Perhatikan Cara Menggunakan Kikir Kuku dengan Tepat dan Sesuai
Nails

Perhatikan Cara Menggunakan Kikir Kuku dengan Tepat dan Sesuai

Marshalova, kamu bisa menjaga kesehatan kuku dari rumah dengan mengikirnya. Kamu juga bisa memperoleh kuku yang kuat dan indah dengan memilih kikir yang tepat. Cara menggunakan kikir kuku juga harus diperhatikan. Untuk mengetahuinya simak artikel berikut.

Simak Cara Menggunakan Kikir Kuku

Cara Menggunakan Kikir Kuku

Merawat kuku atau manicure pedicure tidak perlu pergi ke salon. Sebab kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Menjaga dan merawat kesehatan kuku dengan mengikirnya bisa memperoleh kuku yang kuat dan indah.

Mempunyai bentuk kuku yang bagus bisa menambah tingkat kepedean kamu. Jadi tidak ada salahnya jika kamu ingin merawat kuku untuk mempercantik penampilan. Berikut ini step mengikir kuku.

Cuci Tangan

Sebelum mengikir kuku pastikan kamu sudah mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air. Hal ini bertujuan untuk menyingkirkan lemak atau minyak yang bisa mengganggu proses mengikir.

Baca juga:Cari Tahu Tips dan Hari yang Baik untuk Memotong Kuku, Paling Dianjurkan Hari Jumat!

Keringkan Tangan

Setelah mencuci tangan pastikan tangan dan kuku sudah kering sebelum mulai mengikir kuku. Cairan bisa membuat kuku terhidrasi jadi lebih rentan patah saat sedang dikikir.

Memilih Kikir Kuku

Walaupun terdapat beberapa jenis kikir yang berbeda, terdapat pilihan yang murah bahkan efektif yaitu papan sebaiknya memilih kikir dengan nomor grit tinggi untuk memperoleh hasil yang paling halus. Nomor grid yang bagus sekitar 300 hingga 600.

Kikir dengan nomor great kasar atau sekitar 80 hingga 100 sebaiknya digunakan pada kuku akrilik. Jika digunakan untuk kuku alami kikir ini bisa membuatnya jadi patah.

Kikir dari kaca atau kristal sangat mudah dan efektif untuk dibersihkan dengan mesin cuci piring. Sebaiknya menghindari kikir dari logam sebab bisa membuat kuku alami Marshalova patah.

Menentukan Bentuk Kuku

Terdapat banyak bentuk kuku yang bisa menjadi pilihan kamu. Bentuk yang paling dasar biasanya kotak, oval, bahkan almon. Sebaiknya sesuaikan bentuk kuku dengan jenis kuku dan selera.

Kuku bentuk kotak akan lebih mencolok dan cocok untuk mereka yang mempunyai kuku panjang. Bentuk ini bisa dibuat dengan mengikir secara tegak lurus pada seluruh ujung kuku.

Kuku bentuk almon akan membuat jari terlihat lebih kurus. Jenis kuku ini menyerupai lengkungan pada dasar kuku.

Kuku bentuk oval sangat cocok untuk memanjangkan dan memelihara kuku. Bentuk ini sangat fungsional sebab tidak mudah patah. Hukum bentuk oval melengkung secara simetris pada bagian ujungnya.

Jika kuku kamu pendek jadi tidak bisa dibentuk tidak masalah. Kikir kuku yang ada lalu usapkan minyak kutikula pada setiap malam untuk memacu pertumbuhan supaya bisa dibentuk di kemudian hari.

Potong Kuku Sebelum Memulai

Jika kukumu cukup panjang sebaiknya potonglah dengan memperkirakan bentuk yang diinginkan.

Misalnya jika kamu ingin memotong kuku dengan bentuk kotak, jangan potong terlalu pendek Karena bentuk ini membutuhkan kuku yang lebih panjang.

Jika ingin bentuk almon sebaiknya memotong kedua sisi kuku melebihi ujungnya. Marshalova bisa memotong kuku sedikit lebih pendek jika menginginkan bentuk oval.

Pegang Kikir Sejajar Kedua Sisi Kuku

Saat memulai pastikan kamu memegang kikir sejajar dengan kedua sisi kuku. Posisi tersebut akan mencegah kuku kamu retak. Pastikan tidak mengikir terlalu menjorok kedalam sisi kuku tersebut, sebab bisa membuatnya rentan patah.

Gerakan Kikir Tengah

Kamu harus mengikir kuku dari bagian samping ke tengah dengan gerakan satu arah yang lancar. Jika anda melakukan hal ini maka aku kamu halus dan tidak bergerigi.

Gerakan Kikir Secara Mendatar Dari Ujung

Mengikir kuku mudah untuk kamu aplikasikan. Saat sedang mengikir sebaiknya dari samping ke tengah kuku. Kamu harus menggerakkan kikir secara tegak lurus dari ujung kuku ke tengah.

Cara ini akan mencegah kuku kamu rapuh saat sedang di kikir. Menggerakkan kikir pada posisi miring dari atas akan membuat kuku menipis. Jika kuku sudah tipis gerakan kikir secara mendatar dan miringkan sedikit dari bawah. 

Baca juga:Tampil Stand Out dengan Pilihan Tepat Warna Kutek Untuk Kulit Gelap

Akhiri dengan Menggerakkan Kikir Sejajar dengan Sisi Kuku Lain

Gerakan kikir dari posisi tegak lurus pada ujung kuku ke sisi yang berlawanan dengan sisi awal. Pastikan kamu memegang kikir sejajar dengan sisi kuku.

Angkat Kikir dari Kuku Saat Mengulangi Gerakan

Karena kamu tidak boleh menggergaji kuku dengan menggerakkan kikir secara bolak-balik maka sebaiknya angkat kikir dari kuku dan kembalilah ke sisi lain sebelum melanjutkan.

Cara menggunakan kikir kuku sangat mudah jika kamu mengetahui step yang tepat. Perawatan kuku seringkali diabaikan oleh beberapa perempuan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.