Sama-sama Berwarna Putih, Inilah 4 Perbedaan Ketombe dan Kulit Kepala Kering
Hair

Sama-sama Berwarna Putih, Inilah 4 Perbedaan Ketombe dan Kulit Kepala Kering

Kulit kepala terasa gatal disertai serpihan bintik berwarna putih belum tentu menandakan ketombe lho Marshalova. Bisa jadi kondisi ini disebabkan kulit kepala yang kering. Lalu, apa dong perbedaan ketombe dan kulit kepala kering? 

Sekilas, kulit kepala kering dan ketombe memang memiliki gejala yang sama. Selain menimbulkan rasa gatal, keduanya sering kali meninggalkan serpihan berwarna putih di helai rambut atau bahkan baju. Tak jarang, kita sering tertukar antara ketombe dan kulit kepala kering. Tapi, kamu nggak perlu khawatir! Marsha Beauty bakalan mengajak kamu ngenalin perbedaan antara keduanya. Check this out!

Perbedaan Ketombe dan Kulit Kepala Kering yang Sama-sama Menimbulkan Gatal

Perbedaan ketombe dan kulit kepala kering

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan kulit kepala kering dan ketombe. Walaupun sama-sama menimbulkan rasa gatal, tapi cara mengatasi keduanya tidaklah sama. Berikut ini perbedaan serta cara mengatasi ketombe dan kulit kepala kering. Tapi sebelumnya, simak dulu yuk mengenai apa itu ketombe dan kulit kepala kering! 

Baca juga : Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen dengan 5 Bahan ini, Bye Ketombe!

Pengertian Ketombe dan Kulit Kepala Kering

Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang disebabkan oleh penumpukan serpihan kulit kepala yang mengelupas. Biasanya, ketombe menempel pada helaian rambut dan kulit kepala. Warnanya sebenarnya tidak terlalu putih bahkan justru cenderung kekuningan. 

Lain dari ketombe, kulit kepala kering adalah kondisi di mana terkelupasnya serpihan kulit kepala yang berwarna putih dan berjatuhan ke bahu. Kulit kepala kering juga ditandai dengan rasa gatal. Banyak orang menyalah artikan kondisi ini sebagai ketombe. 

Penyebab Kulit Kepala Kering dan Ketombe

Perbedaan antara ketombe dan kulit kepala kering yang kedua terletak pada penyebabnya. Ketombe bisa disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan beberapa kebiasaan buruk, seperti malas keramas, kurangnya asupan nutrisi untuk rambut, terlalu sering keramas, hingga tumbuhnya jamur akibat minyak berlebih di kulit kepala.

Sementara itu, kulit kepala kering bisa disebabkan oleh cuaca dingin dan udara kering. Selain itu, kulit kepala kering juga disebabkan terlalu sering menggonta-ganti produk perawatan rambut, eksim atau dermatitis seboroik, kulit kepala yang kekurangan cairan, usia lanjut, alergi terhadap produk perawatan rambut tertentu, dan psoriasis. Biasanya, kulit kepala kering yang disebabkan oleh psoriasis ditandai dengan munculnya bercak merah dan bersisik di kulit kepala. 

Gejala yang Muncul Pada Kulit Kepala Kering dan Ketombe

Perbedan berikutnya adalah dari gejala yang muncul. Seseorang yang memiliki rambut berketombe biasanya pada rambut dan kulit kepalanya akan lebih berminyak. Gejala lain yang sering dikeluhkan adalah munculnya rasa gatal. Selain itu, serpihan yang menempel pada helaian rambut memiliki ukuran yang lumayan besar dan berwarna kekuningan. 

Sedangkan pada kulit kepala kering, gejala yang muncul adalah serpihan berwarna putih dengan ukuran lebih kecil dan disertai rasa gatal pada kepala. Biasanya, seseorang yang mengalami kulit kepala kering juga memiliki kulit kering di bagian tubuh lainnya. 

Baca juga : Perawatan Rambut Berketombe dengan Natur Anti Dandruff Treatment Series

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering dan Kepala Berketombe

Cara mengatasi ketombe dan kulit kepala kering juga tidak sama, lho. Untuk kulit kepala kering, kamu perlu mengembalikan kelembaban pada kulit kepala. Kamu bisa menggunakan sampo, kondisioner, dan vitamin yang memang dirancang khusus untuk melembabkan kulit kepala. Kamu pun bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kulit kepala kering, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, dan lidah buaya. 

Untuk mengatasi ketombe, kamu bisa menggunakan shampo anti dandruff, vitamin, hingga kondisioner yang dapat menghilangkan ketombe dan mengurangi minyak berlebih di kepala. Selain itu, ubah pola makan kamu untuk mencukupi nutrisi rambut. 

Nah, itu tadi perbedaan ketombe dan kulit kepala kering. Sekarang Marshalova sudah tahu kan apa perbedaannya?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.