Penyebab Terlalu Sering Bersendawa, Waspada Ini Dia Penyebabnya!
Lifestyle

Penyebab Terlalu Sering Bersendawa, Waspada Ini Dia Penyebabnya!

Jika Marshalova terlalu sering bersendawa, bisa jadi hal ini menandakan kamu sedang mengalami masalah serius seperti penyakit tertentu. Memang sendawa merupakan hal yang lumrah terjadi, apalagi ketika setelah makan atau minum, namun hal ini terkadang mengganggu kenyamanan.

Apalagi jika terjadi terlalu sering, hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor bukan hanya masuk angin saja yang menjadi penyebab sering bersendawa. Karena beberapa penyakit medis tertentu juga menjadi alasan kamu sering bersendawa.

Penyebab Terlalu Sering Bersendawa

Wajib bagi kamu untuk mengetahui apa yang menjadi alasan terlalu sering bersendawa, agar kamu bisa segera mengatasi kondisi ini. Jangan sampai kamu malah membiarkannya dan ternyata yang membuat kamu sering bersendawa adalah karena mengalami penyakit serius.

Dari dunia kesehatan sendiri, sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat kamu sering mengalami sendawa. Nah, lebih jelasnya berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kamu sering bersendawa yang harus kamu ketahui.

Baca Juga :Tubuh Tetap Fit Sepanjang Hari, Begini Cara hidup Sehat dan Awet Muda!

Kebiasaan Makan yang Salah

terlalu sering bersendawa

Terlalu sering bersendawa bisa disebabkan oleh kebiasaan makan yang salah, sendawa ini timbul akibat udara yang masuk saat makan atau minum. Untuk menghindari hal ini sebaiknya minimalisir makan dengan berbicara dan makan terlalu cepat.

Makanya kamu sebaiknya makan atau minum dengan mulut tertutup, hal ini untuk mencegah adanya udara yang masuk dan menyebabkan sendawa. Untuk itu adakalanya perbaiki kebiasaan makan, jangan makan sambil bicara atau makan terlalu cepat.

Mengonsumsi Makanan Tertentu

terlalu sering bersendawa

Selain kebiasaan makan yang salah, sendawa juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu. Misalnya sering minum alkohol atau makanan yang tinggi pati dan gula serta serat yang menyebabkan gas.

Selain itu, sayuran seperti brokoli dan buah seperti pisang juga bisa menjadi sebab kita sering bersendawa. Bahkan beberapa makanan yang terbuat dari kacang-kacangan juga bisa menjadi penyebab kita sering bersendawa.

Mengonsumsi Obat-Obatan

terlalu sering bersendawa

Terlalu sering bersendawa ini juga bisa disebabkan karena kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya ibuprofen, obat diabetes, aspirin, naproxen, dan obat-obatan lainnya jika kamu sering bersendawa bisa jadi disebabkan oleh hal ini.

GERD

terlalu sering bersendawa

Sendawa biasanya terjadi sebagai respon adanya ketidaknyamanan pada perut, misalnya jika kamu sedang mengalami GERD. Kondisi ini merupakan kondisi di mana asam lambung kamu naik hingga kerongkongan sehingga menyebabkan kamu sering bersendawa.

Nah, jika kamu sering bersendawa dan timbulnya rasa tidak nyaman pada perut hingga dada bisa jadi hal ini menjadi pertanda kamu sedang mengalami GERD. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya segera konsumsi obat yang bisa menurunkan asam lambung. Karena jika dibiarkan hal ini cukup berbahaya.

Gastroparesis

terlalu sering bersendawa

Hal ini terjadi akibat otot-otot di dinding perut melemah, hal ini biasanya sering ditandai dengan mual, muntah, dan cepat merasa kenyang. Kondisi ini sebenarnya dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya seperti kerusakan saraf pengatur gerakan otot lambung.

Kerusakan ini biasanya juga dipicu oleh beberapa hal seperti diabetes atau operasi, jika Marshalova mengalami hal ini maka segera atasi. Agar masalah ini tidak menimbulkan masalah lainnya yang akan memperparah kondisi kamu. Makanya kamu bisa mengkonsultasikan kepada dokter atau minum obat tertentu untuk mengatasinya.

Baca Juga :Inilah Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang Bisa Dilakukan

Gastritis

terlalu sering bersendawa

Penyebab sering sendawa selanjutnya adalah adanya penyakit gastritis dalam tubuh kamu. Penyakit ini merupakan gangguan yang terjadi menyebabkan peradangan pada lambung. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Terlalu sering bersendawa ini bisa terjadi karena beberapa masalah, misalnya adanya infeksi bakteri sehingga mengkonsumsi beberapa obat-obatan seperti autoimun.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.