Penyebab Kuku Kuning dan Rusak Beragam, Ketahui Jangan Biarkan
Nails

Penyebab Kuku Kuning dan Rusak Beragam, Ketahui Jangan Biarkan

Penyebab kuku kuning dan rusak menjadi salah satu hal yang harus kita ketahui. Faktanya mempunyai kuku yang kuning dapat menyebabkan kurangnya rasa percaya diri kita. Kuku yang kuning juga bisa menjadi pertanda penyakit.

Pada kenyataannya juga bukan hanya penyakit pada kuku. Tetapi penyakit tersebut merupakan penyakit yang serius yang terjadi di dalam tubuh. Kuku kuning bisa terjadi pada berbagai macam kondisi. Mulai dari yang sederhana saja seperti halnya pada masalah perawatan kuku sampai pada sindrom langka yang memang cukup rumit.

Namun keluhan mengenai kuku yang kuning ini bisa hilang apabila diatasi. Walaupun begitu, masih banyak sebagian dari kita yang tidak mengetahui apa saja yang menjadi penyebab rusaknya kuku tersebut. Apakah Marshalova pernah mengalaminya? Kuku kuning juga bisa disebabkan karena faktor genetik.

Tidak hanya bisa terjadi pada kuku tangan saja melainkan juga akan terjadi pada kuku kaki. Terkadang kuku yang kuning itu karena kesalahan kita sendiri. Namun seringkali kita tidak menyadari akan hal tersebut.

Beberapa Penyebab Kuku Kuning dan Rusak

Perlu Marshalova ketahui, kuku yang sehat umumnya mempunyai warna yang putih bening. Selain itu, juga terdapat sedikit warna merah muda. Seringkali kita dikeluhkan dengan kuku yang berwarna kuning. Hal tersebut memang menjadi salah satu masalah kuku.

Walaupun tidak membahayakan, terkadang hal tersebut menjadi pertanda bahwa kamu terindikasi masalah kesehatan. Supaya kita dapat mengetahui penyebab lebih jelasnya mengapa kuku yang kuning dan rusak bisa terjadi, berikut ini penjelasan serta informasi lebih lengkapnya.

Sering Memakai Cat Kuku

Penyebab Kuku Kuning dan Rusak

Untuk sebab tumbuhnya kuku kuning dan rusak yang pertama adalah karena terlalu sering menggunakan cat kuku. Sekarang ini kutek ataupun cat kuku juga menjadi salah satu trend tersendiri. Namun terlalu sering menggunakannya, terlebih lagi yang berwarna gelap, justru menjadi penyebab kuku akan kuning.

Mungkin, kamu tidak perlu khawatir karena aku yang kuning itu sebenarnya tidak berbahaya. Hanya saja disebabkan karena zat pewarna yang terdapat pada kutek yang berinteraksi dengan keratin kuku kemudian masuk ke enamel.

Hal itulah yang menjadi penyebab kuku menguning. Selain itu, cairan yang berguna untuk menghapus cat kuku ataupun aseton juga menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Penyebab Kuku Kaki Kuning yang Mengganggu Penampilan

Rokok

Penyebab Kuku Kuning dan Rusak

Tanpa disadari, ternyata kebiasaan merokok itu juga menjadi penyebab kuku menjadi rusak juga kuning. Mungkin selama ini Karsalova hanya paham bahwa merokok itu hanya akan membahayakan kesehatan tubuh. Karena memang peringatan yang terdapat di bungkus rokok tidak menjelaskan bahwa rokok itu akan menjadi penyebab kerusakan kuku.

Padahal kandungan nikotin dan tar yang terdapat pada rokok apabila menodai jari serta kuku akan menimbulkan perubahan warna. Para perokok yang berhenti merokok secara tiba-tiba, mungkin juga akan mengalami kondisi yang disebut harlequin nails. Merupakan kondisi ketika penampilan sekolah separuh kotor.

Sindrom

Selanjutnya penyebab kuku kuning dan rusak adalah karena sindrom kuku kuning. Meskipun penyebab ini sekarang terjadi, tetapi hal yang demikian ini merupakan fakta. Walaupun sedang kuku kuning merupakan satu kondisi yang langka yang dapat mempengaruhi kuku kaki dan tangan. Kondisi ini bisa terjadi secara acak dan faktor keluarga.

Perlu kamu ketahui bahwasannya para penderita sindrom kuku kuning juga berpotensi mengalami limfedema. Apa itu limfedema? Merupakan pembengkakan tangan, sinusitis kronis, serta masalah pernapasan. Banyak juga yang mengaitkan hal ini dengan penyakit kanker.

Baca Juga: Perawatan Setelah Cabut Kuku Agar Tidak Terjadi Infeksi Lebih Parah

Infeksi Jamur

Tidak hanya itu saja, karena infeksi jamur juga menjadi penyebab rusaknya kuku kritik ketika jamur sudah menyerang kuku, entah itu kuku tangan ataupun kuku kaki akan berubah menjadi tebal dan terdapat tumpukan kotoran yang berada di bawahnya. Hal inilah yang menjadi penyebab kuku menguning.

Orang yang tinggal pada cuaca lembab umumnya rentan mengalami infeksi jamur kuku. Selain karena jamur kuku kekurangan nutrisi juga menjadi penyebabnya. Pada beberapa kasus kekurangan nutrisi juga akan mempengaruhi pertumbuhan kuku. Jadi, dengan begitu penyebab kuku kuning dan rusak itu beragam.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.