Penyebab Ketiak Hitam dan Gatal yang Paling Ampuh, Simak Yuk!
Body

Penyebab Ketiak Hitam dan Gatal yang Paling Ampuh, Simak Yuk!

Setiap orang pasti mendambakan memiliki ketiak yang putih dan bersih. Dengan memiliki ketiak yang putih dan bersih akan menambah rasa percaya diri saat menggunakan baju tanpa lengan atau baju terbuka lainnya. Namun, tidak semua orang memiliki kulit ketiak yang sempurna. Meskipun ketiak berada pada bagian yang tersembunyi, kamu juga harus memperhatikan faktor penyebab ketiak hitam dan gatal. 

Ketiak merupakan bagian lipatan kulit yang biasanya lebih lembab dan tebal. Selain itu, ketiak mempunyai banyak pori-pori dan kelenjar yang berlebih sehingga rentan terjangkit masalah kulit. Masalah kulit pada ketiak diantaranya perubahan warna menjadi terlihat gelap.

Berbagai Penyebab Ketiak Hitam dan Gatal

Pada umumnya kulit menghitam karena terbakar sinar matahari atau bekas luka. Namun pada hal ini, penyebab hitamnya warna ketiak kamu bisa berasal dari kondisi medis atau kebiasaan sehari-hari. Beberapa penyebab ketiak hitam dan gatal yang perlu kamu ketahui.

1. Bekas Mencukur

penyebab ketiak hitam dan gatal

Setiap perempuan pasti akan menjaga ketiaknya agar bersih dari bulu ketiak. Untuk menghilangkan bulu ketiak sebagian orang akan memilih cara cepat dengan mencukurnya. Padahal, dengan mencukur dapat menyebabkan iritasi bahkan mengikis sebagian kulit bagian luar. Dengan tumbuhnya rambut setelah mencukur akan menyebabkan ketiak gatal dan perih serta permukaan kulit kasar. Jika dilakukan berulang akan membuat kulit ketiak gatal dan muncul bintik.

Baca Juga: Cara Mencukur Bulu Ketiak dengan Benar, Begini Triknya!

2. Menggunakan Baju Terlalu Ketat dan Berbahan kasar

penyebab ketiak hitam dan gatal

Pada kulit ketiak yang sensitif, bahan baju yang kasar akan menimbulkan rasa gatal. Pastikan kamu memilih baju dengan bahan yang nyaman di kulit. Gunakan juga baju yang tidak terlalu ketat untuk menghindari rasa gatal dan iritasi.

3. Menggunakan Sabun Dengan Pewangi

penyebab ketiak hitam dan gatal

Perlu kamu ketahui ternyata penggunaan pewangi deterjen dan sabun mandi yang terlalu wangi akan menyebabkan gatal pada kulit ketiak. Padahal setiap orang menginginkan untuk tampil wangi dan rapi. Menggunakan sabun mandi dan pewangi deterjen merupakan salah satu sebab ketiak hitam dan gatal.

4. Malas Mandi

penyebab ketiak hitam dan gatal

Mandi merupakan aktivitas yang harus dilakukan untuk menghilangkan bakteri menumpuk pada tubuh setelah seharian beraktivitas. Termasuk pada ketiak yang banyak menghasilkan keringat. Pada akhirnya kamu yang jarang mandi akan menimbulkan penyakit kulit.

5. Infeksi Jamur atau Bakteri Pada Kulit Ketiak

penyebab ketiak hitam dan gatal

Kulit ketiak menjadi bagian yang ideal bertumbuhnya bakteri dan infeksi jamur. Bakteri dan jamur akan berkembang pesat pada ketiak yang jarang dibersihkan. Penggunaan baju yang longgar atau tanpa lengan menjadi salah satu cara menghindari ketiak hitam dan gatal. Bisa juga dengan menggunakan sabun antibakteri.

6. Deodoran yang Mengandung Alkohol

penyebab ketiak hitam dan gatal

Kandungan alkohol yang terkandung pada deodoran juga menjadi faktor rasa gatal dan iritasi pada ketiak. Sebaiknya hati-hati memilih deodoran yang cocok untuk kulit ketiak kamu. Pilihlah deodoran dengan bahan yang diformulasikan pada kulit ketiak sensitif. Bisa juga memilih deodoran untuk ketiak gatal dan dengan bahan alami.

7. Kurang Memberikan Kelembaban

penyebab ketiak hitam dan gatal

Kulit ketiak yang kusam dan kering didapatkan dari kegiatan mencukur, waxing, dan eksfoliasi. Penting untuk kamu menjaga kelembapan dan produksi keringat yang berlebih pada ketiak.

Baca Juga: Cara Waxing Sendiri dengan Benar, Hati-hati Iritasi!

8. Acanthosis Nigricans atau Penyakit Lainnya

penyebab ketiak hitam dan gatal

Acanthosis nigricans adalah keadaan lipatan kulit ketiak menjadi gelap dan tebal. Keadaan ini sering dijumpai pada orang yang mempunyai penyakit diabetes, pengguna kontrasepsi oral, hipotiroidisme, atau mengidap penyakit Addison. Ketiak hitam dan gatal bisa terjadi karena penyakit scabies, neurodermatitis, eksim, dan penyakit lainya.

Ternyata banyak penyebab ketiak hitam dan gatal yang harus kamu ketahui ya Marshalova. Jika sudah terlanjur gatal, jangan digaruk agar tidak iritasi dan masalah serius lainnya muncul.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.