Perbedaan Deodoran dan Antiperspiran, Serupa Tapi Tak Sama
Body

Perbedaan Deodoran dan Antiperspiran, Serupa Tapi Tak Sama

Padatnya aktivitas yang dilakukan Marshalova tentu kerap membuat badan banjir keringat dan bermasalah dengan bau badan. Tentu hal ini bukan kondisi bagus terlebih jika kamu harus berinteraksi dengan banyak orang. Adapun deodoran dan antiperspiran menjadi produk yang kerap diandalkan untuk mengatasi bau badan. Meski terlihat mirip, ternyata deodoran dan antiperspiran itu berbeda lho. Apa beda deodoran antiperspiran? Yuk simak lebih lanjut!

Deodoran antiperspiran dan alasan menggunakannya

deodoran antiperspiran

Meski diklaim berbeda, setidaknya ada persamaan antara deodoran dan antiperspiran. Yaitu alasan dibalik mengapa orang-orang menggunakan kedua produk tersebut. Alasan pertama karena produksi keringat berlebih misal saat beraktivitas berat. Deodoran ataupun antiperspiran kerap diaplikasikan pada tempat paling berkeringat seperti ketiak misalnya dengan tujuan mengurangi produksi keringat.

Alasan lainnya karena bau badan tak sedap. Keringat sebenarnya tidak memiliki bau menyengat. Namun, adanya bakteri di kulit yang bercampur dengan keringat menyebabkan timbulnya bau tidak sedap. Pada kondisi ini deodoran ataupun antiperspiran sering digunakan. Lantas apa yang menjadi perbedaan keduanya? Tak perlu bingung, Marsha Beauty akan mengupas beda deodoran dengan antiperspiran secara tuntas.

Baca juga : Rekomendasi Deodoran untuk Menghilangkan Bau Ketiak secara Permanen

Beda Deodoran Antiperspiran, Meski Serupa Ternyata Tak Sama

deodoran antiperspiran

Berikut ini beberapa perbedaan deodoran antiperspiran, diantaranya yaitu:

Klasifikasi Jenis Deodoran dan Antiperspiran

Menurut pengklasifikasian yang dilakukan FDA atau Food and Drug Administration, deodoran termasuk produk kosmetik. Deodoran pada umumnya diformulasikan dalam wujud padat, cair, atau aerosol dan mengandung aroma wangi tertentu yang mampu menutupi bau badan tidak sedap.

Berbeda dengan antiperspiran. Antiperspiran bukan produk kosmetik, tetapi termasuk jenis obat-obatan. Lebih tepatnya produk yang diformulasikan untuk mencegah atau mengobati suatu penyakit, atau memberi pengaruh pada struktur dan fungsi tubuh.

Kandungan Deodoran dan Antiperspiran

Dari segi kandungannya deodoran terlihat beda dengan antiperspiran. Deodoran memiliki bahan dasar alkohol yang memberikan efek sensasi suasana asam pada kulit. Hal ini tidak lain untuk menciptakan lingkungan yang tidak nyaman bagi bakteri. Pada deodoran biasanya juga ditambah parfum untuk membantu menutup bau badan.

Sementara antiperspiran memiliki bahan dasar aluminium. Bahan dasar tersebut memiliki peran utama menghalau kelenjar keringat untuk sementara waktu. Sehingga keringat tidak bisa sampai ke permukaan kulit. Bila demikian tentu keringat tidak akan bercampur dengan bakteri yang menjadi awal munculnya bau badan.

Baca juga : Berkeringat Setelah Pakai Deodoran Ketiak Basah Cek 5 Penyebabnya!

Fungsi Deodoran dan Antiperspiran

Ditinjau dari fungsinya, deodoran berfungsi meminimalisir bau tidak sedap yang disebabkan bakteri yang bercampur keringat. Bisa juga dikatakan penggunaannya hanya untuk mengurangi bau dan tidak bisa untuk menghilangkan keringat atau perspirasi.

Lain halnya dengan antiperspiran, dari namanya bisa diketahui gabungan dari kata anti dan perspirant. Dari segi bahasa berarti anti keringat dan memang benar antiperspiran berfungsi mengurangi jumlah keringat berlebih.

Cara Kerja yang Berbeda Antara Deodoran dan Antiperspiran

Tujuan penggunaan deodoran dan antiperspiran sebenarnya sama, yaitu untuk mengurangi bau badan. Meski demikian, cara kerja keduanya nyata berbeda. Produk deodoran mengurangi bau badan dengan cara meningkatkan keasaman kulit agar bakteri tidak tumbuh semakin subur. Sementara, antiperspiran mengurangi bau badan dengan mengurangi jumlah keringat.

Mengingat tujuannya yang sama, kamu bisa memilih salah satu produk untuk memerangi bau badan. Pastikan disesuaikan dengan kondisi kamu ya. Namun, jika sudah memungkinkan untuk mandi jelas lebih baik mandi seperlu membersihkan badan secara menyeluruh sekaligus mengusir bau badan tidak sedap.

Itulah beberapa perbedaan deodoran antiperspiran, sekarang sudah cukup jelas kan, Marshalova? Semoga bermanfaat ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.