Rekomendasi Produk Night Skincare Routine untuk Remaja dan Urutan  yang Benar
Skincare

Rekomendasi Produk Night Skincare Routine untuk Remaja dan Urutan yang Benar

Remaja adalah masa saat seseorang mengalami pubertas. Mulai usia remaja ini, sudah dianjurkan untuk menggunakan produk skincare supaya kulit tetap terawat karena perubahan hormon saat pubertas sering kali menimbulkan berbagai masalah, seperti kulit berjerawat, kering, atau kusam. Pemilihan produk skincare untuk remaja enggak bisa sembarangan. Perlu diperhatikan bahan aktif yang terkandung dalam skincare yang aman untuk kulit remaja dan bisa merawat kulit dengan baik. Pemakaian skincare juga ada tahapannya, mulai dari yang teksturnya paling ringan hingga yang paling berat atau tebal. Berikut ini rekomendasi skincare untuk remaja yang harganya murah dan tahapan night skincare routine yang tepat. 

1. Double Cleansing

Tahapan night skincare routine yang pertama adalah membersihkan wajah dari makeup dan kotoran dengan double cleansing. Meskipun kamu enggak pakai makeup, pasti kamu pakai sunscreen di pagi hari karena sunscreen adalah hal yang wajib. Maka dari itu, kamu wajib membersihkan wajah dengan double cleansing. 

Untuk menghapus makeup, kamu bisa menggunakan oil-based cleansing atau water-based cleansing. Oil-based cleansing bisa diaplikasikan langsung ke wajah dan diusap-usap hingga makeup luntur dan bersih. Water-based cleansing memerlukan kapas untuk menghapus makeup. Hapus makeup perlahan dan gentle serta jangan digosok karena akan membuat kulit iritasi. Selain itu, lakukan dengan mengusap ke arah atas supaya kulit enggak kendur. 

Produk yang cocok untuk kulit remaja adalah Emina Skin Buddy Micellar Water seharga Rp16.000. Micellar water ini mengandung Calendula Extract dan Hyaluronic Acid yang mampu membersihkan sekaligus melembapkan dan menutrisi kulit. 

Setelah membersihkan wajah dari makeup dan kotoran menggunakan micellar water, tahap selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan facial wash. Seperti mencuci wajah biasa, kamu tinggal basahi wajah dengan air dan usap sabun perlahan ke kulit wajah dengan gerakan memutar hingga kulit terasa bersih. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Untuk mengerinkannya, hindari menggunakan satu handuk yang sama dengan handuk mandi karena handuk tersebut sudah menjadi sarang bakteri. Keringkan dengan tisu dengan cara ditepuk-tepuk.

Rekomendasi facial wash yang bagus dan aman untuk kulit remaja yang berminyak dan berjerawat adalah Acnes Creamy Wash seharga Rp14.000 dengan kandungan Salicylic Acid, Niacinamide, dan Vitamin E yang ampuh untuk menghilangkan jerawat, mengurangi sebum, dan mencerahkan wajah. 

Kalau kulitmu enggak bermasalah, kamu bisa pakai facial wash yang dapat mencerahkan seperti Emina Bright Stuff Face Wash seharga Rp27.500.

2. Exfoliating

Setelah mencuci muka, kamu bisa lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan physical exfoliator seperti facial scrub. Tahapan eksfoliasi ini cukup dilakukan 2 kali dalam seminggu. Kamu bisa lewati tahapan ini di hari lainnya. Eksfoliasi penting dilakukan karena sel kulit mati yang menumpuk akan menyumbat pori-pori yang bisa menimbulkan jerawat.

Produk eksfoliasi yang cocok untuk kulit remaja adalah facial scrub yang memiliki butiran halus. Salah satu rekomendasi facial scrub untuk remaja adalah Y.O.U Simply Fresh Facial Scrub seharga Rp42.000. Facial scrub ini butirannya sedang dan bermanfaat untuk membersihkan pori-pori, mengontrol sebum berlebih, dan menyegarkan kulit.


3. Toner

Tahapan night skincare routine selanjutnya adalah menggunakan toner. Untuk remaja gunakan hydrating toner untuk melembapkan kulit. Penggunaan hydrating toner enggak butuh kapas. Langsung saja tuang toner ke tangan lalu tepuk-tepuk lembut ke seluruh wajah supaya produknya enggak banyak terserap di kapas.

Rekomendasi toner untuk remaja dan beginner friendly adalah Keep Cool and Soothe Bamboo Toner. Produk ini merupakan produk asal Korea Selatan yang affordable banget dan memang dibuat untuk kulit remaja. Harganya Rp186.000. Meskipun di atas seratus ribu, tapi ukuran botolnya 350 ml dan manfaatnya sangat bagus untuk kulit. Worth to buy!

4. Sheet Mask

Tahap berikut ini adalah optional dan enggak digunakan setiap hari. Penggunaan sheet mask cukup dilakukan 2 kali seminggu. Sheet mask bermanfaat untuk memberikan ekstra kelembapan pada wajah. Selain itu, sheet mask punya manfaat lain untuk setiap masalah kulit tertentu, seperti mencerahkan, mengecilkan pori-pori, dan untuk mengurangi jerawat. Sheet mask cukup didiamkan selama 15-20 menit agar essence dan serum di dalamnya meresap dengan baik ke kulit. 

Kamu bisa gunakan sheet mask merk apapun sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Salah satu rekomendasi sheet mask untuk remaja adalah Emina Masquerade Face Mask seharga Rp14.500.

5. Serum

Jika kamu enggak sedang melakukan eksfoliasi, kamu bisa pakai serum yang bisa mencerahkan atau mengatasi jerawat sesuai kondisi kulit. Sedangkan, kalau kamu melakukan eksfoliasi, lebih baik kamu menggunakan serum yang fokus untuk menghidrasi.

Untuk kulit remaja, kamu masih belum perlu menggunakan serum yang mengandung retinol atau kandungan anti-aging lainnya. Salah satu produk serum yang baik dan aman untuk remaja adalah Azalea Amazing Brightening Face Serum yang memiliki kandungan Vitamin C, Sodium Hyaluronate, dan Olive Oil yang dapat menutrisi, mencerahkan, dan menutrisi kulit. Harganya pun ramah di kantong, yaitu Rp95.000.

6. Moisturizer

Tahap night skincare routine yang terakhir adalah pelembap. Pelembap berfungsi untuk menghidrasi kulit dan mengontrol kadar minyak di wajah. Wajah yang terhidrasi dengan baik akan jarang terkena masalah kulit. Kalau kamu masih ragu untuk menggunakan produk pelembap dengan bahan kimia yang terlalu banyak, kamu bisa gunakan Aloe Vera Gel karena kandungannya alami, ringan di wajah, dan efektif untuk melembapkan kulit. Rekomendasi produknya adalah Wardah Aloe Hydramild Multifunction Gel karena harganya sangat terjangkau, yaitu Rp16.000 dan bisa digunakan untuk semua bagian kulit.

Itu dia tahapan night skincare routine untuk remaja dan rekomendasi produk yang bagus aman untuk kulit remaja. Last but no least, gunakan lip balm untuk menghidrasi bibirmu. Rawat kulitmu dari sedini mungkin untuk mendapatkan kulit yang sehat, halus, lembut, glowing, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.