Sama Tapi Beda, Ini Perbedaan Rambut Ikal dan Keriting
Hair

Sama Tapi Beda, Ini Perbedaan Rambut Ikal dan Keriting

Tahu jenis rambut akan membuatmu lebih mudah dalam memilih dan menentukan produk haircare. Rambut lurus, ikal, ataupun keriting punya perawatan yang berbeda, lho. Sayangnya masih banyak yang belum tahu perbedaan rambut ikal dan keriting nih. 

Walaupun terlihat sama, namun rambut ikal dan keriting punya bentuk, sifat dan perawatan yang berbeda.

Perbedaan Rambut Ikal dan Keriting 

Biar kamu tak salah lagi membedakan keduanya, baca penjelasannya berikut ini ya. 

Jenis Rambut Ikal 

Pemilik rambut ikal biasanya punya jenis rambut yang berombak. Dengan kata lain, rambutnya tak lurus tapi tidak juga keriting. Untuk membuat pola lekukannya terlihat cantik, kamu harus menggunakan produk haircare khusus, sehingga lekukannya bisa terawat dengan sempurna. 

Rambut ikal terbagi dalam tiga bagian, tipe A yang lekukan rambutnya mendekati keriting, sehingga bentuk terlihat spiral dan nampak tegas. Tipe B adalah rambut ikal dengan lekukan yang tegak dan tebal, kadang tipe B disebut sebagai rambut kriwil. 

Selanjutnya adalah tipe C yang memiliki lekukan spiral tegas dan naik keatas. Panjang rambut ini juga berbeda ketika basah dan kering, sehingga perlu ditata dengan baik agar terlihat rapi. 

Jenis Rambut Keriting 

Rambut keriting adalah tipe rambut yang helaiannya berbentuk huruf S. Ada dua tipe lekukan untuk rambut keriting, yakni keriting ikal dan bulat. Jenis rambut ini juga lebih mudah rusak, apalagi kalau kamu tak berusaha menjaga kelembapannya. 

Tekstur dari rambut keriting juga lebih kering dan kasar, sehingga perawatannya lebih intensif. Rambut keriting dibagi dalam tiga bagian, tipe A yang lekukannya paling ketat, tipe B yang lekukannya menyerupai pola zig zag dan tipe C yang tidak memiliki tekukan tegas. 

Karena bentuk dan sifatnya yang berbeda dari rambut lain, pemilik rambut keriting disarankan menggunakan produk haircare khusus. Dengan cara ini, rambut bisa tetap sehat dan terawat dengan baik. 

Cara Merawat Rambut Ikal dan Keriting 

Setelah tahu perbedaan rambut ikal dan keriting, ada baiknya kamu tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik, berikut adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan. 

  1. Gunakan Shampo Khusus 

Shampo berguna untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran, residu, hingga sebum dan keringat. Meski sederhana, pemilihan shampo bisa memberikan dampak besar pada kondisi rambut. Karena rambut ikal dan keriting punya kondisi berbeda, kamu mungkin butuh shampo khusus. 

Shampo yang disarankan untuk rambut ini adalah produk dengan kandungan minyak alami, diantaranya minyak zaitun, sorbitol, shea butter atau minyak argan. Harganya memang lebih mahal, tapi sebagai gantinya kamu akan mendapatkan rambut yang lebih halus dan bebas lepek. 

  1. Gunakan Kondisioner atau Masker Rambut

Perawatan rambut ikal dan keriting yang tak boleh dilupakan adalah menggunakan kondisioner atau masker rambut. Ini karena rambut ikal dan keriting punya tekstur yang gampang kering dan kasar. Kamu bisa jadwalkan pemakaian produk haircare ini 2-3 kali seminggu. 

Kalau kamu khawatir dengan kandungan bahan keras yang ada di dalam shampo, kamu bisa coba gunakan bahan alami untuk melembapkan dan merawat rambut. Contohnya dengan memakai minyak kelapa, ekstrak lidah buaya, hingga buah alpukat. 

  1. Aplikasikan Vitamin Rambut 

Hair oil atau vitamin rambut tak hanya bisa melembapkan, namun juga mencegah rambut jadi kering dan kusap. Gunakan vitamin rambut yang mengandung protein, sehingga rambut bisa makin lembut dan gampang untuk diatur. 

Setelah tahu perbedaan rambut ikal dan keriting, kamu jadi tak bingung lagi kan ketika merawat rambut? Sebagai mahkota wanita, mempunyai rambut yang cantik tentu jadi kebanggan tersendiri. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.