Selain Menjadi Teman Bersantai, Ini Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit dan Rambut
Body

Selain Menjadi Teman Bersantai, Ini Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Girls! Siapa sangka, selain disajikan dalam bentuk minuman, terdapat banyak khasiat dan segudang manfaat kopi untuk kecantikan. Apa sajakah itu? Mari kita bahas pada artikel ini, yuk!

Kopi! Orang Indonesia sepertinya tidak bisa lepas dari kopi. Saat ini sering kita jumpai kopi kekinian dengan racikan spesial yang nikmat dan bisa kita konsumsi sebagai teman bersantai. Usaha coffee shop yang didirikan oleh banyak UMKM pun makin merajalela dengan ciri khas, rasa, dan branding-nya masing-masing. Nongkrong di coffee shop sambil WFH, laptopan atau sekedar bertemu dengan rekan-rekan seperti sudah menjadi budaya anak muda jaman now.

Tentang Kopi

Sebelum kita mengetahui manfaatnya, kita perlu tahu lebih dulu soal kopi. Seperti yang dilansir oleh situs britannica.com, kopi merupakan minuman yang diseduh dari biji yang dipanggang dan digiling dari tanaman kopi hijau tropis yang berasal dari Afrika. 

Kopi termasuk ke dalam 3 minuman paling populer di dunia sama seperti air dan teh. Tidak hanya itu, kopi juga termasuk sebagai salah satu komoditas yang paling menguntungkan di kancah internasional. Hal ini karena kopi dapat memberikan kesegaran pada penikmatnya karena terdapat kandungan kafein dan alkaloid yang ada pada kopi.

Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit

Seiring berkembangnya zaman, kopi tidak hanya bermanfaat sebagai pelepas dahaga saja. Manfaat kopi juga dapat dirasakan dalam hal perawatan kulit maupun rambut. Kamu juga mungkin sudah sering menemui skincare, bodycare atau produk perawatan tubuh yang dengan kandungan utama berupa kopi ya, Girls?

Berikut beberapa manfaat kopi untuk kecantikan kulit seperti yang telah dirangkum dari situs healthline, medicalnewstoday, dan alodokter:

Mencegah Penuaan Dini

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas dan sebagai anti-aging atau mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Mengaplikasikan kopi langsung ke kulit dapat membantu mengurangi munculnya garis halus dan kemerahan pada kulit. 

Menurut studi penelitian yang berjudul Skin photoprotection and consumption of coffee and polyphenols in healthy middle-aged Japanese females, ditemukan bahwa adanya korelasi antara meminum kopi dengan penurunan efek penuaan. 

Mengurangi Selulit pada Kulit

Kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi munculnya selulit pada kulit karena kafein pada kopi dapat meningkatkan aliran darah pada tubuh secara menyeluruh. 

Mencerahkan Kulit 

Kandungan antioksidan pada kopi juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah karena kopi mengandung antioksidan yang tinggi. Hal ini bisa diterapkan dengan menggunakan scrub berbahan dasar kopi yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi tampak lebih cerah dan tidak kusam.

Menghilangkan Bengkak dan Sembab atau Mata Panda

Kopi dapat menghilangkan bengkakan pada area mata atau sembab serta mata panda atau lingkar hitam. 

Hal ini karena kafein dan asam klorogenat (CGA) pada kopi dapat meningkatkan aliran darah yang dapat membantu mengencangkan kulit yang tipis seperti area mata secara alami serta mengurangi peradangan dan hiperpigmentasi yang ada pada sekitar mata.

Sebagai Eksfoliator

Melakukan eksfoliasi pada kulit sepertinya wajib hukumnya dilakukan minimal seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit. Kafein dan antioksidan pada kopi dapat meningkatkan kolagen alami pada kulit serta sebagai antimikroba yang dapat melindungi kulit dari kuman. Kamu bisa menggunakan bubuk kopi atau ampas kopi sebagai eksfoliator alami dalam mengangkat sel kulit mati. 

Manfaat Kopi untuk Perawatan Rambut

Selain sebagai perawatan kecantikan kulit, kopi juga bermanfaat dalam hal perawatan rambut. Berikut ini manfaat kopi untuk rambut seperti yang dilansir oleh healthline dan healthshots:

Mempertebal Rambut dan Mengurangi Rambut Rontok

Kopi dapat mengurangi rambut yang rontok dan dapat merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala. Hal ini karena kafein dalam kopi dapat memperbaiki folikel rambut yang rusak yang merupakan penyebab kerontokan rambut. 

Kafein pada kopi juga dapat menjadi stimulan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kepala sehingga rambut dapat tumbuh dengan sehat dan kuat.

Mendetoksifikasi Kulit Kepala

Mungkin kita sangat asing mendengar kata ‘detoksifikasi kulit kepala’. Detoksifikasi terjadi tidak hanya pada kulit wajah atau tubuh saja, tetapi juga pada kulit kepala. Kopi merupakan bahan yang baik untuk mendetoksifikasi kulit kepala karena kopi dapat menyeimbangkan pH kulit kepala yang berpengaruh pada rambut rontok dan munculnya ketombe.

Menghilangkan Uban

Warna kopi yang gelap dapat menjadi pewarna rambut secara alami. Helai rambut berwarna abu-abu atau uban dapat tersamarkan secara alami.

Membuat Rambut Menjadi Halus, Lembut, dan Berkilau

Siapa sangka, kopi ternyata juga bisa bikin rambut kamu yang kusut dan kusam jadi lebih halus, lembut, dan berkilau loh! Kopi memiliki kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan untuk mendorong terjadinya regenerasi rambut. 

Kandungan kafein pada kopi juga dapat mengunci kelembapan pada rambut, memberikan efek kilau alami, serta meningkatkan sirkulasi aliran darah sehingga rambut terasa lebih sehat dan bernutrisi.

Nah, itu dia manfaat kopi untuk kecantikan, baik kecantikan kulit maupun rambut. Tertarik mencobanya?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.