Semudah ini Cara Menghilangkan Kebiasan Mendengkur, Intip Yuk!
Lifestyle

Semudah ini Cara Menghilangkan Kebiasan Mendengkur, Intip Yuk!

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur bisa kamu terapkan secara alami. Namun, terlebih dahulu kamu harus mengenali faktor penyebab terjadinya dengkuran tersebut.

Memang sih, mendengkur bukan masalah kesehatan serius. Akan tetapi, Girls harus tahu bahwa bisa saja kebiasaan mendengkur itu merupakan faktor awal terjadinya gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan  yang dimaksud meliputi obesitas, obstructive sleep apnea, kurang tidur, atau ada masalah dengan struktur alat pernapasan. Faktor lain penyumbang kebiasaan tidur mendengkur adalah posisi tidur terlentang atau konsumsi alkohol sebelum tidur.

Cara Alami Menghilangkan Kebiasan Mendengkur Wajib Coba!

Kemungkinan, aktivitas ngorok saat tidur sudah dialami sebagian besar orang, meskipun hanya sekali seumur hidup. Kebiasaan buruk yang sering tidak disadari pelakunya ini dapat dipastikan akan mengganggu kualitas dan kuantitas tidurmu, pasangan, atau keluarga.

Keluarga yang mendengar suara dengkuranmu pasti mengeluh. Bagaimana tidak, suara dengkuranmu pasti akan mengganggu mereka. Berikut adalah cara mengatasi tidur mendengkur pada wanita dan pria yang alami dan mudah diterapkan.

Coba Ubah Posisi Tidur

Marshalova bisa mengatasi masalah tidur mendengkur dengan mengubah posisi saat tidur. Hindari tidur dengan posisi terlentang. Sebab, saat tidur terlentang, jalan udara akan menyempit. Hal ini disebabkan karena lidah akan cenderung tertarik ke belakang atau hampir mendekati tenggorokan.

Baca Juga: Hati-Hati, Inilah Akibat Keseringan Begadang yang Tidak Baik untuk Tubuh

Usahakan tidur dengan posisi menyamping. Sebagai penyangga tubuh, gunakan bantal berukuran besar. Fungsi bantal adalah mempertahankan posisi tidur menyamping sehingga risiko mendengkur saat tidur akan menurun. Letakkan bantal tersebut di sepanjang punggung.

Mandi Air Hangat

Masalah gangguan pernapasan juga merupakan faktor penyebab seseorang tidur mendengkur. Sebagian besar gangguan pernapasan terletak pada hidung, misalnya sinusitis, alergi, atau hidung mampet sehingga dapat meningkatkan risiko tidur mendengkur.

Mandi air hangat dan menggunakan strip hidung merupakan trik yang dinilai efektif, yakni sebagai cara mengatasi tidur mendengkur pada wanita secara alami untuk menghilangkan kebiasaan mendengkurmu.

Olahraga Rutin

Pada dasarnya, olahraga yang dilakukan secara berkala, akan membantumu mengencangkan otot-otot tubuh seperti lengan, kaki, dan otot di bagian tenggorokan. Olahraga rutin yang dilakukan adalah sebagai cara mengatasi ngorok pada suami atau istri.

Baca Juga: Insomnia? Coba Dengarkan Lagu Pengantar Tidur Malam Berikut Ini!

Olahraga Senam Tenggorokan

Melemahnya otot yang berperan mendukung jalur pernapasan, bisa jadi faktor mendengkur. Solusi terbaik yang dapat Girls lakukan adalah dengan senam mulut. Latihan alami ini bisa memperkuat otot-otot tenggorokan yang mengendur.

Cara senam lidah simpel, namun kamu bisa mendapatkan segudang manfaatnya, Girls.

Masih bingung bagaimana menerapkan cara senam mulut? Ikuti langkah mudahnya berikut ini.

  • Ucapkan huruf-huruf vokal dengan volume keras dan ulangi selama 3 menit.

  • Letakkan ujung lidah pada bagian gigi depan atas kamu, Gerakkan lidah ke arah depan dan belakang. Lakukan selama 3 menit.

  • Kunci mulut dan kerucutkan. Tahan selama 30 detik.

  • Buka mulut dan mulailah menggerakkan rahang bawah ke kanan dan tahan selama 30 detik. Lakukan hal serupa untuk rahang yang lain.

  • Masih dengan posisi mulut terbuka, kencangkan otot pada bagian belakang tenggorokan, lakukan selama 30 detik.

  • Majukan rahang bawah dengan menggunakan gigi, tahan hingga 10 kali hitungan. Lakukan pelan-pelan saja.

  • Terakhir, julurkan lidah sejauh mungkin. Kemudian gerakkan ke kanan dan ke kiri. Sentuh pojok bibir sambil tetap dalam posisi lidah lurus. Lakukan step ini 2 kali sehari.

Otot yang menunjang kinerja saluran pernapasan akan semakin kuat. Hal ini merupakan cara alami untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan tidur mendengkur.

Cara senam lidah yang dilakukan, akan membantu kamu memperlancar melafalkan huruf-huruf konsonan.

Yuk Girls, lakukan beberapa cara menghilangkan kebiasaan mendengkur yang telah diulas di atas secara kontinu untuk hasil yang lebih optimal.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.