Rekomendasi  Jenis Makanan untuk Penderita Darah Tinggi, Simpan Artikel Ini!
Lifestyle

Rekomendasi Jenis Makanan untuk Penderita Darah Tinggi, Simpan Artikel Ini!

Makanan untuk penderita darah tinggi bisa kamu peroleh dari menerapkan hidup sehat. Darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi yang terjadi pada tekanan darah yang berada di 130/80 mmHg atau lebih. Bagi penderita yang mengidap darah tinggi bisa saja tidak merasakan gejala apapun, sehingga hal tersebut menjadi kondisi yang cukup berbahaya.

Bagi Marshalova yang ingin menurunkan darah tinggi dengan tepat. Kamu bisa membatasi dalam pemakaian garam, juga rutin melakukan olahraga. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menurunkan darah tinggi dengan berbagai jenis makanan. Berikut ini beberapa jenis makanan untuk menurunkan hipertensi.

Ini Dia, Makanan untuk Penderita Darah Tinggi

Selain membatasi dalam mengkonsumsi garam serta rutin dalam berolahraga, kamu bisa menjalankan pola hidup sehat sebagai upaya menurunkan darah tinggi.

Mentimun

Makanan yang pertama yakni timun. Mentimun memiliki kandungan yang banyak kalium. Kalium sendiri merupakan elektrolit yang nantinya membantu dalam mengatur jumlah natrium (kandungan dalam garam) ditahan oleh organ ginjal. Maka bisa dikatakan bahwa kalium yang mempunyai tanggung jawab dengan tekanan darah terkontrol pada seseorang.

Bukan hanya itu saja, mentimun juga memiliki kandungan vitamin C, kalium, serta antioksidan. Antara lain seperti tokoferol dan karotenoid. Nutrisi-nutrisi tersebut tubuh butuhkan guna mengontrol atau menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Cara Self Healing di Rumah Mudah Dicoba, Sudah Tahu Belum?

Wortel

Memiliki rasa manis, segar, dan juga renyah sebagai alasan orang menyukai jenis sayuran tersebut. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa wortel memiliki kandungan senyawa fenolik. Antara lain seperti asam caffeic dan klorogenik yang bisa membantu kamu dalam mengendurkan pembuluh darah, serta mengurangi peradangan. Maka dari itu, wortel bisa membantu mencegah atau mengatasi kondisi tekanan darah tinggi menjadi buruk Untuk menikmati wortel, sebaiknya dalam kondisi, bersih, segar dan mentah.

Bayam

Bayam juga menjadi makanan untuk penderita darah tinggi. Pasalnya bayam mempunyai kandungan nitrat yang amat tinggi. Sayuran hijau ini juga memiliki kandungan antioksidan, magnesium, kalsium, dan juga potasium. Sayuran bayam juga bisa menurunkan kekakuan arteri, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Buah Beri

Buah beri, terutama pada blueberry yang memiliki senyawa alami disebut dengan flavonoid yang bisa mencegah hipertensi serta bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Buah beri antara lain blueberry, raspberry, juga strawberry bisa kamu konsumsi dengan sereal atau granola untuk sarapan. Bisa juga kamu santap dalam keadaan dingin, sehingga bisa menjadi makanan penutup yang begitu menyehatkan.

Buah Bit

Bit menjadi buah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Memiliki kandungan nitric oxide yang bisa membuka pada pembuluh darah serta menurunkan tekanan pada darah.

Seledri

Menjadi salah satu jenis sayuran yang kemungkinan memberikan efek positif pada tekanan darah. Dengan kandungan senyawa phthalates yang bisa membantu dalam mengendurkan pembuluh darah juga menurunkan tekanan pada darah.

Baca Juga: Body Shaming Bullying, Dampak Yang Timbul Dari Tindakan Ini

Yogurt

Salah satu dari produk susu, dengan kandungan kalsium yang tinggi. Sehingga cocok untuk kamu yang menderita hipertensi. Bukan hanya itu saja, yogurt juga mempunyai kandungan probiotik yang tinggi, sehingga bisa menurunkan tekanan pada darah.

Kamu bisa memasukkan yogurt pada menu harian atau bisa meminumnya secara langsung. Bahkan bisa juga kamu kombinasikan dengan buah, kacang-kacangan, atau granola. Pastikan kamu memilih yogurt yang memiliki kandungan gula juga lemaknya rendah, sebab hal tersebut lebih baik bagi kesehatan.

Nah itu tadi beberapa jenis makanan untuk penderita darah tinggi. Akan tetapi jangan lupa untuk selalu melakukan konsultasi dengan dokter.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.