah mata hitam

Untuk faktor terbentuknya mata panda berikutnya yaitu usia. Semakin kamu bertambah usia, maka kulit akan menjadi semakin tipis. Bahkan, kulit akan mulai kehilangan elastisitasnya secara perlahan. Ketika keadaan tersebut terjadi, maka pembuluh darah yang ada di bawah mata akan tampak begitu jelas maka timbulah mata panda.

Tidak Memakai Sunscreen

penyebab bagian bawah mata hitam

Bukan hanya bisa mengakibatkan kanker kulit, tidak menggunakan sunscreen menjadi hal yang fatal. ,ala bisa mengakibatkan kulit wajah kamu mengalami masalah. Paling utama pada kantung mata dengan kulit yang dipunyai begitu tipis.

Dehidrasi

penyebab bagian bawah mata hitam

Penyebab bagian bawah mata hitam juga bisa dikarenakan penyakit. Salah satunya dikarenakan dehidrasi. Dehidrasi merupakan keadaan cairan pada tubuh yang keluar dalam jumlah banyak dibandingkan yang dikonsumsi.

Adanya lingkaran bawah mata juga bisa memperlihatkan bahwa kamu sedang mengalami dehidrasi. Jika kamu mengalami kondisi tersebut, maka tubuh akan berfungsi secara tidak normal. Agar terhindar dari penyakit yang ditandai dengan terbentuknya lingkaran hitam di bagian bawah mata. Maka sebaiknya kamu mengatur pola hidup sehat. Caranya mudah dengan mengkonsumsi makanan bergizi serta istirahat yang cukup.

Anemia

penyebab bagian bawah mata hitam

Kekurangan darah atau anemia menjadi salah satu penyakit, yang mana keadaan tubuh mengalami kekurangan pada sel darah merah. Salah satu penyebabnya yakni kurangnya zat besi maka tubuh tidak menghasilkan hemoglobin.

Baca juga:Bolehkah Memakai Minyak Zaitun di Wajah Setiap Hari? Ini Dia Penjelasannya

Kebiasaan Minum Alkohol dan Merokok

penyebab bagian bawah mata hitam

Memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya seperti mengkonsumsi alkohol serta merokok, juga bisa menjadi alasan kenapa bagian bawah mata berwarna hitam.

Efek yang muncul karena mengkonsumsi alkohol serta merokok, bisa membuat aliran darah pada kulit menjadi tidak lancar. Maka lingkaran pada sekitar mata juga tampak lebih gelap sama seperti mata panda. Bukan hanya itu saja, merokok juga bisa membuat kolagen rusak sehingga kulit menjadi lebih kusam serta kendur.

Itu tadi beberapa penyebab bagian bawah mata hitam yang perlu kamu ketahui. Terapkan pola hidup sehat dan melakukan perawatan pada kulit. Terutama pada wajah. Sehingga tidak akan muncul masalah kulit yang membuat percaya diri kamu menjadi berkurang.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.