Perbedaan Primer dan Pelembab, Pemula Wajib Tahu Agar Tidak Salah Menggunakan
Skincare

Perbedaan Primer dan Pelembab, Pemula Wajib Tahu Agar Tidak Salah Menggunakan

Perbedaan primer dan pelembab ini tentu harus diketahui agar tidak menimbulkan efek samping ketika menggunakannya. Primer sendiri merupakan dasar dari segala penggunaan make up terutama foundation dan cushion. 

Sedangkan untuk pelembab adalah skincare atau cream yang fungsinya untuk melembabkan kulit wajah. Namun perbedaan bukan hanya itu saja, melainkan juga bisa dilihat dari segi jenis produk dan penggunaanya.

Inilah Perbedaan Primer dan Pelembab yang Harus Diketahui

Marshalova sering menggunakan skincare rutin, namun apakah sudah tahu perbedaan primer dengan pelembab make up? Nah, keduanya memang fungsinya sama untuk membuat kulit wajah cantik dan indah. Namun ternyata keduanya mempunyai perbedaan lho.

Memang sih jika tidak ada kedua make up tersebut hasil wajah tidak akan cantik dan terawat. Maka dari itu, bagi para pemula harus tahu terlebih dahulu manfaat dan fungsi dari masing-masing primer atau bahkan pelembab. 

Nah, agar tidak bingung membedakan keduanya, Marsha Beauty akan memberikan beberapa perbedaan dari keduanya.

Kandungan

Perbedaan primer dan pelembab

Cara membedakan primer dan pelembab ini dimulai dari kandungan di dalamnya. Sebagian besar produk skincare primer mempunyai kandungan hyaluronic acid untuk menjaga kelembaban kulit. Bukan hanya itu saja, melainkan primer juga mengandung dimethicone untuk memberikan efek kulit halus pada seluruh wajah. 

Sementara untuk pelembab mengandung emolien, humektan, oklusif, dan bahan-bahan aktif lain. Manfaat dan tujuan kandungan pelembab untuk mengatasi masalah kulit tetentu. Keduanya memang merupakan sebagai bahan dasar make up yang tidak boleh ditinggalkan.

Baca juga: 5-cara-membuat-shading-hidung-terlihat-lebih-mancung-dan-cantik

Fungsi

Perbedaan primer dan pelembab

Primer dan pelembab jelas sudah mempunyai fungsi berbeda. Primer sendiri merupakan jenis skincare yang membantu kulit agar dapat menerima make up dengan baik. Bukan hanya itu saja, primer juga bisa menyamarkan noda bekas jerawat, kerutan, dan garis-garis halus pada wajah.

Sedangkan untuk pelembab atau moisturizing ini fungsinya untuk menjaga hidrasi kulit agar tidak kering atau iritasi. Pelembab juga bisa membantu mencegah kusam kulit berkata adanya kandungan didalamnya.

Jenis Produk

Perbedaan primer dan pelembab

Perbedaan primer dan pelembab ketiga yaitu dilihat dari jenis produk masing-masing. Primer merupakan produk kecantikan dengan memberikan tampilan makeup lebih flawless dan tahan lama.

Sementara untuk jenis pelembab atau moisturizing merupakan perawatan kulit biasanya tersedia dalam bentuk gel, cream, atau lotion. Jenis skincare pelembab ini mempunyai fungsi utama yaitu menjaga kemampuan dan memberikan hidrasi kulit secara baik dan maksimal.

Cara Penggunaan

Perbedaan primer dan pelembab

Perbedaan juga berkaitan dari cara penggunaannya. Untuk primer sendiri merupakan bahan dasar penggunaan make up, digunakan jika kondisi wajah bersih dan sudah dalam keadaan lembab ketika akan mengoleskan pada wajah. 

Sedangkan untuk pelembab digunakan setelah mencuci muka. Hal ini dilakukan agar wajah ketika diperlukan pelemabap tidak jelas atau tidak merata.

Baca juga: 4-perbedaan-make-up-flawless-dan-natural-yang-harus-diketahui

Cara Pengaplikasian Pada Wajah

Perbedaan primer dan pelembab

Pengaplikasian pelembab dan primer yang benar yaitu kondisi wajah harus bersih. Untuk mengaplikasikan primer pada wajah tentu harus dioleskan secara tipis-tipis, termasuk ke area kelopak mata dan bibir. 

Lalu setelah itu ratakan menggunakan jari-jari tangan dengan tepukan lembut. Sedangkan untuk pelembap ada banyak varian pelembab khusus malam, pagi, dan siang. Pengaplikasiannya pun hanya langsung dioleskan pada kulit wajah namun dalam keadaan bersih. 

Jadi Marshalova sekarang sudah tahu apa saja perbedaan primer dan pelembab? Keduanya digunakan sebagai cara perawatan wajah dengan benar dan tepat. Kedua cara ini akan memberikan tampilan wajah lebih maksimal, terawat, glowing, dan cerah.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.