Penyebab Kulit Kepala Terasa Gatal dan Cara Mengatasinya, Cek Disini!
Hair

Penyebab Kulit Kepala Terasa Gatal dan Cara Mengatasinya, Cek Disini!

Marshalova, kulit kepala terasa gatal yang tak kunjung menghilang sering dikaitkan dengan ketombe. Namun ada juga yang sudah berulang kali keramas, gatal di kepala tak kunjung sembuh. Tahukah Girls, bahwa penyebab rasa gatal tersebut tak selalu datangnya karena ketombe tapi beberapa faktor yang bersifat serius.

Marsha Beauty akan membuktikan bahwa faktanya tidak selalu demikian. Banyak faktor yang memicu adanya rasa gatal termasuk penyakit tertentu. Cari tahu penyebabnya disini!

Ketahui Penyebab Kulit Kepala Terasa Gatal Hingga Cara Mengatasinya

Kulit Kepala Terasa Gatal

Jangan tunda lagi Girls! Berbagai keluhan dapat diketahui penyebabnya. Simak ya.

Frekuensi Keramas

Tahukah Girls, jika terlalu sering atau jarang keramas bisa memicu rasa gatal di kulit kepala. Pada dasarnya keramas dapat menjaga rambut tetap sehat dan bersih sehingga terbebas dari masalah kulit kepala.

Sudah saatnya Marshalova memperhatikan frekuensi keramas ya. Jika terlalu jarang dapat memicu kotoran, minyak menumpuk dan sebum. Itulah kenapa kita selalu berketombe.

Tapi perlu diingat, terlalu sering juga membuat kulit kepala menjadi kering. Sehingga menjadi ketombe. Marsha Beauty menyarankan sebaiknya keramaslah 2 hingga 3 hari sekali ya girls. Sesuaikan kebutuhan dan jenis rambut.

Dermatitis Seboroik

Dermatitis Seboroik adalah gangguan kulit kepala sehingga menyebabkan bersisik, gatal kemerahan dan ketombe. Penyebabnya memang belum diketahui secara pasti, Girls.

Namun ada faktor yang dapat meningkatkan risiko ini seperti kulit kepala berminyak, pertumbuhan jamur, peningkatan hormon androgen dan keturunan.

Gangguan kulit kepala terasa gatal ini merupakan versi ketombe yang lebih parah. Pemicunya bisa karena stress, ketahanan tubuh rendah dan zat lain yang Marshalova pakai.

Kutu Rambut

Nah Girls, penyebab kulit kepala terasa panas dan gatal adalah kutu rambut. Hewan kecil ini menimbulkan rasa gatal yang tak pernah usai.

Kutu rambut ini memberikan sensasi yang tidak nyaman efek dari berjalan atau merayap di kepala. Oleh karena itu harus segera dibasmi untuk menghilangkannya.

Baca Juga :Perawatan Kulit Kepala Mudah yang Bisa Dilakukan di Rumah, Yuk Cobain!

Psoriasis

Selanjutnya adalah penyakit kulit kronis. Terjadi saat sel kulit tumbuh terlalu cepat dan membentuk bercak tebal serta kemerahan girls. Kulit kepala merah yang ditutup serpihan berwarna perak.

Psoriasis ini menyebabkan batang rambut tertutup ketombe yang menempel. Jika dikorek akan berdarah. Bahkan parahnya dapat menyebar hingga keluar garis rambut dan menimbulkan rasa sakit dikepala dan gatal.

Kurang Bersih Setelah Perawatan

Marshalova yang sering melakukan perawatan rambut, sebaiknya lakukan keramas hingga bersih. Baik busa, kondisioner dan perawatan lainnya yang tidak bersih secara tuntas maka dapat memicu rasa gatal kulit kepala.

Produk yang menumpuk di kulit kepala ditambah polusi dan minyak alami kulit maka menyebabkan masalah kulit kepala mulai dari gatal hingga perih. Jadi bersihkan secara tuntas ya girls.

Baca Juga :5 Rekomendasi Produk Pelembab Kulit Kepala Kering Paling Ampuh

Dermatitis Kontak

Iritasi pada kulit kepala? Duh tentu marshalova tak mau bukan! Dermatitis kontak ini adalah iritasi pada kulit kepala yang terjadi akibat bahan kimia produk perawatan.

Seperti kosmetika rambut, obat perawatan salon yang tidak cocok dengan kulit kepala. Kontak dengan bahan kimia yang bertolak belakang dengan kulit marshalova tentu memicu masalah kulit. So, pilih produk secara tepat dan aman ya Girls.

Cara Mengatasi Gatal Kulit Kepala

Kulit Kepala Terasa Gatal

Pertama Marshalova dapat menggunakan obat kutu rambut jika penyebabnya adalah kutu rambut. Sedangkan mengatasi gatal ketombe biasa bisa menggunakan shampo anti gatal atau membeli obat gatal kulit kepala di apotik untuk menghilangkannya.

Sementara itu, bagi Marshalova yang mengalami rasa gatal karena dermatitis kontak atau seboroik maka sebaiknya hindari produk perawatan rambut yang memicu alergi.

Pada kulit kepala yang meradang dapat diatasi dengan cuka apel. Kandungan antibakteri, antijamur, dan anti radang pada cuka apel dapat membantu mengurangi rasa gatal di kepala. Marshalova, inilah penyebab kulit kepala terasa gatal dan cara mengatasinya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.