Perawatan Rambut Keriting Agar Tetap Sehat dan Tidak Kusut
Hair

Perawatan Rambut Keriting Agar Tetap Sehat dan Tidak Kusut

Melakukan perawatan rambut keriting memang agak mudah dan sulit ya. Cara merawatnya pun harus dilakukan secara rutin dan teratur. Rambut keriting memang akan membuat tidak percaya diri dan penampilan akan terlihat buruk. Selain tidak membuat penampilan bagus, rambut keriting akan mudah kusut, bercabang, bahkan masalah rambut lainnya.

Perawatan Rambut Keriting Agar Tetap Sehat, Ikuti Langkah dan Caranya Disini

Perawatan rambut tipe seperti ini berbeda dengan perawatan rambut halus atau lurus. Rambut keriting akan mudah terkena masalah rambut. Mulai dari kilauan rambut mudah hilang, rambut bergelombang atau bercabang, bahkan munculnya ketombe banyak.

Rambut keriting ini akan lebih kering sehingga lebih mudah kusut dan lepek. Semakin keritingnya rambut, maka akan besar pula potensi kekeringannya. Hal ini karena sebelumnya akan lebih sulit menempel pada batang rambut.

Khusus untuk rambut kering, kelembaban rambut harus dipertahankan. Karena rambut jenis ini akan mudah mengalami kekeringan dan lepek. Agar hal itu tidak terjadi lakukan saja cara-cara di bawah ini.

Pilih Shampo Sesuai Tipe Rambut

perawatan rambut keriting

Cara merawat rambut keriting pertama yaitu menggunakan shampo sesuai jenis rambut, salah satunya untuk rambut kering. Agar rambut tidak mudah lepek dan kusut pilihlah kandungan shampo tanpa deterjen. 

Detergen ini akan membuat peningkatan sebum dan kotoran pada kulit kepala. Shampo dengan kandungan detergen biasanya akan tertulis di dalam produk "bebas sulfat atau SLS".

Gunakan Conditioner atau Pelembab Rambut

perawatan rambut keriting

Conditioner atau pelembab rambut akan membantu mengembalikan kelembutan pada rambut usai penggunaan shampo. Gunakan conditioner mulai dari batang hingga ujung rambut, lalu diamkan selama beberapa menit. Pilih conditioner mengandung vitamin E atau Shea Butter agar rambut keriting tidak kusut.

Baca juga: merk-creambath-untuk-rambut-rontok-wajib-diketahui

Lakukan Teknik Scrunch

perawatan rambut keriting

Perawatan rambut keriting agar lembut dan sehat selalu yaitu lakukan teknik scrunch. Sehabis keramas, flip rambut ke arah depan lalu lakukan gerakan meremas atau dikenal dengan scrunch. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan natural curly pada rambut.

Gunakan Vitamin Rambut

perawatan rambut keriting

Menggunakan vitamin rambut menjadi hal dasar dan utama agar rambut tetap sehat dan berkilau. Untuk rambut keriting sendiri, pilih dan gunakan vitamin dengan kandungan ekstrak vitamin E. Hal ini karena rambut keriting sangat membutuhkan kelembaban tinggi.

Jangan Terlalu Sering Keramas

perawatan rambut keriting

Shampo memang diformulasikan khusus untuk membersihkan minyak berlebih di bagian kulit kepala. Namun apabila dalam penggunaannya setiap hari, maka akan menimbulkan efek negatif pada rambut dan tentunya kulit kepala. Rambut keriting sebenarnya akan lebih rentan mengalami kekeringan, sehingga sangat tidak disarankan untuk melakukan keramas setiap hari.

Keringkan Rambut Secara Perlahan

perawatan rambut keriting

Mengeringkan rambut keriting dengan cara menggosok-gosokkan memakai handuk pada kulit kepala akan membuat mudah patah dan rambut menjadi kusut. Keringkan rambut dengan menggunakan handuk katun dengan cara ditekan secara perlahan agar menyerap kelebihan air. Setelah itu, sisir rambut perlahan agar rambut tidak mudah rontok.

Baca juga: rebonding-rambut-tahan-berapa-lama-ikuti-tips-berikut

Rutin Menggunakan Hair Mask

perawatan rambut keriting

Agar perawatan rambut maksimal jangan lupa untuk menggunakan hair mask seminggu dua kali. Hair mask berfungsi untuk menutrisi dan melembutkan rambut. Jika ingin menggunakan setiap keramas, hanya aplikasikan di bagian ujung rambut saja. Masker rambut keriting bisa membuat menjadi rambut lebih lembut dan berkilau.

Marshalova sudah tahu bukan melakukan perawatan rambut keriting dengan benar dan tepat. Lakukan cara di atas dan pastikan jangan melewatkan satu cara agar hasilnya lebih maksimal.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.