Sebaiknya Keramas Berapa Kali Seminggu, Ya? Cek Tipsnya Dulu, Yuk!
Hair

Sebaiknya Keramas Berapa Kali Seminggu, Ya? Cek Tipsnya Dulu, Yuk!

Cuci rambut alias keramas adalah langkah paling mudah buat merawat kebersihan dan kesehatan rambutmu. Memakai sampo yang sesuai, ditambah kondisioner, serum, dan vitamin, rambut dijamin bakal berkilau dan kuat sepanjang hari. Namun, masih ada satu hal yang sering ditanyakan banyak orang: sebaiknya keramas berapa kali seminggu buat memperoleh hasil yang diinginkan?

Ya, frekuensi keramas ikut mempengaruhi fungsi shampo atau produk perawatan hingga kondisi kesehatan rambut, Marshalova. Supaya hasilnya tak mengecewakan, simak penjelasan seputar keramas dan faktor-faktor yang memberikan dampak pada hasilnya berikut ini!

Apa saja faktor penentu keramas berapa kali seminggu?

keramas berapa kali seminggu

Pada dasarnya, setiap orang mempunyai kebutuhan keramas berbeda. Ada yang baik-baik saja walaupun absen cuci rambut selama beberapa hari. Namun, ada yang tergantung sama informasi keramas yang baik berapa kali seminggu untuk mencegah rambut lepek dan apek.

Rata-rata orang biasanya keramas 2-3 kali seminggu. Jika dilakukan dengan benar, kegiatan mencuci rambut setiap beberapa kali sehari dirasa cukup buat mempertahankan kesehatan dan kecantikannya. Kamu juga bisa menyiasatinya dengan memakai sampo yang mengandung parfum mawar dan formulasi busa lembut. Tujuannya adalah mempertahankan rambut wangi nan lembut selama kurang lebih 48 jam.

Untuk hasil yang lebih optimal, sebaiknya kamu perhatikan faktor-faktor berikut ini:

Kadar minyak pada kulit kepala

keramas berapa kali seminggu

Minyak atau sebum adalah alasan terbesar rambutmu apek dan berminyak. Sejumlah faktor seperti usia, keturunan, jenis kelamin, hingga lingkungan pun bakal menentukan produksi minyak. Untuk faktor usia, sebagai contoh, orang-orang yang berada di kelompok umur 20-30 tahun memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan anak-anak atau manula.

Kemudian, beberapa orang mampu menghasilkan minyak yang cukup yang bisa dibersihkan beberapa hari sekali. Cuci rambut maksimal tiga kali seminggu pun jadi jawaban yang tepat buat kamu yang punya kulit kepala berminyak dan ingin mengetahui keramas seminggu berapa kali.

Jenis rambut

keramas berapa kali seminggu

Tahukah kamu kalau tekstur rambut dapat mempengaruhi kecepatan minyak pada kulit kepala menuju akar rambut? Faktor ini juga yang harus kamu perhatikan sebelum menentukan keramas dalam kurun waktu seminggu.

Mencuci rambut sebaiknya seminggu berapa kali sering ditanyakan orang-orang yang memiliki rambut kasar atau keriting. Pasalnya, mereka tak jarang sukar membilas rambut. Oleh karena itu, kamu harus membersihkannya dua kali seminggu untuk mencegah kerontokan. Sementara buat yang punya rambut bergelombang, cuci rambutnya harus tiga kali seminggu.

Sementara pemilik rambut lurus ternyata harus cuci rambut lebih sering! Mengapa? Karena jenis rambut ini lebih mudah dilapisi sebum yang membuatnya cepat berminyak. Namun, pastikan juga kamu tak keramas setiap hari supaya kelembaban rambut tak berkurang drastis.

Jenis aktivitas

keramas berapa kali seminggu

Selain kadar minyak dan jenis rambut, aktivitas yang kamu lakukan bakal menentukan frekuensi keramas. Seperti yang kamu ketahui, beberapa aktivitas berat lebih cepat mendorong tubuhmu buat memproduksi minyak. Orang-orang pun lantas memilih langsung keramas setelah melakukan kegiatan tersebut.

Ahli dermatologi Shilpi Khetarpal MD dari Cleveland Clinic mengungkapkan sebelum menentukan mencuci rambut seminggu berapa kali, seseorang perlu mempertimbangkan jenis rambut, tekstur, serta jumlah produksi minyak. Hal ini disebabkan keringat akan menyebarkan sebum dan membuat rambutmu kotor hingga mengeluarkan bau tak sedap. Kalau kamu merasa terganggu, segera keramas setelah beraktivitas, ya!

Bagaimana, Marshalova, sudah tahu kapan harus keramas? Jangan lupa pilih produk perawatan rambut yang tepat!

Sumber : hellosehat

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.