Penyebab dan Cara Menumbuhkan Rambut Botak Pada Wanita, Cari Tahu di Sini!
Hair

Penyebab dan Cara Menumbuhkan Rambut Botak Pada Wanita, Cari Tahu di Sini!

Penyebab dan cara menumbuhkan rambut botak pada wanita menjadi salah satu informasi penting yang harus diketahui. Hampir setiap wanita mengalami rambut rontok dengan pola tertentu. Rambut yang rontok setidaknya 50-100 helai rambut setiap harinya. Jumlah tersebut masih dianggap normal. Rambut yang akan tumbuh kembali guna menggantikan rambut yang sudah gugur.

Tetapi, wanita bisa mengalami kebotakan ketika rambut rontok sudah tidak bisa tumbuh lagi. Kebotakan atau pun rambut rontok tersebut bisa dimulai kapan saja. Lebih tepatnya berawal ketika awal pubertas. Apakah Marshalova mengalaminya?

Pada intinya rambut yang rontok akan meningkat seiring bertambahnya usia. Sebenarnya terdapat beberapa penyebab yang dapat membuat rambut rontok sehingga para wanita mengalami kebotakan. Karena penyebabnya beragam, maka solusi yang dilakukan pun juga demikian.

Penyebab dan Cara Menumbuhkan Rambut Botak Pada Wanita, Ketahui

Rambut rontok yang berlebihan, pada akhirnya akan menjadi penyebab dari kebotakan rambut. Di samping itu, ada kalanya kebotakan tersebut membuat pola tertentu. Contohnya kotak yang menyerupai huruf M dan yang lainnya. Supaya kita lebih paham mengenai apa saja yang menjadi penyebab botaknya rambut seseorang, berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai kebotakan pada rambut wanita.

Kebotakan berpola pada wanita atau female pattern baldness merupakan salah satu jenis kerontokan rambut yang bisa menyerang wanita. Dalam dunia medis sendiri kondisi ini juga disebut sebagai androgenetic alopecia.

Baca Juga: Menyisir Rambut Saat Basah atau Kering Kenali Teknik dan Waktu Tepat Melakukannya

Perlu kamu ketahui bahwa kondisi ini antara pria dan wanita berbeda. Di mana umumnya kebotakan pada pria itu cenderung dengan adanya tanda penurunan garis rambut. Sedangkan pada wanita itu cenderung ditandai dengan penipisan rambut yang dapat mengurangi volume rambut seorang wanita.

Penyebab dan cara menumbuhkan rambut botak pada wanita hingga kini masih menjadi hal yang membingungkan. Pasalnya wanita juga tidak mengalami kebotakan secara penuh. Lebih tepatnya cenderung mengalami banyak penipisan pada rambut.

Penyebab Kebotakan

Penyebab pertama terjadinya kebotakan pada wanita adalah karena faktor genetik. Seorang wanita bisa mewarisi gen dari salah satu orang tua yang mengalami kondisi tersebut, kondisi ini juga umum terjadi seiring bertambahnya usia terlebih lagi jika usianya sudah menginjak umur 40 ke atas. Namun kembali ke penjelasan awal yang mengatakan bahwa mulainya penipisan rambut tersebut adalah ketika masuk pubertas. Pada intinya, perubahan hormonal dari seorang wanita itu juga dapat mempengaruhi terjadinya kebutaan. Selain itu, produksi hormon androgen juga menjadi salah satu penyebabnya.

Hormon androgen sendiri merupakan hormon yang mempunyai peran dalam pola kebotakan. Tumor kelenjar hipofisis ataupun ovarium yang dapat mempengaruhi androgen serta bisa menjadi penyebab kebotakan pada wanita. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi alasan kenapa botak terjadi pada wanita.

Baca Juga: Model Rambut Pendek Keriting Wanita Kekinian, Inilah Inspirasinya!

Cara Mengatasi

Pertama kamu harus memenuhi asupan nutrisi untuk rambut. Seperti halnya protein, asam lemak, omega 3, zat besi, biotin, vitamin B6, vitamin B12, serta vitamin D. Selain itu, kurangi penggunaan alat penata rambut. Jangan menyisir rambut ketika masih basah karena dapat menjadi penyebab rontoknya rambut.

Di samping itu cara menyembuhkan kebotakan rambut pada wanita, kamu juga bisa mengonsumsi obat-obatan tertentu. Contohnya adalah minoxidil atau finasteride. Untuk konsumsi tersebut tentunya harus ada resep dari dokter guna meminimalkan risiko dari konsumsi obat tersebut. Marshalova juga bisa mencoba cara mengatasi rambut rontok yang menjadi penyebab kebotakan dengan menata rambut gaya berbeda. Tapi konsultasikan terlebih dahulu dengan penata rambut.

Bisa juga menggunakan wig. Paling penting lagi jangan stress karena tanpa disadari stress itu pemicu rambut rontok yang menyebabkan kebotakan. Nah, penyebab dan cara menumbuhkan rambut botak pada wanita beragam jadi penting sekali mengetahuinya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.