Rahasia Ketiak Mulus dan Cerah, Bye Bye Bulu Ketiak!
Body

Rahasia Ketiak Mulus dan Cerah, Bye Bye Bulu Ketiak!

Girls, sering kali suka enggak pede kalau bagian ketiak hitam dan berbulu. Sebenarnya mempunyai bulu ketiak itu normal. Tapi untuk tampil dengan pakaian tanpa lengan memang kurang nyaman jika bulu ketiak terlihat lebat dan daerah sekitarnya hitam. Simak tips dan cara mencukur bulu ketiak supaya ketiak mulus dan cerah.

Tips 1: Scrub Ketiak Sebelum Mencukur

Untuk menghilangkan bulu ketiak bisa dilakukan dengan mencukur atau mencabut bulu-bulu ketiak. Kalau bulu ketiak kamu banyak dan lebat, lebih disarankan untuk waxing agar menghemat waktu dan hasilnya lebih maksimal. 

Sebelum mencabut dan mencukur, scrub bagian ketiak dengan lulur atau body scrub. Pilih lulur yang tidak terlalu kasar supaya kulit mati dan kehitaman di daerah ketiak terangkat dan bersih. Kamu bisa gunakan lulur yang memiliki kandungan untuk mencerahkan. Ambil sedikit lulur kemudian gosok ke ketiak kamu dalam kondisi kulit kering. Jangan lewatkan bagian lipatan ketiak yang cenderung lebih hitam, ya, girls. Lulur juga dapat membantu membuka pori-pori kulit supaya saat mencabut bulu tidak terasa sakit. 

Scrub sebaiknya tidak dilakukan setelah mencukur karena kulit setelah dicukur akan lebih sensitif dan mudah iritasi. Iritasi itu lah yg menyebabkan ketiak menghitam. Lakukan tahapan ini di malam hari. Setelah lulur sudah diratakan, diamkan sebentar lalu gosok lulur sampai rontok. Bilas dengan air hangat untuk membantu membuka pori-pori kulit.

Tips 2: Cabut Bulu Ketiak dengan Pinset 

Gunakan pinset dengan ujung yang lebih kecil untuk hasil yang lebih bersih dan mulus. Step mencabut memang memakan waktu karena harus mencabut bulu satu per satu. Namun, mencabut lebih baik dari pada mencukur karena bulu akan terangkat sampai ke akarnya. Sedangkan kalau dicukur pertumbuhan bulu ketiak akan lebih cepat dan menghasilkan bintik-bintik hitam di kulit atau ingrown hair (rambut yang tumbuh ke dalam).

Tips 3: Gunakan Cukuran 2 Mata Pisau 

Biarpun sudah dicabut, bulu ketiak yang lebih halus masih tersisa. Cukur bulu dengan cukuran 2 mata pisau karena memiliki permukaan silet yang lebih halus. Pilih cukuran yang bagian atasnya bisa digoyangkan sehingga dapat mengikuti bentuk ketiak dan tidak akan melukai kulit. Cukur bulu dengan arah dari bawah ke atas dan sebaliknya.

Tips 4: Gunakan Gel Aloe Vera 

Setelah mencabut dan mencukur, mungkin akan terasa sakit dan enggak nyaman. Kamu bisa kompres ketiak dengan es batu atau bantu tenangkan kulit dengan gel Aloe Vera. Hindari menggunakan lotion lain karena kulit sedang dalam kondisi yang sensitif dan mudah iritasi yang menyebabkan kulit menghitam. Pilih gel Aloe Vera yang tidak ada kandungan alkoholnya, lalu aplikasikan ke bagian ketiak.

Tips 5: Kurangi Penggunaan Deodoran

Deodoran merupakan salah satu penyebab ketiak menghitam. Kalau kamu butuh supaya lebih fresh seharian, kamu boleh pakai deodoran untuk mengurangi produksi keringat. Pilih produk deodorant yang ada kandungan anti-perspirant yang dapat mencegah kulit menghitam.

Tips 6: Pakai Body Lotion Sampai ke Ketiak 

Aplikasikan body lotion sampai ke bagian ketiak untuk melembapkan sekaligus mencerahkan bagian ketiak.

Tips 7: Lakukan Treatment IPL 

Treatment IPL berfungsi untuk menghilangkan bulu secara permanen. Treatment IPL ini pada dasarnya bulu dicukur menggunakan laser sampai bulu rontok dengan sendirinya dan memperlambat pertumbuhan bulu sampai tidak tumbuh lagi. Namun treatment ini lumayan mahal mulai dari Rp200.000 per treatment. Hasilnya akan terlihat setelah beberapa kali melakukan treatment. (Fisila Afla)

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.