Selamat Tinggal Rambut Kering dan Rontok! Lakukan Perawatan Mudah Ini
Hair

Selamat Tinggal Rambut Kering dan Rontok! Lakukan Perawatan Mudah Ini

Memiliki rambut indah dan sehat memang menjadi idaman semua wanita. Namun ada kalanya banyak masalah yang terjadi pada rambut, entah karena pemakaian produk yang salah, stress, atau kondisi lingkungan sekitar yang menyebabkan rambut jadi kering, rontok, bercabang hingga mengembang. Khusus pada artikel ini, Marsha Beauty akan membahas bagaimana cara perawatan untuk mengatasi rambut kering dan rontok.

Penyebab Rambut Rontok:

Umumnya orang mengira kalau rambut rontok disebabkan karena masalah usia atau kesehatan, sehingga masih dianggap suatu hal yang wajar. Jika hal ini dibiarkan terus terjadi, maka akan timbul kebotakan. Regenerasi rambut baru yang tumbuh tidak sejalan dengan rambut rontok yang berlebihan. 

Berikut ini adalah penyebab rambut rontok berlebihan:

  • Stress, baik secara emosional maupus secara fisik.

  • Terjadi perubahan hormonal seperti pada wanitu hamil, setelah melahirkan dan pada saat menyusui.

  • Efek samping obat-obatan atau pengobatan seperti kemoterapi.

  • Terjadi peradangan yang menyebabkan rambut tidak tumbuh dengan baik.

  • Kondisi kulit rambut mengalami gangguan seperti dermatitis, ketombe, seborik, psoriasis atau lainnya.

Penyebab Rambut Kering:

Kondisi rambut kering umumnya disebabkan oleh kurangnya produksi minyak yang membuat rambut tetap lembap sehingga rambut terlihat kusam. Di luar ini, ada beberapa faktor lain penyebab rambut kering, di antaranya adalah:

  • Faktor lingkungan seperti polusi udara hingga cuaca yang panas. Rambut yang terkena paparan sinar matahari secara langsung inilah yang membuat rambut kering.

  • Penggunaan alat rambut seperti hari dryer atau catokan yang berlebihan. Memang sih peralatan ini akan membuat rambut menjadi rapi, tapi jangan sering digunakan atau gunakan vitamin rambut saat menggunakan peralatan ini.

  • Penggunaan produk yang kurang tepat dan berlebihan, seperti pewarna rambut yang mengandung bahan kimia yang cukup keras menyebabkan kerusakan pada rambut. Sebelum melakukan tindakan ini sebaiknya konsultasikan kepada ahlinya terlebih dahulu.

  • Kurangnya mengonsumsi air putih ternyata berdampak buruk pada tubuh secara keseluruhan, termasuk pada kuku dan rambut yang tidak terhidrasi secara maksimal. Sebaiknya ikuti anjuran untuk minum air mineral 2 liter setiap hari.

  • Kurangnya nutrisi pada makanan tidak hanya mempengaruhi kondisi tubuh saja, tapi juga pada rambut yang kering. Perhatikan nutrisi pada makanan yang hendak kamu konsumsi setiap harinya, pastikan semuanya sudah tercukupi dengan baik.

Setelah mengetahui penyebab rambut kering dan rontok di atas, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi pada rambut kamu. Lalu, lakukan perawatan untuk mengatasi rambut kering dan rontok seperti berikut ini:

Gunakan Shampo yang Tepat

Gunakan shampo yang tepat sesuai dengan jenis rambut kamu. Tidak semua shampo cocok untuk mengatasi rambut kering dan rontok karena setiap shampo terbuat dari kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Sebaiknya kamu pilih shampo yang mengandung dimethicone, cocamidopropyl betaine, natrium benzoat, methylchloroisothiazolinone, zinc pyrithione atau mentol. Sebagai orang awam, nama-nama tersebut memang asing, tapi jangan khawatir karena biasanya pada kemasan shampo sudah tercantum fungsi utama produk tersebut.

Selain untuk mengatasi rambut kering dan rontok, kandungan pada shampo tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe, mengurangi gatal dan mintak berlebih. Sehingga kulit kepala akan lebih segar dan sehat.

Gunakan Kondisioner yang Tepat

Setelah menggunakan shampo, disarankan juga untuk menggunakan kondisioner karena bisa menjaga kadar minyak alami dan membuat kultikula pada rambut tetap sehat dan terjaga. Kondisioner juga membuat rambut tetap lembap dan sehat.

Konsumsi Vitamin dan Makanan yang Mengandung Antioksidan dan Omega-3

Beberapa vitamin yang baik untuk rambut adalah vitamin A, vitamin C, biotin, zat besi dan mineral. Nutrisi ini akan membentuk rambut jadi lebih sehat. Konsumsi lah makanan atau suplemen yang mengandung zat-zat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kandungan lain pada makanan yang bermanfaat sehat bagi rambut seperti protein, omega 3 dan antioksidan. Tidak sulit kok menemukan makanan ini, seperti pada ikan atau sarden. Jangan lupa konsumsi juga sayuran dengan kandungan antioksidan yang tinggi seperti kenari, kacang merah, blueberry, brokoli, dan tomat.

Itulah penyebab dan tips perawatan bagaimana cara mengatasi rambut kering dan rontok. Semoga artikel dari Marsha Beauty ini bermanfaat

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.