Penyebab Kuku Menguning, Harus Kamu Waspadai Mulai Sekarang!
Nails

Penyebab Kuku Menguning, Harus Kamu Waspadai Mulai Sekarang!

Sebenarnya penyebab kuku menguning ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kurang perawatan atau tanda suatu penyakit. Kuku kuning ini sering kali sangat mengganggu penampilan dan pastinya membuat Marshalova menjadi tidak percaya diri.

Padahal terkadang penyebab kuku kuning ini bisa karena terlalu sering menggunakan kutek, atau juga bisa terjadi karena adanya infeksi jamur. Namun terkadang kuku kuning ini juga bisa menjadi tanda adanya masalah serius yang mungkin terjadi dalam tubuh kamu.

Penyebab Kuku Menguning yang Harus Kamu Waspadai Mulai Sekarang

penyebab kuku menguning

Namun sebenarnya seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kuku juga akan lebih mudah mengalami perubahan warna. Namun tetap saja masalah kuku kuning ini juga tidak bisa diabaikan. Hal ini perlu diwaspadai dan dicari penyebabnya.

Ada beberapa penyebab kuku berubah warna menjadi kuning mulai dari usia, penyakit, hingga kesalahan dalam perawatan kuku. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa penyebab yang sering terjadi dan mengakibatkan kuku berubah warna menjadi kuning.

Masalah pada Paru-Paru

Penyebab kuku menjadi kuning pertama bisa disebabkan karena adanya masalah pada paru-paru kamu. Hal ini bisa terjadi karena adanya akumulasi cairan pada selaput yang mengelilingi paru-paru, dan hal ini menyebabkan terjadinya pleura atau adanya cairan pada rongga dada.

Biasanya kondisi ini tidak hanya ditandai dengan perubahan warna kuku menjadi kuning saja, namun juga diiringi sesak nafas, batuk, dan nyeri dada. Selain itu juga bisa terjadi diiringi masalah pernafasan lainnya seperti infeksi paru-paru, makanya hal ini perlu diwaspadai.

Baca Juga :Mau Kuku Selalu Sehat Kuat? Ini Cara Merawat Kuku Agar Tidak Mudah Patah

Faktor Genetik

Faktor genetik juga bisa menjadi penyebab kuku berubah warna menjadi kuning, hal ini biasanya terjadi karena kelainan pada genetik primer manusia. Bahkan beberapa kasus sudah ditemukan dalam keluarga dan hal ini mungkin terjadi karena peran faktor genetik.

Kurang Asupan Vitamin dan Mineral

Kekurangan asupan vitamin dan mineral juga bisa menjadi penyebab kuku menguning, hal ini tentunya harus selalu diperhatikan. Jika kuku tetap menguning setelah dibersihkan ini bisa menjadi tanda bahwa kurangnya asupan vitamin yang masuk pada tubuh.

Jika Marshalova mengalami hal ini sebaiknya segera konsumsi makanan dan suplemen multivitamin agar kebutuhan vitamin terpenuhi. Mengingat vitamin sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, maka kita harus selalu menjaga agar asupan vitamin terpenuhi.

Infeksi Jamur

Salah satu penyebab kuku yang menguning dan sering terjadi saat kuku berubah warna menjadi kuning adalah adanya infeksi jamur. Hal ini biasanya juga ditandai dengan kuku kuning dan kulit bawah kuku yang menebal dan jika dibiarkan bisa menyebabkan kuku lepas.

Makanya agar kuku tidak terkenal infeksi jamur dan menguning kamu harus selalu rajin membersihkannya. Selain itu selalu perhatikan kebersihan alat-alat yang digunakan untuk membersihkan kuku. Sehingga kuku kamu terhindari dari kotoran yang bisa menyebabkan timbulnya jamur.

Sering Menggunakan Cat Kuku

Penyebab kuku berubah warna menjadi kuning ini juga bisa terjadi akibat terlalu sering menggunakan cat kuku, hal ini disebabkan karena pigmen warna terserap pada kuku. Makanya kamu jangan menggunakan cat kuku terlalu sering, sebaiknya beri jeda waktu paling tidak seminggu agar kuku bisa beristirahat.

Baca Juga :Beberapa Tips Mengatasi Penyakit Kuku Psoriasis Agar Tidak Bertambah Parah

Diabetes dan Kanker Kulit

Kuku kuning juga bisa disebabkan karena adanya masalah serius yang terjadi pada tubuh kamu, seperti penyakit tertentu. Penyebab kuku menguning ini bisa terjadi karena tiroid, psoriasis, serta diabetes, bahkan hal ini juga bisa disebabkan karena adanya kanker kulit.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.