Rambut Tidak Mudah Rusak, Ini Tips Mencatok Rambut dengan Benar!
Hair

Rambut Tidak Mudah Rusak, Ini Tips Mencatok Rambut dengan Benar!

Bagi sebagian wanita, mencatok rambut sudah jadi kebiasaan yang rutin untuk dilakukan. Banyaknya pilihan alat catok yang dijual dipasaran, membuat Marshalova kian mudah untuk meluruskan atau menata rambut sementara tanpa perlu pergi ke salon. Cara mencatok rambut sendiri pun terbilang cukup mudah. Bahkan, kamu dapat berkreasi membentuk beragam tatanan rambut hanya dengan mengandalkan alat catok saja, lho Girls. Tetapi, jika kamu melakukannya dengan kurang tepat, rambut hasil catok justru bisa terlihat lepek atau kaku. Untuk itu, berikut Marsha Beauty berikan tips mencatok rambut dengan benar agar hasilnya tampak alami layaknya karya profesional di salon.

Tips Mencatok Rambut dengan Benar Untuk Hasil Maksimal

Menggunakan catokan rambut seolah jadi tren di dalam dunia kecantikan. Bukan hanya rambut yang ikal atau keriting saja, bahkan rambut yang sudah lurus biasanya masih memanfaatkan catokan rambut demi merapikannya. Nah, apabila kamu khawatir rambut akan menjadi rusak, ikuti saja cara mencatok rambut yang benar berikut ini!

Baca juga :Simak Cara Penggunaan Catok Rambut Sendiri, Ikuti Langkah Berikut Ini!

Pilihlah Catokan yang Bagus

tips mencatok rambut dengan benar

Catokan rambut yang bagus terbuat dari tourmaline, keramik, maupun titanium. Hindari asal memilih catokan rambut yang punya suhu tinggi saja hanya karena ingin cara merapikan rambut dengan cepat. Pilihlah catokan yang punya beberapa pilihan temperatur, sehingga kamu dapat mengatur suhu yang tepat sesuai ketebalan dan tekstur rambut.

Selain itu, silahkan pilih catokan dengan lebar kira-kira 4 cm (bisa juga lebih kecil) supaya gampang mencapai pangkal rambut dekat kulit kepala.

Pakai Pelindung Rambut

tips mencatok rambut dengan benar

Tips mencatok rambut yang tepat untuk hasil maksimal selanjutnya yaitu akan lebih baik jika kamu mengaplikasi lebih dulu pelindung rambut (heat protector) sebelum mencatoknya. Pelindung rambut bisa yang berbentuk serum, spray, maupun krim. Gunakan secukupnya sesuai tipe dan panjang rambut. Tujuannya yaitu untuk meminimalisir kerusakan rambut karena catokan yang kamu gunakan.

Baca juga :  Tips dan Cara Catok Rambut Pendek, Mudah dan Hasilnya Terlihat Alami!

Keringkan Rambut Sebelum Dicatok

tips mencatok rambut dengan benar

Hal yang kerap terjadi, entah lantaran buru-buru atau karena hal lain, sering dijumpai wanita yang menggunakan catokan ini saat rambut masih dalam kondisi basah. Hal tersebut justru bakal merusak rambut kamu, lho. Ya, rambut basah maupun setengah kering lebih lemah serta rentan untuk mengalami kerusakan, terlebih ketika bersentuhan dengan catokan rambut. Lebih baik biarkan rambut benar-benar kering alami atau kamu dapat mengeringkannya memakai handuk.

Setel Suhu yang Tepat

tips mencatok rambut dengan benar

Demi mencegah kerusakan rambut, cara mencatok rambut yang tepat yaitu dengan menyetel catokan tersebut pada temperatur terendah yang dapat merapikan rambut sesuai dengan tipe rambut kamu masing-masing. Apabila rambut kamu terbilang halus, hindari suhu catokan yang terlalu tinggi.

Cukup posisikan di suhu low atau antara 120 hingga 150 derajat Celcius. Sementara untuk rambut rata-rata (medium), pakai suhu kira-kira 150-180 derajat Celcius. Nah, apabila rambut kamu cukup tebal dan kasar, hendaknya menggunakan temperatur antara 180-200 derajat Celcius.

Bagi Rambut Jadi Beberapa Bagian

tips mencatok rambut dengan benar

Sangat disarankan untuk membagi rambut jadi beberapa bagian yang masing-masing punya ketebalan kira-kira 1,25-5 cm. Tariklah bagian atas rambut lalu mulai dengan rambut yang ada pada bagian bawah. Jangan mencatok rambut dengan cara mengambil bagian rambut kamu secara acak, sebab menjadikan proses penataan rambut jadi lama serta tingkat kelulusannya tidak sama.

Jangan Mencatok Berulang-ulang

tips mencatok rambut dengan benar

Cukup catok sekali saja pada tiap sisi rambut kamu. Jangan mencatok satu bagian berulang kali sebab justru bakal merusak rambut kamu atau membuat rambut menjadi hangus. Sesudah selesai dengan rambut pada bagian bawah, lekas lanjut ke  bagian lapisan rambut tengah dan selanjutnya atas. Tetapi, apabila rambut kita keriting, mungkin kamu memang perlu mencatoknya secara berulang hingga lurus.

Bersihkan Catokan Rambut

tips mencatok rambut dengan benar

Usai menggunakan catokan, penting juga nih untuk selalu membersihkannya. Ada banyak kotoran (residu) yang biasanya menempel, apalagi jika kamu memakai pelindung panas di rambut. Supaya tidak mengganggu proses mencatok berikutnya, lap catokan rambut memakai kain basah ketikan catokan dalam posisi mati. Lalu simpan baik-baik ke dalam pouch khusus alat catok supaya aman dan tidak gampang kotor.

Lakukan Perawatan Rutin

tips mencatok rambut dengan benar

Tips mencatok rambut dengan benar yang tak kalah pentingnya yaitu perawatan rutin rambut usai menggunakan catok rambut. Supaya rambut kamu tetap sehat dan lembut, lakukan hair treatment setidaknya satu kali seminggu memakai hair mask atau hair spa. Saat ini tersedia banyak produk perawatan untuk rambut yang dapat kamu sesuaikan dengan kondisi rambut.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.