Sama-sama Timbul Jerawat, Apa Bedanya Purging dan Breakout?
Skincare

Sama-sama Timbul Jerawat, Apa Bedanya Purging dan Breakout?

Gara-gara kena racun skincare dari para beauty influencer, enggak jarang dari kamu yang langsung beli produk tersebut dan menguji apakah benar-benar seampuhs itu untuk mengatasi masalah di wajah. Namun, banyak juga yang malah timbul jerawat karena enggak cocok sama produknya. Eits, bukan karena enggak cocok aja, tapi bisa jadi kandungan dalam skincare tersebut sedang mendetoksifikasi racun-racun dalam tubuh makanya timbul jerawat. Timbulnya jerawat setelah mencoba skincare sering disebut purging atau breakout. Kedua hal tersebut ternyata berbeda, lho. Lalu, apa sih perbedaan purging dan breakout? Simak ulasannya berikut ini!

Baca juga : Breakout Selama Pandemi Ini Dia Tips Menghilangkan Jerawat Meski Stay at Home

Apa sih Purging Itu?

Purging

Purging adalah istilah dimana produk tersebut bekerja dengan membuat kulit ‘lebih buruk’ sebelum menjadi ‘lebih baik’. Purging terjadi karena reaksi bahan aktif dalam skincare yang meningkatkan laju turnover sel kulit atau regenerasi sel kulit. Tujuan purging adalah untuk mengekspos sel-sel kulit baru yang sehat sehingga wajah tampak lebih muda.

Sebelum sel-sel kulit baru ini mencapai permukaan kulit, hal-hal lain seperti sebum berlebih, kotoran yang menyumbat pori-pori, dan jerawat harus muncul ke permukaan kulit terlebih dahulu. Timbulnya jerawat inilah yang dikenal dengan purging. 

Apa sih Breakout Itu?

Lain halnya dengan purging, breakout adalah reaksi ketidakcocokan kulit dengan bahan aktif yang terkandung dalam skincare. Breakout menyebabkan kondisi kulit menjadi semakin buruk dan tidak akan pernah menjadi lebih baik. 

Perbedaan Purging dan Breakout

Mengapa penting untuk mengetahui perbedaan purging dan breakout? Alasannya adalah karena pada awal muncul purging atau breakout akan terlihat sama, yaitu sama-sama timbul jerawat. Persamaan itulah yang membuat kamu jadi bingung memperkirakan apakah produk skincare yang kamu pakai cocok atau tidak cocok di kulit.

Kalau kamu langsung menghentikan pemakaian produk skincare tersebut setelah timbul jerawat, tapi ternyata produk tersebut sedangkan bereaksi untuk memperbaiki kulit, maka akan sangat sayang sekali. Kamu hanya butuh sedikit kesabaran untuk mendapatkan hasilnya. Sedangkan, kalau kamu tetap melanjutkan pemakaian produk padahal itu tidak cocok di kulit, maka kondisi kulitmu akan semakin parah. 

Daripada kamu bingung dan ragu harus melanjutkan pemakaian skincare tersebut atau tidak, yuk simak perbedaan purging dan breakout berikut ini.

Baca juga : Nggak Cocok Skincare Jadi Jerawatan Tenang! Ini Dia 4 Cara Ampuh Menghilangkan Breakout dengan Cepat

  1. Lokasi Jerawat

Perbedaan pertama yang bisa kamu kenali dengan mudah adalah melalui lokasi munculnya jerawat. Jerawat yang timbul akibat purging biasanya timbul di tempat yang memang biasanya terdapat jerawat. Kalau kamu biasa berjerawat satu muka, pasti ada satu area tertentu yang jerawatnya lebih banyak.

Sebelum kamu mencoba produk baru, ada baiknya kamu bercermin dan memperhatikan dimana area yang biasanya timbul jerawat, komedo, atau bruntusan. Purging bisa menyebabkan jerawat yang kecil-kecil atau bruntus menjadi lebih besar lalu lama-kelamaan akan hilang dan wajah lebih bersih bebas jerawat. Selain itu, purging juga tidak terjadi berulang-berulang karena kulit sudah menyesuaikan dan sedang mengalami regenerasi.

Sedangkan, lokasi munculnya jerawat akibat breakout sangat random, bisa di mana saja bahkan di area yang tidak ada jerawat sebelumnya. 

  1. Durasi Berjerawat

Selanjutnya, perbedaan purging dan breakout juga bisa dilihat dari durasi timbulnya jerawat. Purging biasanya terjadi sesuai dengan masa regenerasi sel kulit, yaitu sekitar 28 hari. Jika skincare yang kamu pakai mengandung bahan aktif seperti retinol, maka purging bisa saja terjadi selama 6 hingga 8 minggu.

Sedangkan, jika skincare yang kamu pakai tidak mengandung bahan aktif tapi kamu berjerawat selama 6 hingga 8 minggu, jangan melanjutkan pemakaian produk tersebut. Tandanya, kulitmu tidak cocok dengan kandungan di dalamnya, makanya kamu mengalami breakout. Breakout tidak ada durasinya dan akan terus terjadi berulang-ulang.

  1. Jenis Jerawat

Hal yang harus kamu perhatikan juga untuk mengetahui bedanya purging dan breakout adalah jenis jenis jerawat yang muncul. Jenis jerawat akibat purging adalah jerawat normal, tidak parah, tidak kemerahan apalagi sampai meradang. Ukuran jerawat akibat purging cenderung kecil hingga sedang. Sedangkan, jika kamu mengalami breakout, maka jerawat yang muncul berukuran besar, kemerahan, mengiritasi, terasa gatal dan sakit, hingga meradang. Apalagi jika yang muncul adalah jerawat batu, sudah pasti kamu mengalami breakout. 

Jadi itu dia 3 cara mudah untuk mengetahui perbedaan purging dan breakout supaya kamu bisa hati-hati saat menggunakan skincare baru.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.