Review dan Cara Pakai Menstrual Cup, Aman Nggak Sih? Ini Jawabannya!
Lifestyle

Review dan Cara Pakai Menstrual Cup, Aman Nggak Sih? Ini Jawabannya!

Menstrual cup sempat menjadi topik yang hangat akhir-akhir ini. Mudahnya pembelian di e-commerce dengan harga yang miring cukup membuat banyak orang penasaran kegunaan sekaligus tutorialnyanya. Pada artikel ini, Marsha Beauty akan membahas tuntas apa itu menstrual cup dan bagaimana cara menggunakannya. 

Menstrual Cup dan Cara Penggunaannya 

Menstrual Cup merupakan alat yang digunakan untuk wanita, berfungsi sebagai penampung darah selama siklus haid. Siklus haid wanita sendiri biasanya berlangsung empat hingga tujuh hari normalnya. Dalam siklus haid yang berulang tiap bulan, menstrual cup ini bisa di recycle alias digunakan lagi, nggak seperti pembalut biasanya.

Cara penggunaan menstrual cup cukup mudah, cuci tanganmu lebih dulu, kemudian pipihkan ujung menstrual cup, tekuk membentuk U, tarik nafasmu dan masukan dengan perlahan. Tanpa kamu sesuaikan lagi posisinya, nantinya menstrual cup akan menyesuaikan dengan miss v. 

Untuk melepasnya, setelah penggunaan selama empat jam, kamu bisa menarik ujungnya kemudian keluarkan darah haid. Cuci sampai bersih, dan menstrual cup pun bisa digunakan lagi setelahnya.

Manfaatnya dapat Menampung Darah

Menstrual cup menjadi alternatif penggunaan pembalut atau tampon selama periode menstruasi. Cara kerjanya dengan menampung darah selama masa haid, dengan berbagai ukuran dan cc yang bisa disesuaikan dengan siklus dan hari dalam masa haid. 

Berbagai Macam Bahan dan Bentuk

Menstrual cup berbahan silikon dengan empat jenis bentuk. Teksturnya sangat elastis dan ringan. Meskipun begitu, memang pada saat pemakaiannya di awal sering membuat nggak nyaman dan sedikit mengganggu. Jadi, perlu pembiasaan terlebih dahulu ya, Girls!

Kelebihan Menggunakan Menstrual Cup

Jika dibandingkan dengan pembalut, kelebihan dari menstrual cup adalah sebagai berikut:

  • Eco Friendly: Menggunakan menstrual cup digadang-gadang mampu menjadi bentuk kampanye mencintai lingkungan karena produk ini dapat digunakan kembali selama lima tahun periode siklus haid.

  • Lebih Sehat: Karena darah belum keluar dan mengenai kulit, maka resiko iritasi saat masa haid akan berkurang. Selain itu, menstrual cup nggak akan mengubah ph bagian intim wanita karena nggak berbahan kapas dan nggak mengandung gel/fragrance seperti yang biasa ada pada pembalut konvensional.

  • Terasa Nyaman: Penggunaannya yang dimasukan kedalam vagina, tentu dapat meminimalisir ‘bocor’. Selain itu, menstrual cup nggak akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika sedang banyak aktivitas pun, menstrual cup nggak akan bergeser dan tetap menampung darah yang keluar. 

Kekurangan Menggunakan Menstrual Cup

Sedangkan untuk kekurangan menstrual cup adalah sebagai berikut:

  • Nggak Cocok Untukmu yang Belum Menikah: Untukmu yang belum aktif secara seksual, sebaiknya jangan dulu menggunakan menstrual cup. Cara penggunaannya yang dimasukan ke dalam organ dapat memicu adanya pendarahan atau merusak selaput dara. 

  • Di awal Mungkin Terjadi ‘Shock’: Dilansir dari hello.sehat, penggunaan menstrual cup di awalnya mungkin meninggalkan shock karena belum terbiasanya atau belum sesuainya ukuran cup dengan miss V. 

Packaging

Biasanya dalam satu produk menstrual cup yang beredar di e-commerce, terdapat dus dan kantong kainnya untuk tempat menyimpan benda tersebut. 

Experience

Dalam pemakaian sekali selama siklus haid, Marsha Beauty sudah percaya diri untuk merekomendasikannya kepadamu! Kesan horror yang suka kita bayangkan ketika kita melihatnya cuma benar-benar bayangan saja. Semuanya nyaman dan baik-baik saja kok. Iritasi dan rasa gatal yang biasa hadir juga nggak lagi terjadi selama siklus ini. Inovasi yang bagus deh buat sanitasi wanita.

Testimoni

Marsha Beauty menyukai produk ini, terlebih karena nggak bikin iritasi dan lebih nyaman dalam beraktivitas. Memang, di awal pembeliannya jauh lebih mahal daripada pembalut biasanya, tapi justru sebagai investasi selama lima hingga sepuluh tahun kedepan. Malah jadi lebih awet deh.

Harga dan Tempat Pembelian

Menstrual cup biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp100.000 hingga Rp200.000 untuk penggunaan sampai lima tahun dengan pembelian di e-commerce langganan kamu.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.