Sedang Trending Istilah Startup, Apa Sih Sebenarnya Startup Itu?
Lifestyle

Sedang Trending Istilah Startup, Apa Sih Sebenarnya Startup Itu?

Girls, pernah dengar istilah startup? Eits yang Marsha maksud bukan drakor dengan pemain si Bae Suzy dan Kim Seon-ho itu! Hampir berdekatan sih, tapi maksud Marsha sih Startup company alias perusahaan rintisan. Yuk, kita ulas apa itu startup sebenarnya dan serba-serbi lainnya yang perlu kamu tau!

Mengenal Startup

Startup adalah perusahaan yang baru saja berdiri dan menemukan pasar serta mengembangkan produknya sendiri. Biasanya, startup identik dengan penggunaan teknologi dan angel investor. 

Teknologi, tentu menjadi senjata startup untuk melancarkan kegiatan perusahaannya. Sebut saja penggunaan google, aplikasi digital dan perangkat lunak lainnya berperan besar dalam kegiatan mereka. Itulah kenapa, mungkin yang bekerja di Startup serta CEO-nya kebanyakan anak muda ya, Girls? Sedangkan Angel Investor, merupakan seseorang yang memberikan fresh money sebagai modal berjalannya perusahaan rintisan tersebut. 

Baca juga : Baru Gajian Uang Langsung Habis Lakukan Tips Ini Supaya Pengeluaranmu Tetap Hemat!

Daftar Perusahaan Startup di Indonesia Paling Populer

Go-Jek 

apa itu startup

Gojek menjadi kebutuhan sehari-hari bagi mobilitas semua orang di masa kini ya, Girls? Startup ini berdiri pada 2011 dengan Angel Investor yang berasal dari Indonesia dan Luar Negeri. Meskipun saat ini bermunculan jasa mobilitas yang ingin bersaing dengan gojek, namun nampaknya Gojek masih unggul di Indonesia. 

Kemajuan gojek di bidang mobilitas juga nggak bikin startup ini stagnan. Selain go-ride dan go-car, mereka juga memiliki fitur Go-Clean, Go-Glam, Go-Massage, Go-Food, Go-Box, Go-Mart, Go-Pulsa, Go-Shop, Go-Tix, Go-Med, Go-Auto, dan Go-Busway. Wah, sukses terus Go-Jek!

Tokopedia

apa itu startup

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya bukanlah seorang keturunan pebisnis. Namun, karena kegigihannya untuk mengembangkan startup di bidang e-commerce, saat ini Tokopedia sudah sukses menjadi e-commerce terbesar di Indonesia. Angel investor yang mereka miliki juga nggak main-main nih, Girls. Mereka berasal dari Sequoia dan Softbank.

HappyFresh

apa itu startup

HappyFresh merupakan aplikasi dan jasa pengiriman buah, sayur, serta bahan makanan lainnya. Jadi, kamu seperti berbelanja bahan makanan di supermarket, namun dibelikan dan diantarkan oleh HappyFresh. Kamu nggak perlu ragu kesegaran dan keakuratan harga dari pembelian melalui HappyFresh ini. Marsha pernah mencobanya dan bintang 5 deh soal produk bahan makanan dan pengirimannya! 

Nggak cuma di Indonesia, sekarang HappyFresh juga bisa di akses oleh mereka, konsumen dari Kuala Lumpur, Taipei, dan Bangkok. Wah, bangga deh Indonesia!

Baca juga : Jangan Sampai Ketinggalan Zaman, Ini 5 Skill yang Wajib Kaum Millennial Punya!

Serunya Kerja di StartUp

Marshalova, apakah kamu bercita-cita bekerja di startup? Biar makin semangat mewujudkannya, yuk disimak apa saja sih serunya kerja di startup berikut ini:

Bekerja dengan Fleksibel

Nggak jarang banyak anak muda yang mendambakan kerja di Startup. Mulai dari pakaian yang semi-formal, jam kerja yang fleksibel, hingga metode kerja yang bisa saja nggak secara tatap muka, alias mengandalkan laptop dan gadget saja. 

Sayangnya, jam kerja yang fleksibel ini mungkin saja justru menjerumuskan mu ke lingkaran workaholic atau hustle culture. Kamu jadi nggak bisa membedakan mana waktu bekerja, makan, hingga tidur. Parahnya lagi kalau sudah masuk ke tahap burnout. Wah, jangan sampe deh ya, Girls!

Dipenuhi Anak Muda

Kembali lagi karena perusahaan rintisan ini mengandalkan teknologi, maka anak muda lah yang dirasa paling mudah menjalankan segala kegiatan perusahaan ini. Selain itu, bisa saja pekerjaan terasa menyenangkan karena semua karyawannya sama-sama anak muda dan memiliki gaya serta budaya kerja yang sama. 

Kekurangannya tentu, karena semuanya anak muda dan memiliki pengalaman yang kurang lebih sama, tidak adanya orang-orang yang lebih berpengalaman mungkin saja membuat startup memiliki kendala baru. Misalnya, terkait menentukan produk baru, atau pasar dalam penjualan perusahaan mereka. 

Nah, itu dia serba-serbi startup ya, Girls. Kamu tertarik nggak untuk bekerja di Perusahaan Rintisan asli milik Indonesia seperti gojek atau tokopedia tadi?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.