Penyebab Kuku Tangan dan Kaki Bergelombang, Serta Cara Mengatasinya
Nails

Penyebab Kuku Tangan dan Kaki Bergelombang, Serta Cara Mengatasinya

Seperti yang kita tahu bahwa kuku bisa mengindikasikan suatu penyakit. Jika terjadi permasalahan pada kuku berarti ada suatu masalah juga pada kesehatan kamu, termasuk jika kuku bergelombang. Ladies, kira-kira apa penyebab kuku bergelombang dan bagaimana cara mengatasinya? 

Kuku bergelombang merupakan gangguan pada kuku yang terjadi karena berbagai faktor. Seperti yang sudah disebutkan di awal, kondisi gelombang pada kuku ini bisa mengindikasikan masalah kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulai tanda penuaan dini, masalah psikologis, gangguan organ dalam, hingga masalah kesehatan seperti ginjal dan diabetes. Indikasi ini setidaknya membuat kamu lebih menjaga kesehatan serta asupan makanan/minuman dalam tubuh agar tidak semakin parah.

Penyebab Kuku Bergelombang Vertikal dan Horizontal

Sebelum menganalisanya, perhatikan lagi arah gelombang pada kuku kaki atau tangan kamu, apakah secara horizontal atau vertikal? Masing-masing bentuk gelombang, beserta perubahan lannya seperti bentuk, warna dan kondisi menggambarkan gangguan pada tubuh yang berbeda pula. Berikut penjelasannya seperti yang dilansir dari berbagai situs medis terpercaya.

Kuku Bergelombang Vertikal

Penyebab kuku bergelombang secara vertikal adalah masalah penuaan. Usia yang semakin bertambah menyebabkan proses pergantian di sel tubuh yang melambat, termasuk sel kulit yang ada di bawah kuku. Sehingga tekstur kulit di bawah kuku tidak merata karena banyak bagian yang tidak terisi sel-sel baru akibat melambatnya proses regenerasi tadi. Jadi, permukaan kuku pun tidak rata dan bergelombang.

Selain itu, ada berbagai penyakit lain yang terindikasi dari kuku bergelombang vertikal antara lain:

  1. Anemia: Biasanya juga disertai dengan cekungan seperti sendok. Kuku pun lebih rapuh dan mudah patah.

  2. Trachyonychia: Biasanya gelombang vertikal yang satu ini terjadi pada kaki. Tekstur kaki akan menjadi kasar, bergerigi dan berlubang. Kondisi ini erat kaitannya dengan gangguan penyakit kulit.

  3. Onychorrhexis: Merupakan kondisi pada kuku bergelombang vertikal yang disertai dengan perubahan tekstur yang rapuh dan warna kuku, serta terjadi pula pengelupasan kulit di sekitar kuku. Hal ini disebabkan oleh paparan bahan kimia yang berlebihan dari produk makeup kuku seperti kutek, sabun, deterjen atau lainnya.  

  4. Penyakit pembuluh darah perifer: Kuku bergelombang secara vertikal merupakan tanda adanya masalah sirkulasi darah yang buruk. Ini bisa diakibatkan oleh kekurangan oksigen dan nutrisi pada kuku, sehingga tumbuh lambat tidak sempurna, sehingga kukupun membentuk gelombang.

  5. Rheumaoid Arthritis: Merupakan istilah medis penyakit reumatik. Peradangan karena reumatik ini akan menjalar ke area pangkal kuku sehingga menyebabkan kuku bergelombang.

Kuku Bergelombang Horizontal

Ladies, untuk masalah kuku bergelombang secara horizontal ternyata mengindikasikan penyakit yang lebih serius. Disebut juga sebagai Beau's Line, gelombang pada kuku dibentuk oleh garis yang dalam yang disertai garis lain yang muncul bersamaan pada kuku.

Kamu perlu mewaspadai, kuku bergelombang horizontal ini bisa jadi tanda keracunan arsenik yang secara tidak sengaja memapar kamu saat beraktivitas atau bekerja.  Selain itu, gelombang kuku horizontal ini mengindikasikan beberapa penyakit, seperti:

  1. Gangguan Tiroid: Disertai pula dengan jari yang bengkak, kulit sekitar kuku yang menebal, dan bentuk gelombang kuku yang cenderung melengkung. Keadaan kuku bergelombang horizontal seperti ini merupakan tanda gangguan tiroid.

  2. Diabetes: Gelombang pada kuku disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk, cedera yang tidak disadari karena saraf rusak akibat diabetes, hingga infeksi jamur akibat kadar glukosa dalam darah yang tinggi.

  3. Penyakit Ginjal: Perubahan pada kuku dipicu dari komplikasi hypoalbuminemia yang merupakan rendahnya kadar albumin dalam darah sehingga menyebabkan tekstur rapuh dan gelombang pada kuku.

  4. Campak dan Demam Berdarah: Gelombang horizontal pada kuku merupakan tanda bahwa kamu sedang mengalami demam tinggi, campak atau demam berdarah.

  5. Subungual Melanoma ini merupakan kanker kulit yang terjadi pada kulit di bawah kuku. Penyakit ini bisa menyerang kuku tangan ataupun kuku kaki, sehingga bentuk dan warna pada kuku tersebut pun berubah.

Cara Mengatasi Kuku Bergelombang

Kuku bergelombang atau yang permukaannya tidak rata tidak selalu harus diobati selama keadaan gelombangnya masih tergolong ringan. Namun, jika lekukan kuku semakin dalam atau kondisinya sudah semakin parah, maka kamu harus segera mengatasinya.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi kuku bergelombang, terlebih dahulu kamu harus mengetahui penyebabnya. Contohnya ketika kerusakan kuku diakibatkan oleh diabetes, berarti kamu harus mengurangi kadar gula dengan menjaga asupan makanan. 

Ada baiknya kamu juga berkonsultasi ke dokter agar gelombang pada kuku dan penyakit yang menyertainya tidak semakin parah. Rawat kuku dengan baik dengan memotongnya secara rutin, dan hilangkan pula kebiasaan buruk yang menyebabkan kuku rusak dan bergelombang seperti menggigit kuku atau menggunakan sepatu yang terlalu sempit.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.