Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Bercabang dengan Cepat
Hair

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Bercabang dengan Cepat

Rambut bercabang merupakan permasalahan umum pada rambut yang sering dialami oleh wanita. Ini hal yang normal karena kamu pun sebenarnya bisa menghilangkan rambut bercabang tersebut dengan mudah. Sebelum mulai ke pembahasan lebih detail, yuk pelajari penyebabnya terlebih dahulu, baru ke pembahasan bagaimana cara mengatasi rambut bercabang.

Rambut bercabang ditandai dengan kondisi rambut yang kering, rapuh dengan ujung yang terurai seperti terbelah menjadi dua bagian. Ini tanda-tanda rambut rusak dan kamu harus segera mengatasinya. Ingat Ladies, memotong rambut bukan berarti akan menyelesaikan masalah, ya! Kamu harus basmi dan selesaikan masalah ini sampai ke akar-akarnya dan memulai kebiasaan baru agar rambut bercabang tidak berlanjut.

Penyebab Rambut Bercabang

Kenapa rambut bisa bercabang? Sebenarnya ada banyak teori, seperti perubahan cuaca, hingga teknik perawatan dan penggunaan produk rambut yang kurang tepat sampai merusak rambut. Ada juga beberapa kebiasaan yang secara tidak kamu sadari bisa membuat rambut bercabang, berikut ini beberapa contohnya:

Kebiasaan Memakai Hair Dryer atau Catokan

Terlalu sering menggunakan hair dryer dan catokan dapat merusak rambut. Bayangkan saja, berapa waktu yang sudah kamu habiskan untuk mencatok atau mengeringkan rambut denganhair dryersetelah mandi? Sudah berapa kali rambut terkena suhu panas dari alat-alat tersebut?

Suhu panas dari catokan dan hair dryer bisa menghilangkan kandungan air alami dalam rambut. Nutrisi alami penyusun rambut pun akan hilang seiring dengan seringnya kamu menggunakan alat tersebut, sehingga rambut akan kering dan bercabang.

Mengikat Rambut di Tempat yang Sama

Menurut penata rambut dari Amerika Serikat, Mackenzie Day, mengikat rambut di tempat yang sama bisa merusak rambut, apalagi jika mengikat rambut terlalu kencang dan dilakukan saat masih basah, secara rutin, hampir setiap hari. 

Hal ini dikarenakan adanya tekanan kuat dari ikat rambut. Ikatan yang kuat menyulitkan rambut bisa bergerak bebas.

Terlalu Sering Mewarnai Rambut

Bahan kimia dalam pewarna rambut bisa merusak kealamian rambut. Semakin sering kamu mewarnai rambut, maka semakin tinggi pula risiko kamu memiliki rambut bercabang. Terlebih selama proses pewarnaan, kamu tidak menggunakan serum atau vitamin rambut, risikonya pasti lebih besar.

Faktor Cuaca dan Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Faktor dari luar, dalam hal ini adalah cuaca dan paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab rambut bercabang. Paparan terik sinar matahari akan mengurangi kelembapan rambut dan membuat permukaannya rusak. Sehingga rambut menjadi kering, dengan ujung seolah terbelah menjadi dua bagian.

Pola Makan dan Kurangnya Asupan Air

Segala hal makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk pada kondisi rambut. Pola makanan yang salah bisa membuat kamu kekurangan nutrisi seperti zat besi, asam folat, dan protein yang penting dalam memperkuat akar rambut.

Begitu juga jika tubuh kamu tidak terhidrasi dengan baik. Kekurangan air dalam tubuh menyebabkan kulit kepala jadi dehirasi dan menghambat proses pertumbuhan rambut.

Penggunaan Produk yang Salah

Memakai produk shampo atau kondisioner rambut secara rutin bukan berarti jaminan bahwa rambut bisa tetap sehat. Namun, kamu juga harus memperhatikan apakah produk-produk tersebut sudah cocok dengan jenis rambut kamu. Penggunaan produk yang salah bisa menjadi mengurangi nutrisi alami pada rambut, sehingga rambut pun kusut, kering, rapuh, rusak dan bercabang.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Cara mengatasi rambut bercabang ternyata cukup mudah kok! Selain menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan rambut bercabang, kamu juga harus melakukan hal-hal berikut ini:

Memotong Rambut Secara Rutin

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya bahwa memotong ujung rambut adalah solusi tercepat untuk mengatasi rambut bercabang. 

Menurut sebuah riset di Amerika Serikat, rata-rata rambut pada manusia bisa tumbuh 1 cm setiap bulannya (tapi ini cukup bervariasi setiap orang, ada yang mencapai  0,6 – 3,36 cm setiap bulan). Maka dari itu, sebaiknya memotong ujung rambut secara rutin, sekitar 6 - 10 minggu sekali. Tujuannya agar ujung rambut yang sudah rusak tidak terurai semakin parah.

Menyisir dan Mengeringkan Rambut Secara Perlahan

Rambut dalam kondisi basah kadang membuat kamu kadang menyisir rambut secara paksa. Padahal, menyisir rambut berlebihan dan kasar bisa menyebabkan kerusakan. Usahakan menyisir rambut secara perlahan, bagaimanapun kondisi rambut kamu, entah basah atay kering.

Begitu juga saat kamu mengeringkan rambut. Mungkin saking terburu-burunya, kamu sering menggosok-gosokkan handuk agar rambut lebih cepat kering. Jika kamu sering melakukannya, disarankan untuk mengurangi karena bisa membuat ujung rambut patah sekaligus kutikula pada rambut bisa semakin rusak.

Untuk mengeringkan rambut, disarankan menggosoknya dengan handuk secara perlahan. Kamu pun bisa membungkus rambut dengan handuk selama beberapa saat. Jika kamu ingin menggunakan hair dryer, gunakan suhu paling rendah, ya! 

Ladies, sebaik-baiknya mengeringkan rambut adalah membiarkannya kering sendiri secara alami.

Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Sesuai

Pastikan produk-produk perawatan rambut yang digunakan sudah sesuai dan cocok dengan jenis rambut kamu. Pada kemasan produk tersebut biasanya terdapat kegunaan produk, kamu bisa mencari tau dari petunjuk tersebut ya, Ladies!

Gunakan kondisioner yang berguna untuk melindungi ujung rambut yang bercabang. Kondisioner jangan yang menyatu dengan shampo ya, tapi yang terpisah. Kondisioner juga akan membuat rambut ternutrisi dengan lebih baik, sehingga rambut pun jadi lebih sehat.

Kamu pun bisa menggunakan serum dan masker rambut dengan kandungan alami, yang sesuai dengan kondisi rambut. Penggunaan masker rambut dipercaya bisa mengembalikan kelembapan rambut sekaligus memperkuat rambut agar tidak rapuh.

Gunakan Alat Penata Rambut dengan Baik

Untuk kamu yang sering menggunakan alat pengering rambut atau catokan, pilihlah produk-produk tersebut dengan kualitas terbaik. 

Saat ini, terdapat pengering rambut yang dilengkapi dengan teknologi infrared yang membantu mengeringkan rambut dari dalam ke luar. Sehingga bisa mengurangi rambut yang kusut. Terdapat juga teknologi ionik yang bisa memecah molekul air pada rambut agar menguap dengan cepat.

Beri Jeda dalam Melakukan Perawatan Kimiawi pada Rambut

Yang dimaksud perawatan kimiawi pada rambut adalah pewarnaan, pengeritingan, pelurusan, penyambungan atau bentuk perawatan rambut lain yang menggunakan produk kimiawi. Jika hal tersebutsering dilakukan maka akan berdampak buruk pada rambut.

Jadi, sebaiknya kamu memberi jeda waktu sekitar 2 mingguan apabila ingin melakukan hal-hal tersebut ya, Ladies!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.