Pertolongan Pertama pada Breakout, Simpan Artikel Agar Kamu Tau Cara Mengatasinya!
Skincare

Pertolongan Pertama pada Breakout, Simpan Artikel Agar Kamu Tau Cara Mengatasinya!

Marshalova, pernah nggak sih di suatu pagi hari nih habis bangun tidur, tiba-tiba di seluruh wajah ada kemerahan iritasi dan jerawat yang berukurannya langsung besar gitu? Hati-hati deh, mungkin itu pertanda kamu sedang mengalami breakout. Nah, Marsha bakalan kasih kamu bagaimana cara mengatasi breakout pada wajah.

Cara Mengatasi Breakout pada Wajah, Mudah Banget!

Nggak perlu panik, breakout pada kulit ini bisa teratasi sendiri, tanpa harus pergi ke klinik kecantikan. Yuk, sini Marsha spill caranya!

Pahami dulu Faktor Penyebab Breakout 

Faktor penyebab breakout nggak cuma karena ketidakcocokan dengan skincare yang baru saja digunakan. Ada banyak faktor yang menyebabkan breakout pada wajah. Misalnya, perubahan hormon, gaya hidup yang buruk, ketidak sesuaian air dan cuaca dengan kulit, nggak cocok pada makanan, atau karena rusaknya jam tidur.

Nah, cara mengetahui apa faktor penyebab breakout pada wajah, kamu bisa mengeliminasi satu per satu kemungkinannya. Jika bukan karena jam tidur, mungkinkah karena gaya hidupmu akhir-akhir ini kurang sehat? Atau, kamu habis pindah tempat tinggal dengan air dan cuaca yang berbeda?

Back to Basic Skincare

Sebelum kita “bermain” pada actives ingredients, misalnya retinoid, AHA BHA, atau PHA, pastikan dulu kamu sudah memiliki basic skincare yang benar-benar sudah sesuai dengan kondisi kulitmu. Sebab, basic skincare yang soft dan aman, akan membantu menormalkan kembali kondisi kulit kalau kalau terjadi breakout. 

Cleanser 

Gunakan pembersih wajah yang mild atau ringan. Biasanya, nggak berbusa dan nggak mengandung fragrance. Jadi, kulitmu akan bersih tanpa ada rasa ketarik. Kamu juga bisa mencoba cleanser dengan tekstur gel. 

Toner 

Lanjut, gunakan toner dengan jenis hydrating atau yang bersifat menghidrasi kulit.  Kamu bisa mencari toner dengan ingredients cica, chamomile atau mugwort yang akan menambah hasil kulit yang ringan dan lembab. 

Moisturizer 

Lanjut, kamu juga nggak boleh skip step ini. Pelembab, atau moisturizer akan bekerja menenangkan kulit. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi kulitmu juga ya, girls.

Protection

Nah, terakhir dari basic skincare, adalah skincare untuk protection-nya sendiri, maksudnya adalah perlindungan dari sinar matahari ya, Girls. Kamu bisa bebas memilih. Ada sunscreen spray, stick, suncream, atau sunblock yang bisa jadi proteksi kulitmu dalam sehari-hari. 

Pakai Skincare dengan Kandungan yang Soothing atau Calming

Setelah mempertahankan basic skincare, kamu juga bisa memilih skincare dengan minim kandungan alkohol dan fragrance. Hal ini akan lebih bekerja untuk menenangkan kulit, dan mencari tahu satu-satunya penyebab breakout pada wajah. 

Hindari Mencoba Skincare Baru 

Cara menyembuhkan breakout pada wajah adalah dengan jangan terburu-buru untuk menggunakan banyak skincare baru. Pastikan dulu kulitmu akan cocok dengan jenis skincare baru-mu ya. Kenali dulu fungsi dari sebuah skincare dan kandungannya. 

Jangan berlomba-lomba menggunakan layering skincare retinol, Aha bha, dan sejenisnya. Kamu yang paling tau, kebutuhan kulitmu sendiri.

Nah, itu dia beberapa tips pertolongan pertama jika kulitmu mengalami breakout. Semoga membantu ya, Marshalova!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.